Kehilangan orang yang dicintai untuk selama-lamanya telah membuat Ustaz Solmed dan Ria Ricis jalani momen Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021 lalu berbeda dari sebelumnya. Mengingat lebaran Idul Adha kali ini merupakan lebaran pertama mereka tanpa sosok Ayah. 

Diakui Ustaz Solmed, ini adalah hari raya Idul Adha terberat baginya, bukan hanya tanpa sosok Ayah, tapi juga tanpa sosok Ibu. Diketahu suami April Jasmine memang sudah kehilangan kedua orangtuanya, Nadjamudin Nasution dan Salmah Lubis dalam waktu berdekatan. Lebih dulu sang bunda yang meninggal dunia pada 11 Juli 2021 lalu, dan 5 hari kemudian sang ayah yang meninggal dunia pada 16 Juli 2021 lalu. Keduanya karena terpapar Virus Covid-19. Dengan duka yang masih melekat di wajahnya, Ustaz Solmed melakukan ziarah ke makam kedua orangtuany pada hari raya Idul Adha kemarin. Bersama sang isteri dan anak-anaknya, Ustaz Solmed ziarah mendatangai pemakaman Al Azhar Memorial Garden di Kerawang, Jawa Barat. 

Foto Ustaz Solmed didampingi April Jasmine. (Foto: Dokumentasi)

“Ya tentunya ini tahun berat dimana biasanya kami kumpul bersama, menikmati masakan daging qurban dan ditambah ini momen luar biasa  h-1 tanggal 19 Juli saya milad dan 20 Idul Adha dan tanggal 22, Sultan anak milad juga. Tapi semua kembali pada takdir yang sudah tercatatat. Ya tahun ini kami memulai suasana baru tanpa ayah dan emak,”ujar Ustaz Solmed didampingi April Jasmine. 

“Saya harus mencoba menggali hikmah disetiap takdir yang datang. Ini  sangat berat sekali buat saya dan semuanya dimana harus kehilagan dua orang yang mencintai saya dalam  waktu berdekatan. Betapa sayangnya Allah mengambil keduanya walau  saya merasakan ujian yang  sangat berat,”sambung Ustaz Solmed yang tetap ikut berqurban di tahun ini ditengah kesedihannya itu. 

Kesedihan yang sama juga dirasakan oleh Ria Ricis. Youtuber ini juga merasakan sedihnya untuk pertama kalinya  merayakan Idul Adha tanpa sosok ayah.

Foto Ria Ricis. (Foto: Dokumentasi)

“Beda ya rasanya. Tahun lalu malam takbiran masih sama-sama. Pulang salat Ied, makan daging masih sama-sama. Sekarang sudah beda,”ungkap Ria Ricis.

Meski begitu Ricis tidak mau larut dalam kesedihannya. Mengingat masih ada anggota keluarga lain yang bisa jadi teman merayakan Idul Adha bersama. Selain itu masih ada sang bunda yang ada disamping Ricis. 

“Ibu di rumah ya karena menghindari keramaian gini kan PPKM. Moga ibu sehat terus, jadi nggak kemana-mana. Ya masih ada keluarga lain. Masih ada nikmat sama keluarga lain,”ujar Ria Ricis. 

Sedangkan pesan almarhum ayahnya yang selalu diingat Ricis adalah untuk selalu rukun dengan saudara-saudaranya. 

“Papah selalu ngajarin banyak hal, papah selalu bilang saling menjaga satu sama lain, rukun-rukun, saling ngingetin sodaranya. Ya papah selalu berpesan agar kita saling menjaga,”kenang Ria Ricis 

Dengan pesan sang ayah itu juga membuat Ricis kumpul bersama dengan keluarganya di momen Idul Adha kemarin. Ricis juga lakukan penyembelihan hewan qurban  dengan menyiapkan seekor sapi seberat 1 ton 50 kilogram. Proses penyembelihan dilakukan di pesantren milik sang kakak, Oki Setiana Dewi.

“Ya sapi limosin satu ton 50 kg kurang lebih. Ada sedihnya, ada senengnya juga  karena dilancarkan sampai hari ini, sapinya sehat sampai disembelih. Pemilihan sapinya adalah yang ada aja yah karna Ricis percaya sama yang  jaganya, ini buat mba Ricis yang paling bagus ya uda kita terima terima ajalah. Hari ini aku bareng keluarga semuanya berkumpul di pesantrennya mba Oki untuk menyembelih Qurban,”ungkap Ria Ricis. 

“Ya Allah berikan riski pada Ricis yang luar biasa. Ada 8 sapi kayaknya yah tapi  disebar di kampung halaman papah, di kampung halaman kita di pesantren di Pekanbaru diberbagai tempatlah,”sambung Ria Ricis. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here