Ilustrasi. (Foto: independent.ie)

Operasional mall atau pusat perbelanjaan di DKI Jakarta mulai dibuka 15 Juni kemarin. Ada sekitar 80 mall yang bakal melayani masyarakat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini.

“Ya, betul (80 mall yang buka hari ini). Ellen menjelaskan beroperasinya mall saat PSBB transisi belum berjalan normal sebagaimana mestinya. Ia mencontohkan karyawan yang masuk hanya 50 persen dengan jam operasional yang berbeda. Sama seperti karyawan, jumlah pengunjung juga dibatasi dengan maksimal 50 persen dari kapasitas gedung. Dijelaskan juga dalam upaya mencegah penularan virus corona para pengunjung diwajibkan untuk mematuhi sejumlah protokol kesehatan. Beberapa protokol yang dimaksud seperti menjaga jarak sosial atau physical distancing minimal 1 meter, termasuk saat mengantri masuk mall,” ujar Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat seperti dilansir Kumparan.com.

Untuk petugas keamanan juga diwajibkan mengenakan pelindung wajah saat bertugas.  Sedangkan bagi Pengunjung yang datang harus memakai masker dan diperiksa suhu tubuhnya. Pengunjung yang memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius tidak diperbolehkan masuk mall. Setiap orang juga wajib mencuci tangan terlebih dahulu di tempat-tempat yang telah disediakan pihak mall.

Lift yang biasanya digunakan untuk kapasitas 15 orang, saat ini hanya diperbolehkan untuk mengangkut 6 orang saja. Untuk naik eskalator, pengunjung pun harus berdiri di step yang diberi tanda. Jarak antara orang adalah 3 step. Begitu juga dengan pembayaran di setiap transaksi diusahakan menggunakan cashless atau non-tunai.

Sementara itu bagi pengunjung  mall yang ingin ibadah di musholla di dalam mall, harus  menerapkan physical distancing atau jaga jarak sejauh 1 meter dan pihak mal tidak menyediakan sajadah. Jadi baiknya bawa peralatan ibadah sendiri dari rumah.

Selain itu ditempat parkir, parkir motor juga menerapkan protokol physical distancing dengan jarak 1 meter. Dan terakhir, pengunjung wajib mengikuti arahan atau peraturan yang dibuat pengelola.

Selain menerapkan protokol pencegahan, pengunjung dihimbau untuk membawa alat-alat penunjang untuk mencegah tertular dari virus corona, seperti beriku ini:

1. Masker serta cadangannya.

2. Kantong kresek sebagai tempat membuang limbah masker.

3. Simpan hand sanitizer, disinfektan semprot, dan sabun cair.

4. Bawa tisu basah dan kering.

5. Perlengkapan ibadah sendiri.

6. Bawa Tote Bag belanja sendiri.

Itulah protokol yang harus dipenuhi ketika kamu ingin ke mall. Sudah siap dengan semua protokol tersebut? Ini semua dilakukan agar selalu siaga COVID-19. Jadi, tetap waspada saat beraktivitas di luar rumah, termasuk kalau ingin mengunjungi mall.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here