Ilustrasi Atasi Stres Kerja (Foto: freepik.com)

Stres bukan hal baru lagi buat setiap orang yang bekerja. Terlebih bagi kamu yang bekerja di kota besar, berhadapan dengan kemacetan tiap pagi dan sore hari akan semakin menambah tingkat stres. Deretan to-do-list yang hampir tidak pernah berakhiri juga jadi salah satu penyebab banyak pekerja mengalami tekanan kerja atau stres.

Masalah ini tidak bisa kamu abaikan begitu saja, harus ada cara mengatasi stres yang kamu terapkan supaya tetap bisa bekerja dengan produktif. Supaya kamu yang sedang sering stres atau bahkan punya kegelisahan yang suka muncul di kantor juga bisa tetap produktif

Lalu kegiatan apa saja yang bisa membantu mengurangi stres?

setidaknya ada tips bagi kamu untuk mengelola kejenuhan Anda menjadi produktif dan tidak berdampak buruk bagi orang lain. Berikut penjelasan detailnya:

Ubah stres jadi energi positif

 Sebenarnya, stres adalah reaksi yang natural. Hampir tidak ada pekerjaan yang tidak akan membuat kamu stres, hanya porsinya saja yang berbeda-beda. Cara mengatasi stres yang kedua adalah tidak lari dari situasi tersebut. Dalam ‘takaran’ yang pas, tekanan kerja atau stres harusnya bisa kamu ubah menjadi energi yang positif untuk lebih produktif. Sebagai cara mengatasi stres, kamu bisa mulai dengan membuat target pada hari tekanan tersebut muncul. Munculkan semangat positif kalau hari yang penuh dengan deadline ini akan selesai.

Melatih pola pikir dan perspektif

 Stres bukan seperti sakit pilek yang bisa sembuh dengan minum obat dan istirahat. Stres yang dirasakan di kantor kalau sudah parah akan berdampak pada mental dan ketenangan jiwa kamu dalam melaksanakan tugas di kantor.

Salah satu cara mengatasi stres yang bisa kamu lakukan adalah mengendalikan pikiran dan mengubah perspektif. Cara mengatasi stres ini bisa dimulai dengan banyak bersyukur, jangan hanya fokus pada kesulitan dan beban kerja yang kamu punya. Sekali lagi, tiap pekerjaan punya kesusahannya sendiri, begitu pun tiap jabatan di kantor punya tanggung jawab dan target kerja yang tidak mudah.

Mengubah perspektif memang tidak bisa instan, butuh proses melihat sekitar dan penerimaan diri agar kamu tidak larut dalam tekanan kerja di kantor dan yang paling pentingnya lagi tidak ada yang perlu tahu kamu sedang menerapkan cara mengatasi stres. Cara mengatasi stres ini juga bisa kamu praktikkan di luar urusan kerja, seperti dalam pergaulan dengan teman atau keluarga.

Ambil cuti atau short getawaydi akhir pekan

Ada cara mengatasi stres lain yang cukup ampuh mengembalikan semangat dan menjernihkan lagi pikiran kamu, yaitu dengan berlibur. Pergi ke tempat baru, atau ke lokasi wisata favorit kamu sangat bisa membantu mengembalikan rasa bahagia yang selama di kantor susah kamu temukan karena tekanan kerja. Refreshing adalah cara mengatasi stres sekaligus memberikan ruang antara kesibukan dengan kehidupan pribadi.

Jangan menunda pekerjaan dan punya manajemen waktu

 Tidak menunda pekerjaan adalah cara mengatasi stres yang sifatnya preventif atau mencegah. Sebelum kamu semakin panik dan merasa tidak sanggup lagi mengatasi semua pekerjaan, mulailah dengan menyelesaikan satu per satu tanggung jawab kamu. Menyambung poin kedua cara mengatasi stres, buat to-do-list harian dan beri tanda tiap pekerjaan yang berhasil kamu selesaikan. Setidaknya kamu sudah tahu pekerjaan apa saja yang masih menanti dan tidak bingung ketika bos menanyakan progresnya.

 Tentukan juga pekerjaan yang jadi prioritas supaya kamu bisa mengatur mana dulu yang harus dikerjakan. Manajemen waktu yang baik adalah cara mengatasi stres yang optimal dan bisa kamu mulai tanpa harus melibatkan banyak orang.

Jangan bawa pulang pekerjaan kantor

 Sampai saat ini, sesekali kamu masih merasa overwhelmed bahkan stres di kantor. Cara mengatasi stres yang kamu pilih adalah tidak membawa tumpukan pekerjaan sebagai PR. Menurut kamu, ada di depan meja kerja sejak jam 8 pagi sampai jam 5 sore sudah cukup menguras pikiran. Maka, sangat perlu untuk memisahkan urusan kantor dengan kehidupan kita di luar urusan kerja, supaya kamu juga punya ruang pribadi untuk bersosialisasi. Cara mengatasi stres ini biasanya ampuh karena kamu tidak perlu terganggu dengan email kantor yang bisa saja datang tengah malam. Istirahat dengan tenang akan mengembalikan mood kerja kamu esok harinya.

Dengar Musik

 Jika kamu tidak dapat keluar ruangan karena kerjaan yang menumpuk. Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan yang bisa membantu mengurangi stres. Musik dapat membantu kamu merasa rileks bahkan bisa membantu meningkatkan produktivitas sehingga bekerja lebih baik.

Olahraga

 Studi dari Harvard mengungkapkan bahwa olahraga sehari-hari dapat memperpanjang umur Anda hingga 10 tahun lamanya. Selain itu, kita juga mengetahui bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi stres di tempat bekerja.

Jika kamu tidak mampu membuat jadwal 15 hingga 30 menit per harinya untuk berolahraga, cobalah melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti bangun dari kursi kantor atau melakukan gerakan pemanasan lainnya di tempat kerja.

Keluar dari Ruangan

 Di dalam pekerjaan, normal rasanya jika sesuatu tidak berjalan seperti yang diharapkan. Sebagai orang yang pintar, Anda harus jeli melihat situasi-situasi seperti ini di saat menyerang Anda ketika bekerja.

Cobalah untuk keluar sesaat dari ruangan dan tarik napas dalam-dalam. Perhatikan solusi apa yang kamu bisa kontribusikan dan tetap fokus pada tujuan utama Anda ketika bekerja.

Mulai hari dengan senyuman

 Terkadang, stres tidak hanya datang saat sudah sampai di tempat kerja. Pagi hari yang padat, seperti berkutat dengan jalanan yang macet, sudah cukup membuat kepala kamu pusing bukan kepalang. Apalagi, pikiran pun dipenuhi dengan pekerjaan yang menanti di meja kantor.

Hal-hal ini hanya akan memperburuk stres kerja. Mulailah hari dengan senyuman dan hal-hal baik, seperti melakukan perencanaan kerja yang tepat untuk mengantisipasi segala rintangan di kantor, dan sikap positif. Inilah “rahasia” cara mengatasi stres kerja yang ampuh!

 Sebaiknya tidak terobsesi menjadi perfeksionis

 Memiliki pencapaian di kantor adalah hal yang luar biasa. Namun, menjadi perfeksionis dan ingin selalu sempurna dalam segala hal, hanya akan membuat Anda dan orang-orang di sekitar kewalahan.

Apalagi, Andabekerja di perusahaan yang sangat menyibukkan dan berintensitas tinggi, yang tidak memungkinkan Anda menjadi sempurna.

Lakukan yang terbaik dan beri hadiah pada diri sendiri, atas pencapaian yang telah diraih. Ini adalah strategi jitu untuk mengalahkan stres kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here