Kesibukan yang sangat padat terkadang membuat seseorang lupa akan pentingnya waktu untuk sendiri alias me time. Lebih parahnya lagi banyak orang yang beranggapan kalau me time jadi suatu aktivitas egois dan buang-buang waktu saja. Padahal meluangkan waktu untuk diri sendiri itu sangatlah penting. Oleh karena itu luangkanlah waktu kamu untuk diri kamu sendiri. 

Dikutip dari berbagai sumber, me time bukan hanya menghabiskan waktu untuk diri sendiri, melainkan kesadaran seseorang akan diri sendiri, pikiran dan tubuhnya. Lebih tepatnya me time adalah upaya sadar untuk meluangkan waktu yang sangat dibutuhkan untuk mengisi ulang  semangat dan gairah hidup seseorang. Dan me time dapat dihabiskan dengan berbagai cara yang berbeda oleh masing-masing orang.

Me time juga memiliki banyak manfaat. Diantaranya dapat membantu seseorang menghilangkan stress dan tingkatkan imunitas tubuh. Selain itu juga untuk perkembangan psikologis dan fisik. Pasalnya, gaya hidup serba cepat yang biasa kita lakukan, tidak disadari membuat kita stress  dan bisa berdampak buruk pada tubuh kita. 

Stres membuat orang susah tidur, menurunkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kreativitas, meningkatkan sensitivita dan  melelahkan. Tidak ingin hal ini terjadi? Luangkan waktu untuk me time lewat beberapa cara berikut ini: 

Foto Membaca. (Foto: Freepik)

1.Membaca

Dengan membaca buku yang disukai, bermeditasi/beribadah dan membaca Alquran bisa membuat kamu tenang dan terhindar dari peliknya pikiran disaat beraktifitas. 

Foto Jalan-jalan. (Foto: Freepik)

2.Jalan-jalan 

Selain itu dengan meluangkan waktu jalan-jalan sendiri juga bisa membuat kamu menikmati kesendirian kamu sambil menikmati apa yang kamu lihat selama aktifitas jalan-jalan kamu. Namun disaat pandemi ini cara me time sebaiknya dihindari dulu demi menjaga diri dari Covid-19. 

Foto Memanjakan diri dengan memijat atau spa. (Foto: Freepik)
  1. Memanjakan diri dengan memijat atau spa

Memanjakan diri juga hal yang paling tepat dilakukan saat momen me time, kamu bisa melepaskan segala penat selama kesibukan kamu. Dan saat pandemi seperti ini, kegiatan ini bisa dilakukan di rumah saja dulu tanpa harus ke salon kecantikan. 

Foto Melakukan hobi. (Foto: Freepik)
  1. Melakukan hobi 

Melakukan hobi juga bisa kamu lakukan saat me time. Dan hobi tersebut bisa kamu sesuaikan dengan masa pandemi saat ini. Misalnya hobi menonton drama korea, masak atau berkebun di rumah selama pandemi.

Semua kegiatan itu membuat seseorang keluar dari rutinitas kesibukan dan membantu untuk relaks, beberapa di antaranya bahkan membantu menghilangkan stres, secara fisik maupun mental menjadi lebih baik. Selain juga berujung kepada meningkatnya imunitas tubuh, salah satu faktor yang dibutuhkan dalam melawan virus Covid-19.

Dengan me time juga berarti seseorang peduli dan mengurus dirinya dengan baik, tidak akan mudah emosi atau diliputi emosi terus-menerus, baik di rumah ataupun di tempat kerja. Kemudian bisa membantu seseorang untuk membangun keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Sedangkan di dalam rumah, dapat mempererat hubungan keluarga dan membantu mengurangi tekanan stres. Namun yang terpenting selama me time kamu bisa mengoreksi diri, kekurangan apa yang  perlu perbaiki, baik di pekerjaan maupun di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here