Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlaku mulai 3-20 Juli 2021. PPKM Darurat ini meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku. Kebijakan yang diberlakukan selama dua pekan dan menyasar kabupaten/kota di Jawa dan Bali tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir ini. 

Pasien positif serta kematian akibat virus Covid-19 yang meningkat tajam ini juga menyebabkan banyak rumah sakit yang penuh dan tak bisa menampung pasien baru. Sementara itu Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya pun melakukan penyekatan sejumlah akses keluar masuj DKI Jakarta. Tidak hanya itu beberapa tempat umum pun ada yang kembali ditutup. Hal ini memberikan reaksi dari para selebriti, diantara mereka ada yang menganggap PPKM Darurat ini efektif, namun ada juga yang tidak. 

Foto Nando Helmy (aktor). (Foto: Dokumentasi)

“Ya baguslah biar covidnya turun nggak makin nambah, jadi kita  bisa aktivitas lagi, bagus juga ada PPKM ini. Efektif ajalah buat kebaikan kita juga kok. Kalo nggak dicegah makin banyak gimana dong?,”ujar Nando Helmy (aktor).

“Gue sih setuju, nggak gampanglah jadi pemerintah emang harus bersikap,”ungkap Patra Gumala (penyiar/komika). 

Jika Nando Helmy dan Patra Gumala setuju dan menganggap PPKM  Darurat efektif, maka Mahdy Reza dan Vinessa Inez pun mengeluarkan opini yang beda. 

Foto Mahdy Reza (aktor). (Foto: Dokumentasi)

“Efektifnya menurutku sendri itu 50 persen. Pengennya lockdown total tapi kita jalankan aja dulu,”ujar Mahdy Reza (aktor).

Foto Vinessa Inez (aktris). (Foto: Dokumentasi)

“PPKM Darurat kalo nggak dengan ancaman kayaknya nggak efektif juga,”ungkap Vinessa Inez (aktris). 

Pembatasan telah dilakukan namun sayangnya masih ada para pekerja yang diperintahkan untuk berkerja di kantor. Hal ini pun menimbulkan polemik dan keluhan masyarakat. 

“Susah juga  sih ya karena nggak  bisa diseragamin kebutuhan perusahaan. Idealnya di rumah karna kondisinya udah mengkhawatirkan,” jelas Patra Gumala.

“Dikenai denda atau masuk penjara kurasa akan takut sih kalau cara gitu,” tandas Vinessa Inez.

“Mungkin untuk pekerja ditempat lain mungkin agak susah, kalo gue Alhamdulillah karena diberi kelancaran, Alhamdulillah lah,”ungkap Nando Hilmy. 

Tidak hanya yang belum bisa mengikuti peraturan, tapi yang lebih menyayangkan lagi masih banyak orang yang menganggap sepele hingga tak mempercayai akan keberadaan virus corona.

“Kalo yang aku liat sih karena belum jadi negara maju, jadi menganggap covid masih enteng sekali. Masih ada kerumunan,”ujar Mahdy Reza. 

“Ya udah darurat kaya gini sih ketat yah Cuma kalo gue boleh saran kasih  sanksi. UU karantina tapi kita nggak dapat haknya, itu aja sih alasan kritik gue di penarapan PPKM gitu,”imbau Patra Gumala.

Meski ada pro dan kontra bahkan saran dari rekan selebriti ini, namun pada dasarnya mereka semua berharap gara PPKM Darurat ini dapat berjalan lancar dan baik. Dengan begitu harapan untuk bisa menekan jumlah orange yang terpapar virus Covid-19 bisa diwujudkan. 

“Itu sih paling serem, delta sama alpha tuh sampe bikin meninggal. Ya semoga  aja jangan  sampe kena kekitalah semua yang ada di sini. Aku berharap semua pemerintah semua jajaran semua masyarakat menjalan protocol kesehatan, kalo bisa di rumah aja,” tandas Mahdy Reza.

“Mudah mudahan PPKM  bisa berjalan efektif,  kondiri ekonomi ikut membaik udah itu aja sih sekarang,”harap Patra Gumala. 

“Aku berdoa untuk mereka yang terpapar semoga cepat pulih pastinya. Pemerintah tuh ada dokter aplikasi untuk isoman, obat gratis buat yang isoman karena  rumah sakit udah penuh, tegas Vinessa Inez.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here