Pandemi Covid-19 telah membuat penyelenggaraan olimpiade 2020 terpaksa mundur satu tahun dan baru bisa dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Olimpiade Tokyo 2020 pun digelar sejak 23 Juli – 8 Agustus mendatang di Tokyo, Jepang. Indonesia pun turut mengirim atlet untuk ikut berkompetisi, yakni terdapat 28 atlet yang siap berjuang dan mengharumkan nama Indonesia di cabang olahraga bulutangkis, atletik, angkat besi, dayung, renang, panahan dan selancar. 

Mengingat olimpiade kali ini diadakan ditengah pandemi membuat berbeda dari olimpiade sebelumnya karena banyaknya aturan dan protokol kesehatan yang harus diterapkan. Meski begitu sebagai mantan atlet bulu tangkis, Susi Susanti berharap agar para atlet Indonesia bisa bertanding dengan maksimal dan mendapat prestasi terbaik  selama olimpiade. 

“Ya Pastinya situasi olimpiade kali ini tidak mudah karena memang berbeda dengan olimpiade sebelumnya karena adanya pandemi tentunya banyaknya aturan dan protocol kesehatan harus diterapkan di olimpiade saat ini. Penonton juga tidak diperbolehkan, tapi  kita harapkan semua olimpiade ini berjalan dengan  baik dan atlet-atlet Indonesia bisa bertanding semaksimal mungkin dan bisa mendapat prestasi terbaik disana,”ujar Susi Susanti penuh harap. 

Sejauh olimpiade berlangsung, tim merah putih sudah berhasil mendapatkan 2 medali. Keduanya dipersembahkan oleh atlet angkat besi, Eko Yuli Irawan yang berhasil meraih medali perak. Dan sebelumnya, ada Windy Cantika Aisah yang sukses meraih medali pertama untuk Indonesia yakni berhasil mendapatkan medali perunggu. Tentu saja prestasi mengjarumkan nama bangsa di kancah internasional ini merupakan  kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, termasuk para selebriti Tanah Air. 

Foto Augie Fantinus via video call. (Foto: Dokumentasi)

“Jujur seneng banget dengan segala sesuatu. Event-event olahraga internasional dimana pasti lebih seneng lagi kalo negara kita tampil.  Ya harus mundur olimpiadenya tapi sekarang sudah bisa terlaksana walau gua liat dibeberapa cabang tanpa penonton. Gue juga sambil nonton, ini suatu hiburan apalagi kita PPKM  dan work from home, jadi kita bisa kerja sambil zoom meeting berikutnya gue nonton pertandingan,”ujar Augie Fantinus. 

“Kalo gue justru bukan ngeliat apa yang kurang, justru udah banyak yang  apa yang lebihlah. Sebenarnya banyak juga  atelit Indonesia yang  sudah berkontribusi untuk Indonesia, ketika ngomongin Eko Yuli deh berarti sudah ada 4 medali olimpiade. Ya ini bagus walaupun kita baru dapat dari angkat besi yah kita masih berharap banyak dari bulu tangkis, kita berharap dari panahan. Semoga diikuti oleh cabang-cabang berikutnya sih, bener-bener usaha untuk lolos ke olimpiade,” sambung Augie Fantinus.

Rasa bangga juga dirasakan oleh Maria Vania. Artis yang gemar berolahraga ini mengaku salut kepada para pejuang di olimpiade yang semuanya luar biasa.  

Foto Maria Vania. via video call. (Foto: Dokumentasi)

“Luar biasa banget itu ngebanggain banget  loh bisa melawan yang  lain dari  Indonesia ternyata strong juga angkat besi. Bisa memotivasi yang  lain juga untuk sama-sama  berjuang dan jangan mau  kalah dengan negara lain,”ujar Maria Vania. 

Sudah menjadi tradisi juga Indonesia membawa pulang medali emas dari cabang olahraga bulutangkis. Karena itu harapan itu kembali muncul, dan tidak hanya dari bulutangkis saja, tapi juga dari cabang olahraga lainnya. 

Foto Susi Susanti via video call. (Foto: Dokumentasi)

“Ya untuk cabor yang  punya peluang untuk bisa mendapat medali itu,  angkat besi yang memang sudah diperhitungkan, lalu dari panahan. Lalu peluang lebih besar ada di bulutangkis karena tradisis emas dari  bulutangkis, semoga terus berlanjut ya dan semoga dapat medali emas juga,”tandas Susi Susanti.

“Indonesia ada 28 atlet yang  berjuang untuk dapetin medali emas ya mudah- mudahan dari setiap cabang pengennya bisa menyumbang ada medali emas apalagi kita liat kayak bulu tangkis itu perkasa banget. Mudah-mudahan bawa pulang dapetin medali emas, kita doain bareng-bareng,”pungkas Maria Vania.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here