Tips Bisa Menikmati Hidup Tapi Tetap Memiliki Tabungan

Menikmati Hidup

Setiap orang pasti ingin memiliki waktu untuk menikmati hidup setelah seharian ia berkerja keras. Tidak dipungkiri dengan menikmati hidup bisa menyegarkan pikiran dan membuat kamu bertambah dekat dengan keluarga atau sahabat.

Hanya saja selama ini menikmati hidup sering dicap dengan gaya hidup yang boros karena butuh biaya untuk melakukannya. Tentunya hal ini menjadi hal yang sulit diwujudkan bagi kamu yang memiliki penghasilan bulanan yang pas-pasan. Jangan sampai demi bisa menikmati hidup (bersenang-senang) yang sesuai keinginan kamu membuat kamu harus mengorbankan tabungan.

Lalu bagaimana caranya supaya bisa menikmati hidup tanpa harus menguras tabungan? Berikut ini tips bisa menikmati hidup namun tetap bisa menabung:

  1. Pastikan kamu membeli barang yang dibutuhkan bukan barang yang sedang trend.

Dalam membelanjakan uangmu pastikan kamu membeli barang-barang yang dibutuhkan daripada barang yang sedang trend namun tidak kamu gunakan. Membeli barang yang kamu butuhkan juga merupakan salah satu cara untuk menikmati hidup karena apapun yang kamu butuhkan dapat kamu miliki.

  1. Buat tabungan lain untuk membeli barang ataupun melakukan sesuatu yang diidamkan

Menikmati hidup memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti memanjakan diri ke salon atau spa atau shopping barang-barang kesukaan. Kamu masih bisa melakukan itu semua, hanya saja kamu harus membatasi anggaran untuk pengeluaran tersebut. Misalnya kamu punya anggaran sebesar Rp 500.000 maka dananya hanya sebatas itu. Usahakan jangan melebihi anggaran dan tidak sampai mengambil uang tabunganmu.

  1. Batasi jadwal kegiatan (agendakan) hiburan seperti traveling, nonton ataupun nongkrong dengan teman.

Agendakan kegiatanmu, misalnya sebulan sekali saja untuk makan atau sekedar nongkrong bersama keluarga atau teman. Sedangkan untuk kegiatan traveling cukup 3 bulan sekali saja. Dengan begini, kamu tetap bisa bersenang-senang dan dompet tetap aman.

  1. Pilih lokasi nongkrong atau traveling yang sesuai budget

Bersenang-senang tidak hanya bisa dilakukan ditempat-tempat yang mewah dan banyak fasilitasnya,  namun bisa dilakukan dimanapun dengan kegiatan yang kamu sukai. Bahkan dirumahpun kamu masih bisa bersenang-senang dengan keluarga atau pilih tempat yang sesuai budget.Kamu bisa membaca review-review dari blog atau website. Cara ini memudahkan kamu untuk mendapatkan info tentang tempat nongkrong yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

  1. Manfaatkan promo

Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan promo-promo menguntungkan. Biasanya tempat makan atau kafe yang baru saja buka menawarkan aneka promo yang bisa kamu manfaatkan. Kamu juga bisa shopping dengan dengan mengikuti berbagai program promosi. Jadi kamu tetap bisa menabung jika kamu shopping dan nongkrong di tempat yang ada diskon atau promonya.

  1. Jangan lupa untuk investasi

Investasi juga penting dilakukan karena sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan. Dengan begitu, kondisi finansial tetap dapat stabil dan terjaga dengan baik.

  1. Sesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan

Kumpul dan menjalin hubungan sosial dengan teman-teman adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk menambah koneksi. Selain itu kamu juga bisa saling bertukar pikiran dan menambah wawasan. Namun harus tetap menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Jangan memaksakan untuk mengikuti gaya hidup orang lain yang memang tidak sesuai dengan diri kamu sendiri. Pada akhirnya akan membuatmu boros dan menguras tabunganmu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here