Gelombang pandemi Covid-19 kedua yang banyak memakan korban memang merupakan kondisi prihatin yang membuat negeri ini menangis. Dalam waktu berdekatan sejumlah artis, tokoh dan selebritas meninggal dunia karena Covid-19. Salah satu korban tersebut adalah artis dan politisi Jane Salimar. 

Sebelum kepergiannya masih jelas dalam ingatan kita bagaimana perjuangan Jane melawan sakitnya. Ia dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis. Pasalnya, Jane yang tengah menjalani isolasi mandiri karena positif Covid-19 mengalami sesak nafas dan oksigen dalam darah menurun. Usai dibawa ke rumah sakit Fatmawati, Jane akhirnya dipindahkan ke rumah sakit di kawasan Mampang, Jakarta Selatan usai menjalani lima hari  perawatan di sana. Namun takdir berkata  lain, Jane akhirnya tutup usia. Jane berpulang pada hari Minggu (4/7/2021), pukul 04.02 WIB diusianya 41 tahun. 

“Dinyatakan positif dia sendiri yang mau isoma, tapi  Minggu kondisinya drop. Kita bawa ke dokter kasih oksigen akurasinya naik 64 baru dokter, lumayan naik dari  52 ke 64. Saya koordinasi dengan  adiknya ini bagaimana kondisi Jane mengkhawatirkan, dan akhirnya kita koordinasi dan cari rumah sakit kemana-mana tapi penuh semuanya,”ungkap Risda Tobing (tante Jane Salimar). 

Foto Adi keluarga Jane Shalimar. (Foto: Dokumentasi)

“Ya hari Senin itu, kita dapat  kabar dari DMJ  memang kondisinya naik turun sambil menunggu ICU, tanggal 30 masuk ICU. Kondisi  akurasinya drop banget sempet ke 30 dan dokter telah berusaha sebaik-baiknya dan Allah lebih sayang sama dia,”sambung Adi (adik kandung Jane Salimar) usai prosesi pemakaman Jane Salimar. 

Kepergiannya Jane mengangetkan banyak orang dan menyisakan kesedihan bagi banyak orang tercinta. Semasa hidupnya, Jane dikenal sebagai aktris yang membintangi sejumlah judul sinetron dan FTV. Ia juga dikenal multitalenta karena mampu menjadi penyiar radio hingga membawakan beberapa program di televisi. Tidak hanya berkiprah di industri hiburan, Jane Shalimar menjajaki dunia politik. Ia sempat bergabung dengan Partai Demokrat dan Partai Nasdem. Dan dirinya sempat mencalonkan diri sebagai anggota dewan, tetapi usahanya belum membuahkan hasil.

Beberapa tahun lalu, Jane juga sempat menjadi pusat perhatian setelah kisah cintanya dengan Didi Mahardika, putra mendingan Rachmawati Soekarnoputri, terbilang rumit. Usai berpisah, Jane mengaku sudah nikah siri dengan Didi. Pengakuan itu tak berbalas. Akhirnya, Jane mengajukan itsbat nikah dan gugatan cerai. Lalu pada 20 Februari 2020, ia kemudian menikah dengan Arsya Wijaya. Namun pernikahan itu belum tercatat di KUA Teluk Jambe Timur, Karawang, alias masih berstatu siri. Jane juga memiliki satu anak bernama Muhammad Zarno, anak dari suami pertamanya Vebryanto Indah Kusuma. Kini, Jane telah tiada. Selain terinfeksi virus Corona, ia diketahui juga memiliki penyakit penyerta, asma. Beberapa hari terakhir, Jane Shalimar juga mengidap pneumonia berat yang menyebabkannya mengalami penurunan saturasi oksigen secara drastis.

Sementara itu jenazah artis sekaligus politisi Jane Shalimar dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Ia dimakamkan satu liang dengan mendiang Dicky Sadikin, sang ayah. Meski keluarga ada yang mengiringi Jane ke tempat peristrirahat terakhirnya dengan tetap menggunakan protokol kesehatan, kesedihan jelas terlihat di wajah mereka. Tidak ada lagi sosok pejuang tanggung yang tidak pernah mengeluh dengan sakitnya itu. Selain itu Jane juga dikenal sebagai sosok yang baik, ramah dan peduli terhadap sesama. Namun  ada satu keinginan Jane yang belum bisa tercapai yaitu melihat sang anak semata wayang menjadi Polisi.

“Keinginannya ya Zarno bisa masuk ke Akabri/kepolisian. Semoga Zarno  bisa wujudkan impian ibunya, Aamiin.  Dia sosok yang tangguh, pejuang tangguh. Dia memang nggak pernah mau bilang sakit. Kemaren waktu dinyatakan covid dah mau di bawa kerumah sakit, tapi nggak mau dia mau isoma di rumah. Pas  sampai UGD  diapun masih kesel kenapa dibawa  ke rumah sakit karena dia  dia mintanya isoma, tapi  kita kan khawartir. Takdir yang diatas juga, waktu masuk paru-parunya ada kabut dah kena,”kenang Risda Tobing dan Adi. 

Kepergian Jane ini menyisakan duka mendalam juga bagi para rekan sesama artis dan kepergiannya seolah memberi peringatan kepada kita semua agar tetap waspada dan selalu menjaga diri dari virus Covid-19.

“Saya sih baru denger penyakit beliau setelah masuk ke rumah sakit beliaunya asma selain covid karena nggak pernah nanyain dan beliau kelihatannya senang-senang aja. Saya tau ada asma setelah dia masuk rumah sakit karena covidnya makin parah. Saya berharap Jane  diberikan  tempat yang terbaik karena  orangnya sangat baik,”ujar Indra L.Brugman (sahabat Jane Salimar). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here