Ilustrasi 7 Tips Agar Kulit Tetap Aman dan Sehat saat Menggunakan Masker Wajah. (Foto: Freepik.com)

Menggunakan masker memang masih suatu kewajiban hingga saat ini. Mengingat  pandemi Covid-19 yang belum berakhir juga. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah protokol kesehatan guna menghindari terpaparnya dan meluasnya  virus Corona. 

Tidak dipungkiri tidak semua bisa bertahan seharian menggunakan masker, apalagi bagi mereka yang miliki kulit wajah sensitif. Mengingat penggunaan masker yang tidak tepat kerap memicu timbulnya masalah pada kulit, iritasi kulit. Diantaranya bisa berupa ruam kemerahan bahkan menimbulkan jerawat di kulit wajah, khususnya di area penggunaan masker, daerah sekitar bibir, hidung dan dagu. 

Menurut keterangan yang diperoleh dari berbagai sumber, jerawat yang timbul  diakibatkan karena peradangan kelenjar minyak di wajah yang disebabkan bakteri. Biasanya  terjadi pada orang yang kulitnya rentan atau sensitif.

Tersumbatnya kelenjar minyak yang seharusnya keluar melalui pori kulit membuat terjadinya iritasi pada kulit wajah. Karena penggunaan masker dan terjadi akibat gesekan yang berulang pada wajah di area batas masker. Selain itu karena saat menggunakan masker membuat  hembusan nafas yang tertahan pada area masker dan tidak langsung keluar.

Untuk menghindari semua itu, maka perlu diperhatikan cara pemakaian masker yang tepat, berikut ini: 

1.Pastikan memilih masker dengan bahan yang pas dan nyaman serta terbuat dari bahan yang tidak membuat sulit kamu untuk bernafas. Sebabnya, jenis masker yang direkomendasikan oleh penelitian dermatologis memang belum ada.

2.Setiap 4 Jam Ganti Masker bagi Kulit yang Sensitif supaya keringat dan kelembaban tetap terjaga. Jadi hindari pemakaian satu masker untuk seharian bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Demi terhindarnya kulit iritasi dan terjadinya jerawat. Karena kemampuan filtrasi pada masker maksimal 8 jam.

  1. Bagi yang rentan berjerawat, masker kain yang terbuat dari bahan katun dapat membantu menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernafas. Dan saat masker kain mau digunakan lagi, pastikan dulu masker tersebut bersih dan sudah dicuci.
  2. Hindari penggunaan produk pelembab yang belum teruji secara klinis. Dan sebaiknya perawatan pada wajah bisa dengan menggunakan  sabun bayi untuk kulit sensitif atau iritasi. Selain itu bagi wajah yang memang sudah berjerawat sebaiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter agar dapat ditangani lebih lanjut, dan  hindari penggunaan kosmetik seminimal mungkin agar tidak menutupi pori-pori wajah.

5.Pemakaian masker yang dilapisi dengan tisu sebaiknya tidak terlalu lama dengan rentan waktu sekitar 1 sampai 2 jam, khususnya bagi kulit wajah yang mudah berkeringat atau bagi kamu yang menggunakan kacamata. 

  1. Jangan terlalu sering memegang atau mengubah posisi masker yang digunakan. Pastikan juga  saat akan menggunakan masker di posisi yang nyaman sehingga terhindar dari gesekan pada saat kita membenarkan posis masker yang kurang pas di wajah. 

7.Gunakan pelembab untuk area telinga bagian belakang karena bagian yang sering terkena gesekan tali masker adalah telinga bagian belakang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here