Foto Rizky Billar dan Lesti. (Foto: Dokumentasi)

Kisah cinta Rizky Billar dan Lesti Kejora selalu menarik perhatian publik. Diketahui awalnya, hubungan mereka memang sempat dicap awal hanya settingan belaka. Namun akhirnya Lesti dan Billar membantah tudingan publik tersebut dengan pembuktian keseriusan cinta mereka dengan menggelar acara lamaran pada Minggu, 13 Juni 2021 kemarin di Gedung Putih, Lembang, Jawa Barat. 

Tidak hanya bertemunya dua hati dan dua keluarga dalam acara sakral mereka, lamaran dan pernikahan mereka nantinya, tapi bertemunya dua adat yang berbeda menjadi satu. Adat tersebut adat Sunda dan adat Minangkabau. Lesti berasal dari Cianjur, Jawa Barat berjodoh dengan Rizky Billar yang sang bunda berdarah dari Minangkabau, Sumatera Barat. 

Tidak lama dari acara lamaran yang lebih bernuansa adat Sunda, maka di acara pernikahan nanti pasangan yang dipertemukan dalam acara ‘One Man Show’ Tukul Arwana ini kabarnya akan menggelar pernikahan dengan mengusung adat Minangkabau, Sumatera Barat. Namun untuk kapan pernikahan mereka akan digelar, Lesti dan Billar belum bersedia untuk memberitahukannya. 

“Iya jadi kalau nggak salah dalam adat suku Minang dan suku kampung Matur Bukittinggi, Jika salah satu anaknya menikah biasanya diberikan gelar oleh tetua sukunya. Kalau saya menikah, beliau akan saya panggil untuk ke sini gitu,”ujar Rizky Billar.

Foto Endang Mulyana. (Foto: YouTube/Indosiar)

Namun penggunaan adat Minangkabau yang akan dipakai pada pernikahan Billar dan Lesti nanti justru malah tuai polemik di tengah publik. Tidak sedikit yang menuding Rizky Billar meniru konsep pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang telah lebih dulu digelar. Endang Mulyana, ayahanda Lesti Kejora pun akhirnya angkat bicara dan mengatakan tidak ingin ambil pusing dengan gosip yang beredar di masyarakat tersebut. 

“Dibilang plagiat itu mungkin udah resiko Rizky Billar menikahnya belakang, duluan Atta Halilintar. Seperti adat ya otomatis sama,”kilah Endang Mulyana (ayah Lesti Kejora).

Perpaduan dua adat ini pun membuat Lesti dan Billar pun saling belajar bahasa daerah dari pasangan mereka. Billar belajar bahasa Sunda agar dapat menyatu dengan Lesti dan Lesti pun harus belajar bahasa Minang supaya bisa menyatu dengan Billar. Karena itu dalam acara lamaran mereka kemarin, Lesti ditantang Irfan Hakim, Ruben Onsu dan Indra Bekti yang berperan sebagai host di acara lamaran Lesti dan Billar. Tanpa ragu Lesti pun menjawab tantangan para host tersebut. 

Tidak hanya itu, Lesti pun  ternyata sudah piawai membawakan lagu Minang. Membawakan lagu Minang berjudul ‘Ampunkan Denai’ pun membuktikan kalau Lesti memang sudah belajar bahasa Minang. Hal tersebut pun membuat keluarga Billar takjub karena Lesti bisa membawakan lagu tersebut dengan dialeg yang tidak berbeda dari penyanyi Minangkabau aslinya. Sebaliknya, Billar pun didapuk untuk membawakan lagu berbahasa Sunda oleh orangtua Lesti, Endang Mulyana dan Sukartini. 

Kebahagiaan pun  jelas terlihat dari kedua pasangan ini saat prosesi lamaran mereka tersebut.  Diketahui sebelum dipertemukan pada 23 Juli 2020 lalu, Lesti dan Billar sama-sama berujar ingin segera menikah dalam waktu dekat. Lesti yang saat itu masih  berusia 20 tahun serta Billar yang masih berusia 23 tahun pun mengaku telah siap menikah muda. Apalagi sebelumnya, Lesti memang sempat menjalin hubungan asmara selama 5 tahun dengan sang mantan kekasih, Rizki 2R. Namun sayangnya hubungan keduanya kandas lantaran disebut-sebut jika ayah Lesti, Endang Mulyana tidak menyetujui hubungan keduanya, serta tidak ingin anaknya menikah diusia muda.

Namun dengan adanya prosesi lamaran kemarin membuktikan kalau ayah Lesti sebenarnya tidak mempermasalahkan putri kesayangannya itu untuk menikah muda karena Lesti dilamar Billar masih dalam usia akan menginjak 22 tahun. 

“Nggak nyesel kalo saya tetap bersyukur Alhamdulillah saya bisa membimbing anak saya dan mengantarkannya ke pelaminan yang diwajibkan untuk halalnya. Ya dia kan selama belakangan nggak  24 jam sama saya dan kalo dah berumah tangga tanggung jawab suaminya berarti kita  harus rela, nggak  rela ya harus direlakan,”tandas  Endang Mulyana. 

“Mohon didoakan agar kami dilancarkan menuju hari pernikahan, Amin,”sambungnya Endang Mulyana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here