Idan Separo Meninggal Dunia Akibat Sakit Diabetes Plus  Komplikasi 

Foto komedian Tanah Air menghadap sang Ilahi, Idan Separo

Satu lagi komedian Tanah Air menghadap sang Ilahi, Idan Separo. Kepergian Idan tersebut tentunya membuat dunia hiburan negeri ini berduka. Idan menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 2 September 2020 sekitar pukul 16.45 WIB. Penyebabnya karena  penyakit diabetes yang telah dideritanya sejak 2007 silam diserta komplikasi pembengkakan jantung, infeksi paru-paru dan masalah pada ginjal. 

Foto para sahabatnya sempat menjenguknya dan Idan masih bisa bercanda dengan mereka. (Foto: Dokumentasi)

Awalnya, Idan merasakan sesak nafas dan dilarikan ke rumah sakit. Saat itu Idan sempat dirawat secara intensif selama seminggu di Rumah Sakit Mekarsari Bekasi, Jawa Barat. Bahkan para sahabatnya sempat menjenguknya dan Idan masih bisa bercanda dengan mereka. Namun pada Rabu pagi kemarin barulah kondisi Idan menurun sampai harus beberapa kali dilakukan kejut jantung hingga akhirnya Idan tidak kuat lagi. Idan pun  menghembuskan nafas terakhirnya didampingi sang istri serta sahabat kecilnya, Heru. 

“Hari sabtu beliau sesak napas disini. Nggak  mau ngerepotin kita paksa masuk UGD pas masuk trombosit turun, jantung membengkak, ginjal bermasalah dan ada bakteri juga. Dokter bilang ini jelek tapi dia akan berusaha, bapak sekeluarga berdoa saja,” ujar kakak mendiang Idan, Edo Sundaur. 

“ Alhamdulillah nggak ada covid. Ditembak insulin lagi normal sorenya. Dan pas ada teman kecilnya, Heru dia yang bacain Yasin. Terus jam 16.50 Heru keluar ngabarin udah nggak ada. Mungkin nungguin Heru, jadi meninggalnya ditangan dia dan istrinya yang nungguin,” tambah Edo Sundaur. 

Foto Sang kakak pun mengungkapkan jika Idan telah 2 tahun berhenti mengkonsumsi obat diabetesnya. (Foto: Dokumentasi)

Tidak hanya mengalami komplikasi, sebelum dirawat di rumah sakit, Idan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Dalam unggahan foto maupun video di media sosial miliknya, Idan terlihat sangat kurus. Sang kakak pun mengungkapkan jika Idan telah 2 tahun berhenti mengkonsumsi obat diabetesnya. Bahkan saat kondisinya menurun Idan pun sempat menolak untuk disuntik insulin supaya bisa dilakukan operasi. Untunglah sang kakak berhasil membujuk Idan hingga operasi dilakukan. Namun siapa yang mengetahui takdir. Idan pun  harus pergi untuk selamanya meninggalkan sang istri dan dua orang anaknya yang masih sekolah di kelas satu SMA dan empat SD.

“Ada luka kecil telapak kaki kiri kapalan dan  bernanah karena gulanya mencapai 450.

Idan Separo meningggal dunia. (Foto: Instagram.com/@lucky.daries)

Adek saya nggak  mau nyusahin orang, 2 tahun nggak minum obat diabetnya. Selain itu minum obat capek sampai badannya turun. Dioperasi akhir Juli, awal Agustus sempat nggak mau disuntik insulin. Insulin buat nurunin gula ditembak sampai insulin 2-3 kali baru di operasi.  Selasa operasi dan  Rabu minta pulang,” jelas Edo Sundaur yang merasa sedih karena pada akhirnya sang adik tidak selamat dan harus tutup usia. 

Foto para sahabat selebriti Alm Idan Separo. (Foto: Dokumentasi)

Meninggalnya Idan ini tentunya mengejutkan para sahabat selebritinya, diantaranya Daus Separo. Sebagai sahabat yang telah mengenal Idan sejak kecil hingga melewati suka duka bersama saat berkarier, Daus Separo tidak kuasa menahan air matanya saat mengetahui sang sahabat telah tiada. Dimata Daus Separo, Idan merupakan sosok yang baik dan cekatan.

“Kehilangan banget  dari kecil bareng sampai karier bareng. Teman-teman  kecil disini juga karena dulu rumah dia jadi basecamp jadi orang tuanya dekat sama anak-anak. Tapi saya ikhlas mudah-mudahan  ini yang  terbaik utk Idan. Saya  tau karena Allah sayang sama dia,  dia baik banget  sama siapapun, nggak punya dengki dan  gesit membantu aktif di PMI sama bang Komeng juga dekat kayak keluarga,”kenang Daus Separo yang mengira Idan akan sembuh makanya bersama rekan lainnya sempat membuka donasi untuk biaya pengobatan Idan.  

Foto jenazah Idan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poncol. (Foto: Dokumentasi)

Sedangkan jenazah Idan rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poncol, Bekasi, Jawab Barat pada pukul 13.00 WIB hari ini. Selamat jalan Idan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here