Foto 5 Alasan Kenapa Perempuan Lebih Mudah Menangis. (Foto: Freepik.com)

Perempuan lebih mudah menangis ketimbang laki-laki memang sudah menjadi rahasia umum. Namun apa yang menjadi penyebabnya mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. 

Faktanya, dalam kehidupan ini perempuan dikenal sebagai mahluk yang lembut, sangat sensitif dan emosional. Inilah yang menyebabkan mereka lebih mudah menangis, karena mereka lebih cepat merasakan hal yang terjadi di sekitarnya. Lalu faktor lain apa yang membuat perempuan lebih mudah menangis? Inilah 5 faktor yang sering disebut menjadi penyebabnya yang dirangkum dari berbagai sumber: 

  1. Perbedaan hormon.

Perempuan memiliki perbedaan hormonal jika dibandingkan dengan laki-laki. Dan hormon tersebut bisa mendorongnya untuk lebih mudah menangis. Karena adanya perbedaan kadar prolaktin ini dapat membantu menjelaskan perbedaan dalam menangis, serta perbedaan lain dalam ekspresi emosional dan kerentanan depresi antara pria dan wanita. 

Air mata emosional yang ditemukan mengandung prolactin itu 60% lebih tinggi pada wanita dewasa daripada pria dewasa. Hal ini membuat wanita lebih mudah menangis ketimbang laki-laki. 

  1. Perasaannya lebih mudah tersentuh.

Alasan lainnya karena perempuan menggunakan perasaan lebih dominan daripada pria. Hal ini membuat perempuan lebih mudah tersentuh perasaannya alias sensitif. Perempuan lebih cepat terpengaruh atau berubah-ubah emosionalnya. Hal ini membuat air mata perempuan lebih mudah menetes saat hatinya tersentuh. 

  1. Saluran air mata lebih pendek.

Selain itu yang menyebabkan perempuan mudah menangis karena perbedaan kondisi biologis dengan laki-laki. Ada beberapa penelitian selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa pria memiliki saluran air mata yang lebih besar di mata mereka, sehingga kecil kemungkinan air mata mengalir dari kelopak mata ke pipi. 

Pada tahun 1960-an, seorang dokter dari University of Michigan mengukur masing-masing panjang dan kedalaman saluran air mata tersebut dan ditemukan bahwa perempuan memiliki saluran air mata yang lebih pendek dan dangkal dibandingkan laki-laki. 

  1. Pengaruh sosial.

Image kalau laki-laki menangis menunjukkan sebuah kelemahan membuat laki-laki jadi malu dan jarang menangis. Sementara perempuan tidak masalah kalau menangis. Hal ini membuat perempuan pun jadi lebih leluasa untuk menangis. Selain itu sebuah penelitian juga menunjukkan perbedaan tingkat menangis antara jenis kelamin tampaknya lebih besar di negara-negara dengan kebebasan berekspresi yang lebih besar seperti AS atau dibandingkan dengan banyak negara berkembang. 

  1. Takut kehilangan.

Ketika perempuan dihadapi sebuah masalah, maka perempuan akan lebih cepat merasa khawatir, apalagi masalah tersebut datang dari orang dicintainya. Karena perempuan cenderung memikirkan hal negatif yang membuatnya merasa ketakutan akan hal yang tidak diinginkannya,  seperti rasa takut akan kehilangan sesuatu, termasuk kehilangan orang yang dicintainya. 

Itulah 5 faktor yang membuat perempuan lebih mudah menangis ketimbang laki-laki. Meski begitu dengan mudah menangis itu bukan berarti perempuan lemah. Karena emansipasi perempuan dimasa sekarang pun makin membuktikan kalau perempuan bisa bersaing dengan laki-laki. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here