Foto Elly Kasim. (Foto: Instagram.com/@ellykasim_ek)

Dunia hiburan kembali dirundung duka. Legenda penyanyi musik Minang, Elly Kasim meninggal dunia pada Rabu, 25 Agustus 2021 kemarin. Penyanyi senior yang kerap disapa bunda Elly menutup mata usai mendapat perawatan intensif di rumah sakit MMC di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan karena penyakit lambung yang telah lama dideritanya. Pihak keluarga pun tidak bisa melihat secara langsung kondisi Elly saat menjalani perawatan. Hal tersebut membuat putri pertama Elly Kasim, Risalina Mustika sempat tidak terima. Ia menolak kebijakan tersebut dan memohon bisa masuk untuk melihat ibunya secara langsung.

“Setengah empat sore kami janjian dengan dokter ICU. Karena yang seperti sudah-sudah kalau orang yang masuk ICU, hubungan kami hanya melalui WA,”ujar Risalina Mustika.

“Saya bilang saya tidak puas. Saya tidak terima hanya mendengar kabar tensi, suhu semua normal. Saya ingin tahu kondisi mama seperti apa,”sambung Risalina Mustika. 

Mendengar keluhan seperti itu, pihak rumah sakit pun akhirnya mengizinkan Risalina bisa melihat secara langsung Elly Kasim di ruang ICU.

Dalam keadaan tanpa menggunakan ventilator, penyanyi 76 tahun itu semakin tidak berdaya. Namun Risalina mengaku beruntung karena masih bisa menemani ibunya jelang ajalnya tiba.

Jenazah almarhumah dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden Karawang, Jawa Barat, Rabu siang kemarin. Sebelumnya, jenazah sempat disholatkan di masjid dekat rumahnya di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Nampak Gubernur Anies Baswedan datang di kediaman almarhumah untuk memberikan penghormatan terakhir pada bunda Elly yang dikenal sebagai salah satu warga Jakarta yang kerab memberikan masukan beragam persoalan yang dihadapi masyarakat ibukota. Diantara para pelayat tampak juga Dorce Gamalama.

“Masya Allah mengenal  pribadi yang  selalu peduli, saya banyak berinteraksi beberapa tahun terakhir ini. Diluar dari dunia seni dan film, dan lain-lain. Saya melihat beliau sebagai  orang yang peduli terhadap  masalah Jakarta, sering memberikan masukan dan menitipkan pesan dan salah satu warga yang  selalu perhatian pada Jakarta, itu yang saya rasakan,”kenang Anies Baswedan (Gubernur DKI). 

“Oh sering, terakhir komunikasi 3 hari lalu tapi belakangan ini nggak ada makanya saya curiga.  Saya tanya keluarganya, hanya dia bilang lagi tidur, eh ternyata dia di rumah sakit. Dia drop pasca sang suami meninggal dunia,”ungkap Dorce Gamalama. 

Kepergian pelantun lagu Minang  hits ‘Ayam Den Lapeh’ itu tentunya mengejutkan banyak pihak. Salahsatunya adalah Rizky Billar yang baru saja menggunakan jasa wedding organizer adat Minangkabau saat menggelar acara pengajian dan prosesi adat malam bainai beberapa waktu lalu jelang pernikahannya dengan Lesti. 

“Saat acara balacu pengajian siraman adat Minang, salah satu kerabat dan anaknya yang  ngurus acara. Bilang ke  manajemen bahwa bunda Elly Kasim dirawat, tapi mereka nggak nyampein ke saya takut keganggu fokusnya. Bunda Elly di ICU  selalu menyebut nama saya memikirkan acara saya, luar biasa profesional bunda Elly,  masih memikirkan projek yang dijalankannya. Saya berharap doa terbaik bunda Elly dan terimakasih sekali lagi dah terlibat ikut andil dalam  proses saya,”beber Rizky Billar.

Semasa hidupnya, Elly Kasim dikenal sebagai seniman dan budayawan Minang yang terus mengembangkan budaya adat Sumatera Barat  ke manca negara. Bunda Elly juga membangun wedding organizer untuk pernikahan adat Minang. Sebagian pejabat dan artis yang menikah dengan adat Minang banyak yang menggunakan jasanya. Dan pasangan Rizky Billar dan Lesti merupakan pasangan artis terakhir yang langsung ditangani oleh bunda Elly. 

“saya mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya, walalupun pertemuan kita sangat singkat, tapi banyak memori yang  tersimpan dan  kenangan bunda terpatri dalam  hati saya. Saya  berharap bunda mendapat tempat di Sisinya dan berpulang dalam  husnul Khotimah,” harap Rizky Billar.

“Saya sebagai bagian Elly Kasim ya dah kenal lama. Saya doakan amal ibadahnya lapangkan kuburnya. Selamat bertemu dengan suaminya tercinta, ya mudah-mudahan  kita yang ditinggalkan anak-anaknya bisa melanjutkan sanggar Minangnya,Amiin,”tandas Dolce Gamalama. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here