Selain dengan musim pandemi yang terus berlangsung, saat ini Indonesia juga tengah berada di musim pancaroba yang ditandai dengan fenomena cuaca yang tidak menentu. Fenomena ini terjadi ketika pergantian musim dari hujan ke musim kemarau. Dan dimusim pancaroba biasanya bakteri dan virus akan mudah berkembang dan menyerang sistem imun kita, termasuk virus corona yang saat ini kasusnya masih meningkat. 

Supaya terhindar dari itu semua, maka imun tubuh perlu ditingkatkan dengan 5 cara (dirangkum berbagai sumber), seperti  berikut ini: 

Foto Tingkatkan Asupan Gizi. (Foto: Pixabay)

1.Tingkatkan Asupan Gizi

Supaya tak mudah terserang penyakit dibutuhkan asupan gizi yang baik. Terutama di pandemi seperti saat ini. Makanan bergizi merupakan sumber nutrisi yang baik untuk membantu kinerja organ-organ dalam tubuh, sehingga organ dalam tubuh bisa bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari serangan virus.

Nutrisi yang baik itu bisa diperoleh dari konsumsi sayur, buah, daging, ikan dan protein nabati. Akan tetapi  perlu diperhatikan juga cara pengolahan bahan makanan tersebut agar vitamin yang terkandung tak hilang. Konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C juga bisa meningkatkan Imunitas Tubuh.

Foto Perbanyak Minum Air Putih. (Foto: Pixabay)
  1. Perbanyak Minum Air Putih

Kenapa perbanyak minum air putih? Karena minuman terbaik bagi tubuh adalah air putih yang mengandung 0 kalori dan bisa langsung diproses dalam sistem pencernaan. Air putih berperan penting dalam menjaga suhu tubuh dan membantu membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Jika tubuh kekurangan air, maka organ-organ dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik sehingga kamu mudah terserang virus. Maka dari itu, mulai sekarang kamu perlu rutin minum air putih minimal 2 liter per hari. 

Foto Rutin Olahraga. (Foto: Pixabay)

3.Rutin Olahraga

Diharuskan di rumah saja selama pandemi sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Bukannya malah malas berolahraga. Selain untuk kesehatan, olahraga juga bisa membuat badan lebih segar dan sendi-sendi tidak kaku. Disamping bisa juga meningkatkan kinerja sel darah putih sehingga kekebalan tubuh bisa meningkat. Karena itu biasakan untuk rutin berolahraga selama 20-30 menit tiap hari.

Foto Berjemur di Pagi Hari. (Foto: Pixabay)

4.Berjemur di Pagi Hari

Meski tidak bisa membunuh virus corona secara langsung, nyatanya berjemur di pagi hari bisa merangsang produksi vitamin D dan meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Waktu yang tepat untuk berjemur adalah di bawah jam 10.00 pagi. Tidak perlu terlalu lama, berjemur cukup dalam waktu 5-15 menit. 

Foto Istirahat dengan Cukup. (Foto: Pixabay)

5.Istirahat dengan Cukup

Hal satu ini terdengar mudah, tapi cukup sulit dilakukan,terlebuh bagi mereka yang sibuk. Padahal tidur merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh terutama otak dan jantung. Selain itu, tidur juga berpengaruh terhadap kekebalan dalam tubuh.

Selama tidur, tubuh akan memproduksi senyawa sitokin yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap sistem imun. Maka tidak heran jika kurang tidur bisa membuat sistem imun tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. Jadi kurangi begadang. 

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi di musim pancaroba yang rentan penyakit ini. Semoga dengan cara ini kita tetap miliki tubuh yang sehat dan bisa lawan virus corona serta penyakit lainnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here