Kebijakan Pemerintah  mulai menerapkan transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan New era membuat tempat publik pun mulai dibuka kembali. Dalam masa transisi ini bukan berarti kita beranggapan kalau virus corona telah hilang, namun sebaliknya harus lebih berhati-hati lagi karena kita hidup berdampingan dengan virus corona.

Mengantisipasinya, bagi mereka yang mulai melakukan aktifitas di luar rumah harus menerapkan protocol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Khususnya bagi mereka yang sudah lansia, alangkah baiknya masih berdiam diri di rumah saja, mengingat kekebalan tubuh yang sudah mulai menurun membuat cepat terdampak virus corona. Sistem kekebalan tubuh seseorang akan semakin melemah setelah usia 65 tahun. Namun untuk meningkatkan imunitas tubuh, para lansia disarankan mengkonsumsi sejumlah makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini.

Selain itu dibutuhkan juga diet seimbang yang kaya vitamin dan mineral tertentu. Hal ini dapat membantu melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan makanan yang bias meningkatkan imunitas bagi lansia, berikut ini seperti iNews dari Boldsky:

Air. (Foto: freepik.com)
  1. Air

Menjaga diri tetap terhidrasi dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Karena itu sangat penting bagi orangtua minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga selaput lendir tetap lembap dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek.

Buah. (Foto: freepik.com)
  1. Buah

Memasukkan buah beri, apel, daun selada, paprika, almond dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.

Jamu dan rempah. (Foto: Shutterstock)
  1. Jamu dan rempah

Mengkonsumsi jamu dan rempah-rempah seperti kunyit dan jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kayu manis dan oregano juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Nasi merah. (Foto: Songbird839/Dok.Thinkstock)

4. Nasi merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral dan senyawa tanaman yang kuat. Jika dikonsumsi dalam porsi terkontrol dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Beras merah juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Bayam. (Foto: Istockphoto/chengyuzheng)

5. Sayuran (Bayam)

Kaya vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan serta beta karoten, bayam juga baik untuk tambahan diet. Bayam kaya akan vitamin K yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk lansia.

Yoghurt. (Foto: freepik.com)

6. Yogurt

Mengonsumsi yogurt dapat membantu memperkuat saluran usus yang akan membantu mencegah penyakit gastrointestinal. Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan tubuh yang baik untuk orang dewasa lebih tua.

Protein utuh. (Foto: freepik.com)

7. Protein utuh

Makanan seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon dan kedelai adalah tambahan makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Menjadi sumber yang kaya asam lemak omega-3, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Telur. (Foto: freepik.com)

8. Telur

Kaya protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh orangtua.

Ubi. (Foto: freepik.com)

9. Ubi

Kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi dikemas dengan antioksidan yang dapat memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh orangtua. Sayuran manis ini juga kaya karbohidrat baik. Karena itu setidaknya berilah ubi seminggu sekali bagi para lansia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here