Terdakwa kasus penyalahgunaan obat golongan psikotropika Vanesza Adzania alias Vanessa Angel kembali mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (2/11/2020) kemarin. Sidang kali ini beragendakan duplik sebagai jawaban dirinya. 

Vanessa Angel dituntut 6 bulan penjara karena diduga memiliki dan menyimpan psikotropika tanpa izin. Vanessa disalahkan atas 20 butir lebih xanax yang ditemukan di kediamannya.

Foto Arajana Bhagaskara, kuasa hukum Vanessa Angel. (Foto: Dokumentasi)

Diketahui dalam sidang sebelumnya Jaksa Penuntut Umum menolak pledoi atau nota pembelaan yang diajukan Vanessa dan tetap dengan tuntutan awalnya menuntut dengan hukuman 6 bulan penjara dan denda sebesar 10 juta rupiah subside 3 bulan kurungan. Atas hal tersebut Vanessa pun kembali menyampaikan dupliknya dengan tetap menolak tuntutan Jaksa penuntut umum karena  pihaknya merasa tuntutan tersebut tidak terbukti dalam fakta persidangan. Bahkan kuasa hukum Vanessa, Arajana Bhagaskara pun mencoba membandingkan kasus serupa yang berakhir dengan putusan tidak bersalah pada terdakwa. 

“Kami minta kan tidak terbukti,” ucap Arajana Bhagaskara usai persidangan. 

“Karena ada dua putusan yang serupa tentang psikotropika, menegaskan jika ada rekam medis maka secara melawan hukum, sebenarnya tidak memenuhi. Dan terdakwa kan punya rekam medis. Sesuai dengan putusan itu, kita lihat apa hakim akan memutus berlainan dengan putusan putusan sebelumnya atau tidak. Kalau memutus berlainan yaitu jadi presedur yang buruk di negara ini,”tegas Arajana Bhagaskara. 

Besar harapan Vanessa dan sang kuasa hukum agar majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat menjatuhkan vonis bebas atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya. Sebagai seorang ibu atas balita yang masih berusia 3 bulan, Gala Sky Ardiansyah, Vanessa memang berat sekali jika harus berpisah dengan anaknya itu. Terlebih ia juga memberikan ASI kepada anaknnya itu. Jadi memang bisa dimaklumi jika Vanessa yang selama ini merupakan tahanan kota ini ingin selalu ada  disamping anaknya itu. 

“Kalau putusan lebih ke hak majelis hakim. Harapan kami ya ringan atau bebas,”harap kuasa hukum Vanessa Angel lainnya, Kemal Maruszama. 

Meski tetap bersikukuh menolak tuntutan Jaksa Penuntut Umum namun Arajana mengungkapkan jika tidak ada keganjilan dalam persidangan yang dijalani Vanessa kali ini. Dan mewakili Vanessa, Arajana mengungkapkan pihaknya siap untuk melakukan banding jika vonis yang dijatuhkan kepada kliennya tersebut melebihi 6 bulan hukuman penjara. 

Dalam sidang kemarin pun majelis hakim majelis hakim mengatakan  putusan Vanessa Angel akan dibacakan pada pekan ini. “Jadi sidang ditunda hari Kamis, 5 November 2020 dengan acara pembacaan putusan, sidang ditutup,”ujar majelis hakim di dalam persidangan.

Mendengar hal tersebut Vanessa pun terlihat makin tegang. Bahkan sang kuasa hukum mengungkapkan  jika kliennya itu tersebut sedang mengalami stress akibat kekhawatirannya atas vonis yang akan dijatuhkan pada sidang putusan nanti. Namun saat coba dimintai keterangan langsung dari Vanessa ataupun dari sang suami, Bibi Ardiansyah, keduanya enggan memberikan komentar dan memilih untuk menghindar. 

“Pastilah (stres), pasti stres, apalagi punya anak, ya makin stres,”ungkap kuasa hukum Vanessa Angel, Kemal Maruszama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here