Foto Ashanty. (Foto: YouTube/The Hermansyah A6)

Ashanty masih berada di Turki. Bukan hanya sekedar liburan, tujuan Ashanty dan keluarga ke Turki dalam rangka pemeriksaan penyakitnya alias berobat. Diketahui selama ini isteri Anang Hermansyah ini mengidap penyakit autoimun. Karena itu ia ingin memeriksakan penyakitnya lebih lanjut ke Turki karena berdasar informasi dari temannya di Turki ada sebuah rumah sakit yang bisa obati penyakitnya itu. Namun diluar dugaan usai pemeriksaan dilakukan disana, hasil pemeriksaan dokter menunjukkan Ashanty miliki penyakit lainnya selain autoimun. 

Hal ini tentunya membuat Ashanty kaget karena tidak menduga sama sekali kalau ia miliki penyakit lainnya, batu ginjal. Semua ini terungkap dalam video di saluran YouTube The Hermansyah A6 dengan judul ‘Ashanty Kaget Ada Penyakit Lain Ketika Hasil Darah Keluar Saat Pengobatan di Turki!!’ yang tayang pada 6 Juni 2021 lalu. 

“Waduh ada yang tidak baik nih hasilnya,”ungkap Ashanty.

Dari hasil pemeriksaan dokter dan berkas hasil tes yang dipegangnya, Ashanty ungkapkan dirinya mengidap penyakit batu ginjal dengan ukuran yang cukup besar. Padahal diakui  Ashanty selama ini tidak pernah ada keluhan mengenai penyakitnya ini. Sedangkan pemeriksaan tubuh yang lainnya bagus.

“Masa aku ada batu ginjal juga. Kemarin Mas Anang batu ginjalnya dua mili, aku empat. Jadi ternyata aku punya penyakit lain, ada batu ginjal udah agak besar,”terang  Ashanty.

Meski miliki batu ginjal cukup besar, namun Ashanty tidak disarankan untuk langsung menjalankan operasi atau tindakan medis lainnya. Ia hanya disarankan untuk minum banyak air mineral selama enam bulan. Persisnya minum air sebanyak tiga liter setiap harinya. Setelahnya, baru melakukan pemeriksaan dokter kembali. Dan jika kondisinya membaik, ia pun tidak perlu mengambil langkah serius seperti operasi.

“Di sini tuh nggak  boleh diambil, dioperasi, atau ditembak. Karena menurutnya ‘Kamu ikutin enam bulan minum air putih sebanyak-banyaknya dulu, nanti baru enam bulan kamu balik lagi buat cek. Kalau memang nggak hilang dan membesar, baru diambil’,”jelas Ashanty.

Atas penyakit batu ginjalnya itu, Ashanty pun memberi semangat pada dirinya sendiri dengan berharap batu ginjalnya dapat hilang dengan sendirinya. 

“Jadi aku ternyata punya penyakit lain lagi, bukan penyakit sih ada batu ginjal udah agak besar. Padahal aku belum mengalami sakit, aku nggak ngerasa sakit sama sekali di area itu,”beber  Ashanty. 

Terkait penyakit autoimun yang dideritanya, Ashanty bersyukur penyakitnya itu sedang tidak bereaksi dan stabil. Meski begitu Ashanty tetap fokus untuk menjaga kesehatan dan tidak mau banyak pikiran alias stress karena semua itu bisa memperburuk hormon yang tidak stabil dan alergi yang tidak ia ketahui apa penyebabnya. 

Selain itu, Ashanty juga bersyukur karena ia tidak menderita penyakit lainnya seperti kolesterol atau pun asam urat. Namun, Ashanty mengalami kekurangan zat besi meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan. 

“Alhamdulillah kolesterol, diabetes, darah tinggi, asam urat semua tidak ada, Alhamdulillah. cuma memang aku kekurangan zat besi aja, tapi itu tidak terlalu signifikan. Pokoknya yang kayak gitu-gitunya tuh aman banget,”tandas Ashanty. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here