Ilustrasi Tips Olahraga di Bulan Ramadhan yang Wajib Ketahui. (Foto: freepik.com)

Dalam beberapa hari ke depan, umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Selama sebulan penuh mereka harus menjalankan kewajiban, di antaranya adalah tidak makan dan minum selama waktu yang telah ditentukan.

Namun, dikarenakan asupan makanan selama berpuasa akan berkurang, Anda dapat mengurangi intensitas olahraga dan melakukan olahraga yang ringan. Menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga juga sangat penting.

Dengan keadaan perut kosong selama beberapa jam itu, bukan berarti tidak boleh berolahraga.

Berikut ini ada tips olahraga di Bulan Ramadhan yang wajib Anda ketahui.

  1. Menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga

Penting untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Ada beberapa opsi waktu untuk berolahraga seperti sebelum berbuka puasa, sesudah berbuka puasa ataupun sebelum sahur. Jika Anda memilih sebelum berbuka puasa, Anda dapat berolahraga selama satu jam atau kurang sebelum waktu berbuka.

Jika Anda memilih setelah berbuka puasa, makanlah sesuatu yang ringan dan berenergi terlebih dahulu, lanjutkan dengan berolahraga dan kemudian makanan utama. Dan yang terakhir, juga dapat berolahraga sebelum sahur. Namun ingat, untuk tidak memaksakan diri Anda.

  1. Pilih Jenis Olahraga Sesuai Kondisi Tubuh

Tips olahraga saat bulan Ramadhan akan saat dianjurkan untuk memilih terlebih dahulu jenis olahraga sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Sangat dianjurkan pilih olah raga dengan intensitas ringan sampai sedang.

Contohnya adalah jalan kaki dan bersepeda santai. Olahraga ini dapat dilakukan selama sekitar 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali seminggu.

Jenis olah raga ini tidak hanya bermanfaat untuk membakar kalori, tetapi juga menghilangkan stres dan meningkatkan kebugaran.

Sebaiknya, Anda menghindari melakukan olah raga berat, seperti berlari dan angkat beban. Jika tetap ingin melakukannya, olah raga berat boleh dilakukan 1-2 jam setelah berbuka puasa.

  1. Waspada soal tingkat keringat

Berolahraga sampai berkeringat itu tidak apa-apa, tapi hati-hati jangan sampai badan Anda terlalu dibasahi keringat. Bukan masalah basahnya, tapi kemungkinan dehidrasi yang bisa Anda alami.

  1. Fokus perbanyak asupan yang tinggi kandungan protein

Dilansir dari idmprogram.com, protein sangat dibutuhkan terutama jika Anda memang ingin membentuk otot-otot tubuhmu lebih tegas. Kamu sangat perlu makan protein, bahkan sebelum dan sesudah olahraga. Karenanya untuk cara ini sebaiknya dilakukan di pagi buta sebelum sahur atau di malam hari setelah berbuka. Beri asupan protein secukupnya saat akan berolahraga sebelum waktu sahur.

  1. Fokus asupan Multivitamin, Buah-buahan dan Sayur

Makan kenyang yang disusul olahraga tentu akan membuatmu kesakitan. Namun makan sedikit-sedikit buah dan sayur di antara repetisi olahragamu itu cara yang baik. Karena kamu akan terus memberi energi pada tubuhmu untuk berolahraga, sambil menyerap semua nutrisinya. Di saat sahur dan akan tidur, jangan lupa minum multivitamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here