Foto Berbaik Hati pada Diri Sendiri yang Bisa Makin Menguatkan Hatimu. (Foto: freepik.com)

Pernahkah merasa dunia tidak berpihak padamu saat Anda benar-benar membutuhkannya?

Saya rasa setiap manusia pasti pernah atau bahkan sering mengalaminya. Ketika suatu hal tidak bisa kita jangkau akan ada kesedihan dan perasaan tidak nyaman. Ternyata menjadi manusia dewasa tidak semudah itu ya.

Bahagia itu sederhana. Pernahkah mendengar ungkapan ini?

Ungkapan tersebut memang terdengar mudah untuk dilakukan, namun dalam kehidupan nyata, terkadang kita lupa bagaimana cara menjalani hidup penuh kebahagiaan.

Pada dasarnya, Anda bisa membentuk kebahagiaan lewat hal-hal sederhana, yang bisa Anda ciptakan sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini hal yang bisa membuat Anda lebih bahagia dalam menjalani hidup.

  1. Memaafkan seseorang

Jika pemikiran untuk memaafkan seseorang masih terdengar sulit bagi Anda, cobalah untuk mengganti perspektifnya sebagai langkah memberi kebahagiaan terhadap diri sendiri. Dengan kata lain, Anda memaafkan orang lain, bukan untuk orang tersebut, namun bentuk Anda mencintai diri sendiri.

  1. Buang pikiran negatif jauh-jauh

Ya, berpikiran secara berlebihan dan membiarkan pikiran Anda berkelana memikirkan hal-hal buruk dapat membuat diri menjadi lebih tertekan dan jauh dari kebahagiaan.

Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Tuliskan segala hal negatif atau pikiran-pikiran beracun Anda dalam sebuah kertas, lalu buanglah kertas tersebut ke tempat sampah. Tindakan sederhana ini terbukti dapat meningkatkan perasaan Anda menjadi lebih baik.

  1. Bersikap baiklah kepada orang lain

Ya, berbuat baiklah kepada semua orang lewat hal-hal sederhana. Mulai dari memulai senyuman kepada orang lain, menahan pintu saat orang lain lewat, mempersilakan seseorang yang mengantre untuk maju terlebih dahulu, dan lainnya.

Kebaikan adalah hal yang mudah dilakukan. Dengan memancarkan kebaikan pada orang lain, akan membawa dampak positif pada diri Anda sendiri.

  1. Berbaik hatilah pada diri Anda sendiri

 Ketika Anda sudah berusaha baik pada orang lain, kini tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda sudah cukup baik pada diri sendiri?

Terkadang, tanpa disadari, kita mengkritisi diri sendiri begitu hebat dengan pikiran-pikiran jahat yang menyakitkan. Belajarlah untuk berbaik hati pada diri Anda, dan membuang jauh-jauh pikiran negatif tersebut.

Riset menemukan, menerima diri sendiri adalah kunci pada hidup yang lebih bahagia. Namun sayang, hal ini justru kebiasaan yang paling jarang kita lakukan. Kita cenderung mengkritisi dan menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang terjadi dalam hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here