Bagi seseorang yang pernah merasakan patah hati, pastinya akan membuat hatinya sakit. Lebih dari itu menjadi sulit buat membuka hati untuk kehadiran cinta baru. Jika hal ini dialami tidak berlarut-larut tidak menjadi masalah. Namun jika berlangsung lama bisa dibilang kamu sudah mengidap philofobhia atau fobia jatuh cinta. Fobia adalah rasa takut terus-menerus, berlebihan, tidak realistis pada objek, aktivitas  atau situasi tertentu.

Fobia itu akan  membuat seseorang sebisa mungkin mencoba menghindari pemicu rasa takutnya tersebut. Dan ketika dipaksa berhadapan dengan pemicu rasa takut tersebut, penderita fobia ini pun bisa merasakan kecemasan dan stres yang sangat luar biasa. Lebih jelasnya, berikut fobia jatuh cinta yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Fobia karena pernah disakiti oleh pasangan. 

Philophobia adalah ketakutan untuk jatuh cinta atau menjalani hubungan dengan orang lain. Jenis fobia ini memiliki banyak kesamaan dengan fobia lainnya. Philophobia lebih umum dialami oleh orang yang memiliki trauma atau luka masa lalu, misalnya seperti pernah disakiti oleh pasangan sehingga merasa khawatir untuk membina hubungan asmara lagi.

  1. Fobia karena trauma psikis. 

Fobia jatuh cinbta juga bisa terjadi karena trauma psikis, misalnya harus menyaksikan perceraian orangtua, mengalami segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga atau penganiayaan di rumah saat masih kecil dan lain sebagainya. Semua itu bisa membuat seseorang enggan menjalin hubungan atau kedekatan dengan orang lain karena berpikir orang lain akan melakukan hal yang sama kepada dirinya. 

Pengidap phobia ini akhirnya mengembangkan rasa takut yang menyebabkan mereka cenderung menghindari hubungan dengan tujuan dapat menghindari rasa sakit. Namun faktanya, semakin seseorang menghindari sumber ketakutannya, rasa takutnya justru akan semakin meningkat. 

  1. Fobia karena ketakutan luar biasa untuk jatuh cinta. 

Fobia yang luar biasa dan tidak masuk akal untuk jatuh cinta pada tahap ini  lebih dari sekedar kekhawatiran akan risiko patah hati. Seseorang disebut philophobia jika mengalami ketakutan jatuh cinta begitu kuat hingga sangat mengganggu kehidupannya.

Sementara itu gejala philophobia juga sangat bervariasi dan berbeda di setiap penderitanya. Pada umumnya pengidap philopobhia akan memunculkan reaksi emosional dan fisik ketika berpikir tentang jatuh cinta, seperti muncul perasaan takut atau panik yang intens, penghindaran, berkeringat, detak jantung cepat, sulit bernafas dan mual.

Bagaimana apakah kamu termasuk salah satu orang yang memiliki fobia jatuh cinta? Jika ya segeralah atasi karena jatuh cinta itu berjuta rasanya. Dan sampai kapan kamu terus menutup pintu hati kamu untuk kehadiran cinta baru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here