Putra kedua Ahmad Dhani dan Maia Estianty, El Rumi  baru saja menyandang gelar BA usai menempuh pendidikan bisnis di University of Westminster London, Inggris. Dan kini, pria bernama lengkap Ahmad Jalaluddin Rumi ini pun sudah pulang ke Indonesia sejak beberapa waktu lalu. Sepulangnya ke Indonesia, El juga sempat kembali dunia seni peran dengan menjadi bintang tamu di Sinetron Catatan Harian Seorang Istri. 

Sedangkan selama kuliah di London, El pun membagikan pengalamannya. Dan mengejutkan El merasa lebih nyaman dirinya tak dikenal sebagai artis ketimbang dikenal sebagai artis. Seperti saat di London, El mengaku di sana tak ada yang tahu dirinya seorang artis. El bukannya sedih, melainkan merasa bahagia karena bisa hidup seperti orang biasa lainnya. Hal tersebut membuat El betah hidup di London. 

Foto El Rumi. (Foto: YouTube/Trans TV)

“Di sini dapat privilege dikenal banyak orang, di sana tuh nggak dapet privilege sama sekali,”ungkap El Rumi.

“Tapi malah enak, aku bisa ke perpustakaan nggak ada yang kenal, nggak ada yang minta foto. Ke taman bebas, belanja juga nggak ada yang minta foto enak,”sambung El Rumi.

Di sana, El  juga mengaku kuliahnya hanya diisi belasan orang, mahasiswa sangat teratur, bahkan tidak ada meja yang dicoret-coret.

“Aku ada kelas gedenya namanya lecture, ada ratusan orang, tapi ada juga yang (kelas kuliah) 10-15 orang doang. Nggak ada si meja-meja yang dicoret,”tandas El Rumi. 

Sementara itu  dalam urusan teman,El menegaskan dirinya berteman dengan siapapun, tidak hanya teman orang asli Inggris saja. Karena itu El memiliki banyak teman yang berasal dari seluruh penjuru dunia. 

“Bedanya, ketemu teman-teman di seluruh penjuru dunia aja sih. Kebetulan aku juga nggak berusaha nyari orang British kan. Malah ketemu (dekat) dengan orang Pakistan, orang Dubai, Abu Dhabi, 80 persen pendatang. Bahkan aku punya geng cowok, isinya orang Srilangka, Italia, India,”ungkap  El Rumi.

Semuanya terasa menyenangkan bagi El selama dirinya kuliah di London, namun ada satu hal yang tak sempat dilakukannya selama di sana adalah merasakan pengalaman bekerja  meski hanya part time. Sebab, sejak tahun kedua di sana, pria berusia 22 tahun ini sudah dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

“Belum sempet sih (kerja) kan tahun kedua di sana awal pandemi, itu juga rasanya transisi dari mulai ketemu temen terus tiba-tiba kuliah online satu setengah tahun, ya lumayan banget sih (sulit) kayak konsultasi guru juga via email, kelas harus tatap muka (online),”terang El Rumi.

Sedangkan saat disinggung hadiah kelulusan apa yang diterima oleh El dari orangtuanya. Ternyata dari sang ayah, Ahmad Dhani, El mendapatkan hadiah ruangan kerja  di rumahnya. 

“Ayah ngasih ruang kerja di rumah, ngasih space. Jadi lumayan di rumah punya ruang kerja baru,”ungkap El Rumi sambil menegaskan yang diberikan hanyalah ruangan saja, sedangkan perlengkapannya disiapkan sendiri.  

Beda dari Ahmad Dhani, Irwan Mussry sebagai ayah sambung rupanya memberikan hadiah jam tangan mewah untuk El Rumi.  Hal ini wajar  karena suami Maia Estianty ini diketahui sebagai pengusaha jam tangan mewah yang sangat terkenal. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here