Foto Jangan Anggap Remeh, 5 Hal Ini Tanpa Disadari Sering Jadi Penyesalan Orangtua!.  (Foto: Freepik.com)

Sebagai orangtua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Hanya saja kadang saking ingin memberikan yang terbaik buat sang anak, para orangtua jadi lupa memperhatikan keuntungan atau kerugiannya buat anaknya kelak, hingga pada akhirnya bisa menjadi penyelasan bagi orangtuanya. Dengan begitu memang harus diakui tugas orangtua memanglah tidak mudah. Tidak hanya memperhatikan kebutuhan sandang dan pangan anak. Tapi juga bertanggung jawab terhadap perkembangan karakternya.

Supaya tidak ada penyesalan dikemudian hari, maka sebaiknya hindari hal-hal berikut ini yang kerap jadi sumber penyesalan orangtua pada anak (dirangkum dari berbagai sumber): 

1.Memberi Ponsel Terlalu Dini hingga Sang Anak Kecanduan 

Ponsel saat ini sudah seperti kebutuhan pokok bagi semua orang, termasuk anak-anak. Dengan begitu ponsel bukan merupakan hal asing bagi anak karena orangtuanya sudah memberikan ponsel sejak dini. Namun banyak orangtua yang mengeluh anaknya kecanduan ponsel/handphone. 

Dengan berbagai alasan orangtua memberikan ponsel kepada anaknya. Dari supaya anak berhenti nangis atau agar anak bisa tenang bermain sendiri saat kamu lelah. Perilaku ini, lama-kelamaan membuat anak menemukan kenyamanan bukan pada orangtuanya lagi, tapi pada handphone. Kalau sudah begini, pasti ada penyesalan yang dirasakan orangtuanya. 

  1. Tidak Memprioritaskan Anak dengan Mengabaikan Kasih Sayang 

Ada banyak orangtua yang menganggap kalau anak makannya sudah tercukupi, bahkan makannya yang mewah dan bergizi, serta sekolahnya juga sudah memadai, artinya di tempat yang mahal, maka peran orangtua sudah cukup. Padahal semua itu tidak cukup karena sang anak juga perlu perhatian dan kasih sayang. 

Saat anak besar nanti semua itu akan bisa jadi penentu akan sayang pada orangtuanya atau tidak. Jika dari kecil tidak terbiasa disayang orangtua, bagaimana mereka bisa belajar untuk peduli dan perhatian pada orangtuanya?. Dikhawatirkan nanti orangtua sudah lansia, anak-anak sibuk dengan urusannya masing-masing dan  tidak ada yang peduli. 

  1. Anak Jadi Pelampiasan Saat Orangtua Ada Masalah 

Masalah yang terus mendera dalam kehidupan orangtuanya kadang membuat orangtua jadi kerap marah-marah kepada anaknya. Bahkan sering sang anak dijadikan pelampiasan kekesalannya. Karena anak di pihak yang lemah dan tidak bisa melawan, ia hanya bisa menangis saja. Sikap seperti ini, bisa membuat anak jadi membenci kamu sebagai orangtuanya, ketika ia sudah besar nanti. Jangan sampai ini terjadi ya!

  1. Tidak Mengajarkan Anak Akhlak Yang Baik

Sudah seharusnya anak dari kecil diajarkan akhlak yang baik. Anak tidak cukup hanya pintar saja, tapi memiliki sopan santun dan mengetahui mana yang benar dan salah. Gimana anak bisa belajar kalau perilaku nakalnya itu tidak benar, tapi orangtua hanya mendiamkan dan malah memaklumkan perilakunya.

  1. Sering Marah Dengan Membentak Anak 

Sering membentak anak akan membuat anak jadi penakut dan kurang pede. Dampak lain yang berbahaya, anak jadi terbiasa berbohong. Hal ini dilakukan demi menghindari amarah orangtuanya, kalau  sudah kesal suka membentak. Tidak mau kan sang anak jadi pembohong nantinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here