Memaafkan Bukan Berarti Kalah, Tapi Lakukanlah  Demi Kesehatan Mental Kamu! 

Foto Memaafkan Bukan Berarti Kalah, Tapi Lakukanlah  Demi Kesehatan Mental Kamu!. (Foto: Freepik.com)

Segala sesuatunya memang tidak berjalan sesuai dengan keinginan kamu. Bahkan lebih dari itu kadang berjalan diluar dugaan dan akibatnya bisa menimbulkan rasa marah atau sakit hati. Ada saja perlakuan seseorang yang membuat kamu kesal hingga membuat susah untuk memaafkan prilaku seseorang yang dianggap keterlaluan. Dan terkadang sebaik apa pun dirimu, belum tentu juga akan diterima baik oleh mereka. Tetap saja mereka berpikir negatif dan sulit menerima maksud baik kamu. Alhasil muncul salah paham dan terjadi perselisihan lewat sikap yang mengecewakan, menyakiti  dan membuat sakit hati. 

Perbuatan yang bisa menyakiti itu bisa dari fitnah, hinaan atau berita yang tidak baik tentangmu. Pastinya kalau hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang mereka katakan akan membuatmu sedih dan sakit hati. Dan untuk memaafkannya tidaklah mudah. Tapi jangan biarkan amarahmu menguasai dirimu. Karena itu kamu harus berusaha memaafkannya demi kesehatan mentalmu. Berikut 4 alasan penting kenapa kamu harus jadi pribadi yang pemaaf (dirangkum dari berbagai sumber): 

  1. Mudah memaafkan membuat kamu jadi pribadi yang lebih sabar.

Saat kamu bisa memaafkan kesalahan orang lain, maka otomatis kamu akan menjadi pribadi yang lebih sabar karena  kamu bisa mengontrol emosimu dengan baik. Tidak semua orang dapat menahan rasa emosinya apalagi jika dirasa sudah diluar batas. 

Mau tahu akibatnya jika kamu tidak bisa memaafkan?  Emosi yang menguasai dirimu akan membuatmu tertekan karena ada rasa kesal dan amarah. Dan tertekan tersebut akan membuat kesehatan mentalmu terganggu. Karena itu  sabar adalah solusi yang terbaik demi menjaga kesehatan mentalmu. 

  1. Dengan memaafkan berarti menghilangkan kebencian di dalam hatimu.

Paling tidak enak kalau hati kita dipenuhi dengan kebencian.  Rasa benci itu akan membuat kamu selalu mengingat apa yang sudah orang lakukan kepada kamu. Daripada membuang waktumu dengan mengingat itu semua dan emosi kamu juga akan  terkuras karena selalu ingin menghujatnya, maka  lebih baik kita belajar untuk melupakannya. 

Dengan melupakannya akan membuat hatimu lebih tenang. Sebaliknya, dengan dendam akan menganggu kesehatan mentalmu karena  sepanjang waktumu akan habis hanya untuk berpikir negatif supaya  bisa membalas perbuatan orang yang sudah menyakitimu itu. 

  1. Memaafkan membuat kamu akan menjadi pribadi yang lebih kuat.

Orang yang bisa memaafkan kesalahan seseorang merupakan cermin sosok orang  yang kuat. Karena kamu bisa menghadapinya dan tidak semua orang bisa melakukannya. Jadi dengan menjadi pribadi yang kuat akan membuatmu hatimu  tidak mudah rapuh akan perkataan orang lain. Dan hal ini sangat  baik untuk kesehatan mentalmu. 

  1. Tindakan memaafkan merupakan bukti  bahwa kamu tidak sama dengan yang lain.

Memaafkan itu sulit memang benar, namun jika kamu ikut membalasnya dengan melakukan hal yang sama, maka itu membuatmu sama saja seperti mereka, ikut menyakiti orang lain juga. Jadi jangan biarkan orang lain memandangmu sebagai orang jahat yang selalu menyakiti orang lain. 

Buktikan kamu beda dan tidak sama dengan mereka. Kamu bisa memafkan demi  kesehatan mentalmu. 

Demikianlah 4 alasan kenapa pentingnya kita memaafkan demi tetap terjaganya kesehatan mental. Jadi, jangan membalas perbuatan buruk orang lain dengan keburukan juga, tapi balaslah dengan kebaikan, yaitu dengan memaafkan. Tanamkan pikiran kalau manusia memang gudangnya salah dan setiap manusia memang ada salah supaya kamu lebih iklas dalam memberikan maafmu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here