Vanessa Angel Bebas Dari Penjara Menjelang Ulang Tahunnya ke-29 Tahun 

Kebahagiaan sedang menyelimuti Vanessa Angel dan keluarga. Pasalnya pada 18 Desember 2020 lalu, Vanessa mendapat asimilasi Covid-19, karena itu ia pun bebas dari penjara.  Dengan begitu, Vanessa bebas dari sel Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Jakarta. 

Diketahui Vanessa ditahan karena sudah melanggar Pasal 62 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. 

“Bahwa yang bersangkutan telah diputus pidana penjara selama tiga bulan dan denda Rp 10 juta subsidair satu bulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat berdasarkan surat putusan nomor 1193/Pid.Sus/2020/PN.Jkt.Brt pada 5 November 2020,”jelas Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti. 

Menurut Rika,Vanessa berhak mendapatkan asimilasi. Alasan tercantum dalam surat Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS.3-PK.01.04.04-766. Rika pun menjelaskan bahwa dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 belum diatur terhadap pemberian asimilasi bagi narapidana yang dipidana enam bulan atau kurang.

“Bahwa narapidana atas nama Vansza Adzania alias Vanessa binti Dodi Sudrajat melakukan tindak pidana atau pelanggaran ringan sehingga dapat diberikan asimilasi di rumah,” terang Rika Aprianti. 

“Vanessa telah memenuhi syarat administratif dan substantif, yaitu telah menjalani setengah masa pidana, sehingga yang bersangkutan diberikan hak asimilasi pada 18 Desember 2020. Bahwa juga  tanggal bebas murni atau ekspirasi yang bersangkutan jatuh pada 17 Januari 2020,”tandas Rika Aprianti lebih lanjut. 

Foto Vanessa Angel berulang tahun ke-29 tahun. (Foto: Instagram.com/@vanessaangelofficial)

Dengan kebebasannya itu pastinya merupakan kado terindah bagi isteri Bibi  Ardiansyah ini. Pasalnya, Vanessa bebas menjelang hari lahirnya yang jatuh  tepat pada hari ini, 21 Desember. Dihari ini ibu dari Gala Sky Andriansyah berulang tahun ke-29 tahun. Dengan kebebasannya itu juga berarti Vanessa tidak lagi harus berpisah dari keluarganya, terlebih dengan buah hatinya yang masih balita dan masih membutuhkan ASI darinya, Gala. Jadi tidak heran kalau kebebasan Vanessa dari penjara banyak yang menyambutnya dengan suka cita, apalagi oleh keluarga tercinta. 

Foto Dihari ini ibu dari Gala Sky Andriansyah berulang tahun ke-29 tahun. (Foto: Instagram.com/@vanessaangelofficial)

Cukup lama tidak bertemu dengan Gala, diakui Vanessa ia lupa akan tangisan Gala karena saudah lama tidak mendengar tangisan anaknya. Hal ini terungkap dari postingan Bibi di akun instagramnya. 

“Udah lupa rasanya denger anak nangis,” tulis sang suami, Bibi Ardiansyah.

“Gimana ibu rasanya ibu, jadi ibu lagi?”tanya Bibi Ardianysah.

“Udah lama nggak  denger dia nangis,”jawab Vanessa Angel.

Meski begitu naluri sebagai seorang ibu bisa membuat Gala yang sebelumnya menangis menjadi tenang dalam pelukan Vanessa. Dan tidak butuh waktu lama bagi Vanessa untuk menenangkan Gala, akhirnya anaknya yang menggemaskan itu pun berhenti menangis. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here