Yopie Latul Tutup Usia karena Covid-19 dan Dimakamkan dengan Prosedur Covid-19 

Foto kepergian musisi jazz,Yopie Latul Penyanyi lagu Poco-Poco

Rabu, 9 September 2020 kemarin, dunia hiburan tanah air dikagetkan akan berita kepergian musisi jazz,Yopie Latul. Penyanyi lagu Poco-Poco tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Sentra Medika Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jenazah Yopie Latul dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020) siang ini setelah sebelumnya dikremasi Rabu malam di rumah sakit. 

Yopie Latul disebutkan meninggal dunia, Rabu (9/9/2020) pukul 16.02 WIB. Saat menjalani perawatan di rumah sakit, Yopie Latul disebutkan sebagai orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Dugaannya, Yopie Latul menjadi OTG sepulang mengikuti acara yang digelar di Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

Kabar Yopie Latul positif Covid 19. (Foto: Instagram.com/@emmatahapary)

Kabar duka ini beredar di sosial media Twitter dan Instagram. Dan diketahui sehari sebelum meninggal, Yopie didiagnosa positif Covid-19.

“Kemungkinan di tracking dari Lido, waktu acara pujian untuk kemerdekaan. “Dia (Yopie Latul) terkena Covid-19, selain itu ada penyakit paru-paru. Dia hanya tiga hari di RS Cibinong,” ujar sahabat Yopie Latul,  Andre Hehanusa.

Foto Andre Hehanusa

Menurut Andre Hehanusa juga proses pemakaman Yopie Latul akan dilakukan sesuai protokol Covid-19. Karena itu tidak bisa banyak orang yang bisa menghantar kepergian Yopie di tempat peristrirahatan terakhirnya. 

Yopie Latul bukan satu-satunya publik figure yang dikabarkan terkena covid-19. Sebelumnya, mantan  Menteri Pemuda dan Olah Raga era orde baru, Abdul Gafur meninggal dunia karena terserang covid-19. Sedangkan yang masih harus menjalani isolasi karena positif corona, ada penyidik KPK, Novel Baswedan dan anak-anaknya. Dan baru-baru ini ada aktor senior, Piet Pagau yang juga tengah menjalani isolasi di rumah sakit. 

Ini memang membuktikan kondisi pandemi covid-19 memang masih ada dan justru semakin banyak memakan korban. Salahsatunya penyanyi senior, Yopie Latul. Penyanyi kelahiran Ambon, 7 September 1955 ini meninggal usai 2 hari ia memperingati ulang tahunnya yang ke 65 tahun. Selama ini Yopie dikenal sebagai sosok yang mempopulerkan lagu Poco-poco. Lagu berbahasa Ambon tersebut populer pada 2000-an dan sering digunakan untuk senam. 

Sebelum sukses di Jakarta,Yopie yang meninggalkan  Ambon pada 1975 ini sempat mengadu nasibnya di Surabaya, Jawa Timur. Ia memiliki tekad kuat untuk  membuka babakan hidup baru lewat musik di Surabaya meski ia tidak memiliki dasar pendidikan apapun di bidang musik. Namun semangat bermusiknya yang dikenal ceria itu tercermin sewaktu dia bernyanyi hingga akhirnya ia mulai populer setelah membuat rekaman kaset Ambon Jazz Rock. Dan ia mulai dikenal masyarakat setelah merilis singelnya yang bertajuk “Ayun Langkahmu”. Selanjutnya Yopie pun sering tampil dalam berbagai acara dengan lagu daerah Ambon dan juga rohani. Sementara itu, albumnya juga  banyak beredar di daerah asalnya, di kawasan timur Indonesia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here