17 Agustus esok hari Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-76 tahun. Arti kemerdekaan tersebut tentunya sangatlah berarti bagi bangsa ini dan semua itu tak lepas dari jasa dan pengorbanan para pahlawan negeri ini. Dan sebagai masyarakat yang menghargai jasa para pahlawannya, maka sudah sewajarnya kita menaruh hormat dan mendoakan para pahlawan yang sudah tiada. Dan ternyata darah pahlawan tersebut mengalir  pada 7 selebriti cantik yang juga sukses dalam kariernya.  

Penasaran siapa saja? Berikut 7 artis cantik dan sukses yang merupakan keturunan pahlawan yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia ini: 

Foto Maia Estianty. (Foto: Instagram.com/@maiaestiantyreal)
  1. Maia Estianty

Penyanyi dan musisi Maia Estianty diketahui merupakan cicit Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal sebagai H.O.S Cokroaminoto, pemimpin organisasi Sarekat Islam. Selain itu, istri Irvan Mussry ini juga merupakan cucu dari istri pertama Soekarno, Siti Oetari Tjokroaminoto.

Foto Dewi Yull. (Foto: Instagram.com/@dewiyullofficial)
  1. Dewi Yull

Penyanyi lainnya yang merupakan keturunan pahlawan adalah Dewi Yull yang rupanya cucu dari RM Tirto Adhi Soejo, tokoh pers dan kebangkitan nasional yang mendirikan surat kabar Medan Prijaji pada 1907.

Ayah Dewi Yull, HRP Soendaryo, merupakan keturunan bangsawan dari Kesultanan Cirebon. Sedangkan ibunya Masayu Devi Hetimawati adalah wanita keturunan bangsawan Melayu Palembang.

Foto Celine Evangelista. (Foto: Instagram.com/@celine_evangelista)
  1. Celine Evangelista

Kakek buyut dari artis pesinetron Celine Evangelista adalah H. Fadeli Luran yang merupakan pahlawan nasional pendiri organisasi penampung aspirasi kelompok-kelompok Islam.

Nama Haji Fadeli Luran pun diabadikan menjadi nama jalan di Minasatene, Pangkajene Kepulauan, Biraeng, Sulawesi Selatan. Ia dianggap sebagai tokoh pemersatu umat Islam di Indonesia dan penyebar Agama Islam di Makassar. Selain itu juga ikut membangun sejumlah rumah sakit dan sekolahan.

Foto Karina Salim. (Foto: Instagram.com/@karinasalim)

4.Karina Salim

Karina Eka Putri Salim atau yang yang karib disapa Karina Salim rupanya masih memiliki hubungan darah dengan pahlawan kemerdekaan Indonesia, yakni merupakan cicit dari H. Agus Salim.

Agus Salim sendiri dikenal sebagai anggota panitia 9 BPUPKI dan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia. Ia ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional pada 27 Desember 1961.

Foto Dian Sastrowardoyo. (Foto: Instagram.com/@therealdisastr)

5. Dian Sastrowardoyo

Aktris Dian Sastrowardoyo juga memiliki darah pahlawan nasional yang mengalir di tubuhnya. Ia merupakan cucu dari Prof. Sunario Sastrowardoyo yang merupakan pahlawan nasional sekaligus Menteri Luar Negeri ke-7 serta Menteri Perdagangan ke-12 Indonesia.

Foto Asri Welas. (Foto: Instagram.com/@asri_welas)
  1. Asri Welas

Asri Welas masih memiliki hubungan darah dengan Pangeran Diponegoro. Ia merupakan keturunan ketujuh. Bahkan keluarga Asri memiliki kode yang menandakan keturunan pahlawan nasional tersebut, yaitu pohon jalar yang ditanam di rumah eyangnya.

Menurut Asri Welas, pohon itu sebagai simbol keturunan Pangeran Diponegoro agar tidak diketahui oleh penjajah saat itu.

Foto Nia Dinata. (Foto: Instagram.com/@ibunia.official)
  1. Nia Dinata

Beda dari sebelumnya, para perempuan cantik itu berprofesi sebagai penyanyi dan aktris, maka perempuan satu ini berprofesi sebagai sutradara. Dia adalah Nia Dinata yang ternyata merupakan cicit dari pahlawan Indonesia Otto Iskandar Dinata yang juga dikenal sebagai ‘Si Jalak Harupat’.

Otto memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Ia tercatat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Itulah 7 deretan selebriti yang merupakan keturunan pahlawan yang jasanya sangat berarti dan penting buat  kemerdekaan Indonesia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here