Dwi Sasono Benarkan Keterangan Saksi dan Lega Saksi Tidak Memberatkannya 

Foto Sidang Dwi Sasono tersebut kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Foto: Dokumentasi)

Senin, 17 September kemarin tidak hanya berlangsung sidang tindak pidana penyalahguna narkotika, psikotropika dan obat terlarang atas terdakwa Vanessa Angel, namun juga untuk terdakwa Dwi Sasono. Sidang Dwi Sasono tersebut kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan agenda pemeriksaan saksi oleh jaksa penuntut umum (JPU). 

Bedanya jika sidang Vanessa digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, sedangkan sidang Dwi Sasono digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Selain itu Vanessa Angel yang ditetapkan sebagai tahanan kota oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Barat tetap dihadirkan dalam persidangan. Sedangkan Dwi Sasono terdakwa kasus narkotika jenis ganja menjalani sidang secara virtual dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat, RSKO Cibubur, Jakarta Timur. 

Kedua saksi yang dihadirkan ke persidangan, yakni penyidik Rama dan Andi dari Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan dimintai sejumlah keterangan oleh Majelis Hakim, JPU dan juga kuasa hukum terdakwa. Dalam persidangan Majelis Hakim yakni Hakim Ketua Suharno menanyakan perihal alasan terdakwa berada di persidangan dan bagaimana kronologi penangkapan dilakukan.

Foto Aris Marasabesy SH kuasa hukum Dwi Sasono. (Foto: Dokumentasi)

Seperti diketahu suami penyanyi Widi Mulia ini kedapatan memiliki ganja seberat 15 gram di rumahnya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, 26 Mei 2020  lalu. Ia didakwa 2 pasal UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dwi yang harus menjalani rehabilitasi didakwa melanggar pasal 111 ayat 1 tentang kepemilikan ganja dan pasal 127 sebagai korban penyalahgunaan narkotika. Dan hal ini pun dikroscek dengan keterangan dua saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum pada sidang lanjutan yang berlangsung kemarin. 

“Alhamdulillah hari ini sidang saksi dari JPU  yang dihadirkan dari pihak kepolisian yang  menangkap klien kami. Catatannya pemasok yang di sebut saksi kita mau tahu perkembanganya sudah tertangkap apa belum. Kita juga fokus dalam perkara ini, disini  intinya kesaksian yang di sampaikan saksi menurut saya tidak memberatkan Dwi, justru meringankan Dwi karena terbukti beliau memang sebagai pengguna pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba.” Jelas kuasa hukum Dwi Sasono, Aris Marasabesy SH. 

Usai meminta keterangan saksi, hakim pun menanyakan kepada Dwi Sasono yang mengikuti persidangan dari RSKO Cibubur, apakah dapat mendengar dengan jelas dan menyangkal pernyataan saksi. Dwi Sasono menyatakan, mendengar dengan jelas keterangan saksi dan membenarkan penyataan yang disampaikan oleh saksi di persidangan.

“Betul yang mulia saya tidak menyangkal,” ujar Dwi Sasono.

Sedangkan agenda pada sidang berikutnya akan menghadirkan 2 orang saksi lagi yaitu tim medis yang langsung menangani Dwi Sasono selama menjalani rehabilitasi serta ahli hukum. 

“Kita ada tim di RSKO  selalu kita damping. Dan Dwi Alhamdulillah sehat makin fit dan kurus seaht, Ia juga makin menyesuaikan diri. Dwi juga boleh di tengok asl ikuti protokol RSKO. Dan sidang selanjutknya kami berencana akan menghadirkan saksi yang merawat Dwi langsung dan saksi ahli hukum, jadi  ada 2 saksi yang akan kami hadirkan,” jelas Aris Marasabesy SH lebih lanjut. 

Sementara itu sebagai isteri, Widi Mulia tetap memberikan support kepada suami yang sedang tersandung masalah hukum tersebut. Ia menemani sang suami jalani sidang. Ini terlihat dari unggahan ibu 3 orang anak itu di akun instagramnya. Widi dan Dwi berdampingan sambil menggunakan masker jalani sidang di RSKO yang berlangsung secara online itu.

“Selamat sore! Mau ngucapin terima kasih banyak nih untuk doa kalian selama ini. Tadi siang sidang lanjutan ke-2 suami saya, @dwisasono yang dilakukan secara online berjalan dengan lancar, Alhamdulillah,” tulis Widi. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here