Kreator, konten Youtube dan penyiar radio, Gofar Hilman masih terus menjadi sorotan publik. Pasalnya, kabar pelecehan seksual yang diduga dilakukan Gofar heboh dan menjadi tranding di twitter. Pria yang cukup populer dalam sosial media dan dunia bisnis ini pernah menjadi pacar seorang putri konglomerat. Selain itu ia juga pernah menjadi teman dekat Nikita Mirzani dan akrab dengan Luna Maya. Dengan begitu sosok satu ini dikalangan pergaulan selebritas bukan nama yang asing lagi. 

Foto Nyelaras tulis cuitan di akun twitternya. (Foto: Twitter.com/@quweenjojo)

Lebih dari itu, Gofar juga dikenal sebagai play boy yang mengaku telah tidur dengan ratusan wanita. Jadi tidak heran kalau ada wanita yang menulis cuitan di akun twitternya bernama Nyelaras@Queenjojo telah menjadi korban pelecehan Gofar pun langsung heboh. 

Menurut akun tersebut peristiwa pelecehan terjadi di Malang, Jawa Timur tahun 2018 ketika Gofar hadir dalam sebuah acara sebagai bintang tamu. Ketika itu sang pemilik akun berniat untuk minta foto bersama. Namun ia malah mendapat perlakuan tidak senonoh. Wanita itu mengaku syok dan tidak mampu berbuat apa-apa. Dan ia baru berani mengungkapkan ke publik baru-baru ini usai dua tahun kejadian. Disebabkan ia takut, malu dan trauma atas perlakuan asusila yang diterimanya dari Gofar. Namun dukungan dan saran dari teman-teman membuatnya berani menuliskan pelecehan yang dialaminya dari Gofar itu di akun twitternya. 

Gofar sendiri mengaku ingat tentang acara itu, namun tidak ingat dengan peristiwa pelecehan yang dilakukannya. Meski begitu Gofar melalui cuitan twitternya meminta maaf jika memeluk wanita itu tanpa ijin. 

Sementara itu berdasarkan pengamatan Veryanto Sitohang dari Komisioner Komnas Perempuan, perlakuan pelecehan memang masih sering terjadi. Bahkan dari tahun ke tahun angkanya selalu bertambah. 

Foto Veryanto Sitohang. (Foto: Dokumentasi)

“Bukan hanya public figure, perempuan bisa juga ada yang mengenyam kekerasan yang sama. Sebab itu tidak ada perlakuan khusus perempuan biasa atau public figure tetap harus mendapat ganjaran yang setimpal. Public figure tindakannya ditiru banyak orang. Kami menghimbau segera diselesaikan kasusnya,”ujar Veryanto Sitohang. 

“Kalo berdasarkan catatan tahun Komnas Perempuan, KDRT meningkat. Tahun 2021, kekerasan perempuan termasuk KDRT sejumlah 6480 kasus KDRT 50 persen. Perempuan di dalam rumah tangga paling rentan jadi korban KDRT, kekerasan fisik psikis, pelecehan seksual dan ekonomi. Dan kekerasan seksual yang paling banyak,”sambung Veryanto Sitohang.

Sedangkan kasus pelecehan seksual yang dialami seorang perempuan hingga membuatnya hamil dan miliki anak, menurut sang psikolog, Mintarsih juga tidak boleh dianggap remeh dampaknya. Karena tidak hanya berdampak bagi perempuan itu sendiri, tapi juga bagi sang anak. 

“Kalo sudah terjadi kekerasan akan  mempengaruhi emosinya mau atau tidak memaafkan dan  berpengaruh juga pada anaknya. Apakah dia mencintai suami/mantan suami yang pada akhirnya berpengaruh pada cinta kasih pada anaknya. Jika membenci akan ada faktor yang berpengaruh pada kemudia hari pada anaknya. Jelas semua itu bagaimana anak itu ada nama ayah dalam  akte kelahiran. Mungkin sekarang nggak terlalu jadi persoalan, namun nantinya. Dampak lainnya sering terjadi sang ibu jadi menahan bully-an teman-temannya,”jelas Mintarsih (Psikolog).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here