Bintang FTV, Ridho Illahi akhirnya menghirup udara bebas usai dirinya dipenjara karena terjerat kasus narkotika. Ridho ditangkap di kediamannya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur pada 27 Juni 2020 lalu dan harus mendekam di penjara. Namun  pada 30 Juli 2021 lalu, Ridho yang sudah mendekam dipenjara selama setahun lebih itu akhirnya bebas. Ridho bebas dengan mendapat asimilasi, dan kini dirinya sudah bisa berkumpul lagi dengan keluarganya. 

Foto Ridho Illahi Arlinda Trisnawati Ibunda Ridho Illahi dan Putri Maya Rumanti Kuasa Hukum Ridho Illahi. (Foto: Dokumentasi)

Kebebasan dan kepulangan Ridho ini mengagetkan kuasa hukumnya, Putri Maya Rumanti dan juga ibunda Ridho, Arlinda Trisnawati.Pasalnya, Ridho bebas secara mendadak hingga membuat Ridho sendiri sempat merasa dirinya sedang dikerjai. Usai mengetahui ia mendapat asimilasi, Ridho pun bersyukur dan bahagia karena bisa kembali bersama sang bunda tercinta. Ridho juga tak lupa mengucapkan rasa terimakasihnya kepada menteri Hukum dan HAM untuk kebebasan asimilasi yang sudah diberikan kepadanya. 

 “Kita juga nggak nyangka Ridho bisa secepat ini keluar karena  kita pikir kemarin Ridho nggak bisa dapat  asimilasi karena udah beberapa kali kita mencoba. Kita pikir Ridho akan keluar di September atau Oktober, tapi kita juga  kaget buru-buru Ridho dapet asimilasi di tanggal 30 Juli dan Ridho juga  nggak  tau kalo dia dapat asimilasi. Habis solat Jumat, tidur dipanggil dan Alhamdulillah akhirnya kemaren tanggal  30 Juli bisa bebas,”ujar Putri Maya Rumanti (Kuasa Hukum Ridho Illahi). 

Aku sama, tiba-tiba  pas lagi tidur langsung dibangunin eh Ridho kamu mau pulang, akhirnya ke depan diterangin Ridho kamu dapat asimilasi. Berterimakasih  ke Menteri Hukum dan HAM yang sudah baik sama Ridho di rutan Salemba, terima kasih. Dan terima kasih banget juga buat mama  yang sudah berjuang selama ini, cukuplah ini  kesalahan pertama dan terakhir, nggak akan terulang lagi,”ungkap Ridho Illahi. 

Dengan terjerat kasus narkoba, Ridho banyak mengambil hikmah. Pria asal Minang, kelahiran 12 Oktober 1987 ini mengaku jadi tahu jatuh bangunnya kehidupan. Dan kini, ia sudah bangkit lagi, terlebih saat ini ia sudah bisa bersama dengan sang bunda lagi. Dengan sang bunda, Ridho merasa lebih yakin lagi menghadapi hari-hari kedepannya dengan lebih baik. 

“Sebenernya pas pertama kena kasus ini pas dibawa kaya mimpi sudah melakukan kesalahan dan harus bertanggung jawab ya harus ngejalanin. Alhamdulillah bersyukur karena Tuhan masih sayang karena di dalam mendapat banyak pelajaran,  apalagi tentang agama di Salemba itu, mungkin bacaan sholat yang  selama ini kita pikir bener nih ternyata banyak yang salah. Iya lebih banyak memperbaiki diri aja. Saya juga ngerasa itu titik terendah dalam hidup, tapi sekarang itu ngerasa kaya punya karakter baru yang lebih baik. Dan siap menghadapi hari demi hari lebih enteng dan aku jadi lebih deket sama mama, Alhamdulillah,”beber Ridho Illahi.

Sementara itu sang bunda sangat bahagia ketika anaknya bisa kembali lagi dalam pelukannya. Selama Ridho di penjara berbagai upaya dilakukannya agar sang anak bisa segera bebas. Jadi tak heran, jika Ridho bebas diluar dugaan, sang bunda merasa kaget sekaligus luar biasa senangnya. 

“Pasti seneng bahagia. Mama  kaget waktu Ridho ada telepon pinjem gitu, Ridho pulang mah, nggak  segampang itu Do. Mama memang berharap Ridho cepet bebas. Selama ini mama anggap Ridho lagi di pesantren, tapi namanya perasaan seorang ibu di dalem pasti tetap kepikiran,”ungkap Arlinda Trisnawati (Bunda Ridho Illahi). 

Meski begitu, Ridho masih harus diwajibkan menjalani wajib lapor dari asimilasi yang diperolehnya itu. Karena itu Ridho belum bisa pulang kampung ke Padang, Sumbar yang sudah lama dirindukannya. 

“Karena aku  bebas asmilasi, aku setiap bulan itu mesti wajib lapor. Sekarang  lagi PPKM juga karena aku asalnya  dari Padang, pengen sih ketemu sama keluarga ketemu nenek apalagi nenek sekarang udah tua banget dan sakit-sakitan. Aku pengin minta maaflah sama keluarga, cuma untuk saat ini belum bisa,”pungkas Ridho Illahi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here