Lama tak muncul, komedian Kiwil membawa kabar baru mengejutkan. Kabar ini terungkap lewat postingan mantan isterinya, Rohimah. Beberapa waktu lalu, Rohimah terlihat memposting gambar dengan latar belakang uang dan daftar biaya yang harus dikeluarkannya untuk kuliah dan sekolah anak serta pembayaran listrik rumah yang sudah menunggak. Hal tersebut seolah menunjukan kehidupan Rohimah pasca perceraiannya dengan Kiwil yang mulai menghadapi masalah ekonomi. 

Sebagai janda dengan 4 orang anak memang tidak mudah bagi Rohimah untuk menanggulangi ekonomi keluarganya. Karena itu ia harus pontang panting untuk memenuhi biaya rumah tangganya. Dan kini, Kiwil sepertinya sudah tak bisa lagi sepenuhnya membiayai kebutuhan anak-anaknya karena penghasilannya yang sedang berkurang. Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, dunia hiburan pun terkena dampak ekonomi, termasuk Kiwil yang terpaksa harus mengurangi jatah bulanan untuk anak-anaknya. 

Foto Rohimah. (Foto: Dokumentasi)

“Alhamdulillah kalo untuk tanggung jawab masih, tapi pekerjaan sekarang dengan  situasi ini kayak gini. Biasanya sebulan kasih berapa tiba-tiba diluar dari biasa memberinya. Kalo saya kesel saya langsung WA.  Bang Kiwil untuk tanggung jawab  anak kondisinya seperti ini, memang  belum bisa kasih lebih karena  kondisi, tapi kalo tanggung jawab masih sampe sekarang. Janji membri biaya makan dan pendidikan anak, tapi kondisinya kayak gini. Urusan bohong itu dia ama Allah. Kalo ada duit dibilang nggak ada itu dia zholimin anak,”ujar Rohimah.

Meski Kiwil hanya bisa memberikan tanggung jawab yang jauh dari cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan anak, namun Rohimah sebisa mungkin tidak mau mengeluh. Bahkan dirinya suka melarang anak-anaknya untuk meminta langsung kepada ayahnya yang kini tinggal di Bandung bersama isterinya, Venti Figianti.  

“Saya bilang ke anak-anak kalo ayah belum bisa ngasih mungkin ada keperluan lain karena  situasi seperti ini, jangan disusahi ayahnya. Takutnya nanti ada anggapan si bunda yang ngajarin ke anak-anak, padahal saya nggak  pernah ngajarin anak-anak. Saya bilang nggak usah hubungin ayah kalo nggak penting-penting  banget, nanti urusan ayah bagaimana,”jelas Rohimah.

Beda dengan anak mantan isteri Kiwil lainnya, Meggy Wulandari tidak mendapat biaya hidup sama sekali untuk ketiga anak-anaknya, Rifky Arnanda Delta, Meisya Ardinda Delta dan Alkhalifi Delta. Bahkan Rifky, putra pertama Kiwil dengan Meggy yang masih menyelesaikan pendidikan tingkat SMA di Jakarta, uang sekolahnya sampai menunggak hingga delapan bulan. 

Foto Meggy Wulandari via video call. (Foto: Dokumentasi)

“Sebelum saya pindah ke Makassar ada omongan Rifky di Jakarta menyelesaikan SMA urusan dia dan yang 2 saya bawa ke Makassar dibiayai ayah di Makassar. Dan saat silaturahmi dengan gurunya, eh Rifky banyak tunggakan. Bilang dah cerai anak tanggung jawab ayahnya, mas Kiwil. Biaya kalo transfer ke neneknya tapi nggak ada, akhirnya aku handle dan dibantu suamiku. Pengennya Kiwil tetap Bertanggung jawab sebagai ayah untuk anak-anaknya,” ungkap Meggy Wulandari.

“Mas Kiwil lalai artinya dia tidak menunaikan kewajibannya pada anak-anak, komunikasi saja tidak. Ada pemberitaan Meggy membatasi,  aku tidak memblokir dan berkomunikasi dengan  aku dan anak-anak. Aku justru membangun komunikasi sama Kiwil untuk anak-anak dalam pendidikan yang baik,”sambung Meggy Wulandari. 

Sementara itu alasan Kiwil tidak bisa membiayai kehidupan anak-anaknya diakuinya karena kondisi pandemi Covid-19 yang membuat dirinya sepi job. Bahkan rumah tangga Kiwil dan Venti pun kena imbasnya. Kabarnya, pernikahan mereka sedang berada di ujung tanduk perpisahan. Dan diakui Kiwil salah satunya karena faktor komunikasi. 

“Ini gue kaya di prank dikerjain ama  istri, kaget juga sih tapi bagi saya ini bagian dari satu solusi dalam  peyelesaian rumah tangga. Mungkin  dengan ini bisa selesai masalah rumah tangga dengan pertemuan ini bisa clear apa sih permasalahnya ujung-ujungnya  komunikasi. Saya mengaku salah ama Venti maafin papah ya kurang  komunikasi. Ini memang  kebiasaan gue yang  susah komunukasi sesuatu yang nggak penting-penting banget. Berbeda dari sisi perempuan ada yang  harus  diomongin nggak penting,tapi buat istri itu penting,”tegas  Kiwil. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here