Foto Umi Pipik (Pipik Dian Irawati). (Foto: Dokumentasi)

Selama ini usai kepergian Ustaz Jeffry Al Buqharry alias Uje untuk selama-lamanya pada 2013 silam, Umi Pipik memang tidak pernah membahas masa lalu suaminya itu. Namun di penghujung Ramadhan ini, Umi Pipik (Pipik Dian Irawati) buka suara tentang masa lalu kehidupan rumah tangga bersama mendiang Uje. Awalnya, hal ini diungkapkannya kepada Venna Melinda dalam vlognya Umi menyatakan kalau ia dan sang suami hidup berpoligami. Diam-diam Uje ternyata memiliki tiga orang isteri. Tentu saja hal ini mengejutkan banyak orang. Dan entah apa yang mendorong Umi Pipik sampai akhirnya ia membongkar rahasia rumahtangganya bersama Uje tersebut. 

Terkait hal itu, ibu empat orang anak ini pun ceritakan tentang alasannya mengungkap kehidupan almarhum suaminya itu. Diakuinya, ia tidak bermaksud membuka aib karena poligami bukanlah aib. Dan dulu, ia lebih ingin masyarakat memandang Uje karena dakwahnya bukan dari kehidupan pribadinya. Selain itu, Umi Pipik juga ingin anak-anaknya mengetahui jika mereka miliki saudara seayah dari ibu yang lain, bukan hanya saudara sekandung saja. 

“Sebenernya gini loh, bukan untuk membuka aib kan poligami bukan aib, kenapa selama 13 tahun saya menjaga, melihat dia dari dakwahnya bukan kehidupannya. Pernikahan beliau yang kedua ada anak, kalau dia terlantar kita yang dzalim dan selalu terfikir itu. Yang terpenting disini tujuan saya baik, bagaimanapun anak itu  satu darah dengan anak-anak aku, mereka seayah, tujuannya itu. Dan saya juga menceritakan hal ini kok pada keluarga,”beber Umi Pipik.

“Untuk yang isteri kedua saya pernah ketemu lah, untuk yang ketiga karena publik fiugur jadi saya tidak akan mengucapkan itu,”sambung Umi Pipik.

Dorongan untuk mengungkap semua rahasia ini juga bermula dari mimpi yang kerap datang menghantuinya. Umi menegaskan ia kerap bermimpi tentang seorang anak kecil yang menarik dirinya dan membuatnya terus terbayang-bayang. Umi Pipik yakin anak laki-laki itu adalah salah satu dari  anak isteri Uje yang lainnya yang mungkin ingin bertemu dengannya. Mimpi itu membuat Umi Pipik kini mencari anak itu dan tidak ingin menjadi orang yang dzalim. Bahkan ia sangat berharap dapat segera bertemu anak tersebut. 

“O iya kalo yang diawal ketemu langsung sama saya. Saya dimimpikan ditarik sama anak kecil. Jadi ini bukan buka aib. Kalo mau buka kenapa nggak dari 13 tahun saya menikah dengan beliau, tapi saya menutupi. Dan karena mimpi itu  saya terbayang-bayang terus. Mungkin akhirnya beliau menonton, dan bisa bertemu dengan saya,” ungkap Umi Pipik.

Sementara itu poligami bagi Umi Pipik sendiri kembali kepada diri masing-masing, yang jelas poligami memang sudah ada dalam syariat Islam. 

“Poligami ini hukum yah, ada di syariat Islam, jadi kembali lagi pada masing-masing. Kembali lagi pada diri kitanya gitu,”jelas  Umi Pipik.

“Kita baik-baik saja jadi nggak ada yang dipermasalahkan, kecuali dalam poligami kami kalau tidak baik-baik saja, itu bisa sejak dulu bercerita,”tandas Umi Pipik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here