Umat muslim yang berada di Turki boleh berbahagia. Pasalnya, setelah 88 tahun akhirnya Masjid Hagia Shopia kembali digunakan untuk melaksanakan salat tarawih. Hal tersebut membuat umat muslim disana berbondong-bondong untuk melaksanakan ibadah di masjid yang dalam pelafalan Turki disebut Aya Sofya tersebut.

Pelaksanaan salat tarawih di Hagia Shopia akan digelar 3 kali dalam seminggu,  tepatnya pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu selama bulan Ramadan. Meski begitu umat muslim tetap antusias melaksanakan salat tarawih di masjid itu. 

Seperti diketahui Hagia Shopia merupakan situs warisan dunia UNESCO di Istanbul Turki yang ditetapkan pada tahun 1985 dan menjadi salah satu Landmark Turki yang paling banyak dikunjungi.

Bahkan sebelumnya,  Hagia Shopia merupakan sebuah gereja yang dibangun pada tahun 532 masehi lalu dan diubah menjadi masjid di tahun 1453. Lalu  diubah lagi menjadi museum di tahun 1934 sebelum akhirnya dikembalikan lagi menjadi masjid yang kini sudah diperbolehkan untuk digunakan salat tarawih.

Hal ini juga menimbulkan tanggapan tersendiri di kalangan selebriti tanah air. Mereka juga senang karena Masjid Hagia Shopia akhirnya kembali gelar sholat tarawih. 

Foto Deddy Mizwar. (Foto: Dokumentasi)

“Ya saya kira dulunya masjid jadi museum dan jadi masjid lagi. Turki  bagus dalam ibadah, itu membuat lebih gembiranya umat Islam disana.  Mereka semangat meraih kemenangan di bulan suci Ramadan ini,”ujar Deddy Mizwar. 

Foto Iis Dahia. (Foto: Dokumentasi)

“Dibuka lagi gitu  yah Alhamdulillah. Iya pasti mereka kangen yah sholat di masjid itu, kayak kita aja kangen beribadah ke masjid. Udah pernah kalo yang sekarang aku belum.  Liat ya kayak masjid umumnya aja yah, namun  karena beda negara pasti beda struktur beda,”ungkap Iis Dahia. 

Sementara itu, Kartika Putri dan sang suami Habib Usman Bin Yahya juga menyambut gembira dibukanya kembali Masjid Hagia Shopia untuk salat tarawih.

“Pastinya senang dengar kabar bahagia ini karena dengan begitu membuat Ramadan kali ini terasa lebih spesial bagi umat muslim yang berada di Turki,”ungkap Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya.

Foto pasangan Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya. (Foto: YouTube/Surya Citra Televisi)

Diketahui pasangan Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya sedang menjalani Ramadan di Mekkah. Karena itu mereka siap melaksanakan salat tarawih di Mekkah lantaran keduanya baru saja berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah pada Selasa, 5 April 2022 lalu.

Meski tengah hamil anak kedua yang kini memasuki usia kandungan lebih dari 2 bulan, namun Kartika tetap bersemangat untuk menjalani ibadah umrah sekaligus berpuasa. 

“Jadi InsyaAllah berdua doang, anak-anak ditinggal di rumah. Ini pertama kali ninggalin si Calisa bebas ASI,  dianya juga mellow aku nggak  bisa tidur dari semalam. Perginya kan juga untuk ibadah,”beber Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya. 

“Mual masih mual dahsyat  tapi ada obat-obatan dan  kita udah periksa dulu. Exited, sedih dan senang banget.  Kita alasannya cuma 1 ingin lebih dekat sama Allah SWT padahal orang yang umrah dalam bulan Ramadan makanya dia mendapat pahala seperti haji. Disana kan tarawih, pahalanya berlipat-lipat ganda. Dan kita udah merindukan kabah udah lama nggak ke kabah,” lanjut Kartika Putri.

Bahkan Kartika pun berniat untuk membadalkan atau mengumrahkan sang ibunda yang telah meninggal dunia pada 10 Juli 2021 lalu.

“Kita rencana disana mau badalin mama umrah janjinya maunya umrah bareng mama, tapi kan belum kesampaian, mama udah berpulang. Dari hari pertama mama meninggal Habib janji mau badalin umrah. Habib sendiri yang badalin, nggak  mau orang lain MasyaAllah terima kasih banyak,”pungkas Kartika Putri. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here