Mantan penyiar radio dan konten kreator, Gofar Hilman akhirnya angkat bicara soal pelecehan seksual yang dituduhkan pada dirinya usai dua minggu  menghilang dari media sosial. Padahal selama dua minggu tersebut kehebohan pemberitaan tentang dirinya yang dituduh sudah melakukan perbuatan asusila terhadap seorang wanita di Malang, Jawa Timur sangat ramai diperbincankan. Kejadian tersebut berlangsung pada tahun 2018 silam ketika dirinya hadir sebagai bintang tamu disebuah acara. 

Foto Unggahan status Twitter @quweenjojo. (Foto: Twitter.com/@quweenjojo)

Kini, Gofar akhirnya muncul dan memberikan klarifikasinya melalui video yang diunggah ke channel YouTube miliknya. Pria berkacamata ini dengan tegas menjawab tudingan tersebut dengan membantah kabar dirinya sudah melakukan pelecehan kepada seorang perempuan melalui cuitan di twitter pada 8 Juni 2021 lalu. 

Foto Gofar Hilman. (Foto: YouTube/Gofar Hilman)

“Singkat kata dimulai dari cuitan dari soerang perempuan 8 Juni 2021 yang menyebut nama gue sebagai pelaku pelecehan sesual terhadap dirinya  pada sebuah event malam, Agustus 2018. Selama dua minggu gue berdiam diri bukan berarti gue membenarkan hal itu, tapi gue ingin fokus untuk mencari tahu apa yang terjadi karena hal ini serius dan gue ingin menanganinya dengan serius. Gue juga fokus sama keluarga dan karyawan gue,”ungkap Gofar Hilman.

“Sekali lagi gue menegaskan bahwa gue tidak melakukan hal tersebut dan omongan gue bisa dipertanggung jawabkan,”tandas  Gofar Hilman lebih lanjut.

Dalam video klarifikasinya juga, Gofar mengaku down menghadapi tuduhan sebagai pelaku asusila. Bahkan sebagai pria yang badannya dipenuhi dengan tattoo dan tutur katanya ceplas ceplos dan suka bicara terbuka perihal seks, Gofar tidak mau disamakan dengan seorang pelaku pelecehan. 

“Ya down pasti down. Gue melihat sentimen publik yang menyudutkan gue seakan gue pribadi yang sangat buruk. Gue berpikir apakah karena kejailan gue, tutur kata gue saat berinteraksi sama orang. Stigma pelecehan seksual sangat cocok sama gue dan itu nggak fear buat gue. Ya memang gue sering ngomongin seks dan perempuan bahwa semuanya harus suka sama suka dan yang penting yang bertanggungjawab,”terang Gofar Hilman. 

Sedangkan tanggapan sang korban pun  muncul bersamaan dengan vido klarifikasi Gofar di akun instagramnya. 

“Tindakan apapun yang mengarah kepada meremehkan perempuan bisa dinamakan pelecehan sesksusal, sesederhana itu. Gaya bahasa, berpakaian di tempat publik ataupun privat  atau tempat yang punya stigma tersendiri perlakuan seksual tidak dapat dibenarkan,” tandas perempuan pemilik akun @quweenjojo. 

Sementara itu, video klarifiaski Gofar itu juga menarik perhatian Kirby, ahli mikro ekspresi. Ia menilai ekspresi wajah Gofar saat menyampaikan klarifikasinya itu tidak menampilkan ekspresi takut bingung, namun hanya sedih. Dan permintamaafan Gofar tidak jelas untuk apa. 

“Ketika mau bicara fokus sama keluarga, karyawan dan sebagainya, ekspresinya sendi ada tarikan turun itu sedih. tetapi permintaan maaf tersebut ditunjukkan untuk ketidaknyamanan  yang terjadi. Selama dia bilang buat saya nggak jelas permintaan maafnya sebenarnya untuk apa.”ungkap Kirby (Pakar Mikro Ekspresi).

Menurut Kirby juga klarifikasi Gofar simpel, ia hanya berusaha membuka komunikasi pada perempuan yang sudah mengaku telah jadi korban pelecehanya itu.

“Omongan gue dipertanggungjawabkan, segala upaya  telah kami lakukan mencari foto, video

saksi untuk membuktikan gue nggak ada keterlibatan dalam tuduhan tersebut dan sampai sekarang kami masih menunggu pihak  terkait membuka diri kesedianya kita berkomunikasi. Kita  masih menunggu, semoga mendapat respon yang baik,”ujar Gofar Hilman.

“Klarifikasi bilang bahwa foto video dan saksi-saksi, dia mengatakan dia tidak ada melakukan hal tindakan yang dituduhkan semacam itu.  Sebetulnya simple kayak ingin lapor diri. Ini kan 

Nggak bilang pihaknya mencoba menghubungkan dan membuka diri, ini sangat aneh. Kalo saya jadi dia, saya akan bila saya nggak salah apapun yang  dituduhkan dan saya akan laporkan  pihak berwenang. Silahkan  saya merasa dirugikan dengan postingan, tapi ini nggak, jadi aneh buat saya klarifikasinya,”tandas Kirby menanggapi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here