Hobi menyanyinya membuat dokter satu ini bertekad bulat untuk mengikuti ajang kompetisi Liga Dangdut Indonesia 2021. Tidak sia-sia ia pun membuktikan kalau hobi bernyanyi dangdutnya sejak kecil itu akhirnya  membuahkan hasil. Iqbal asal Sumatera Barat ini berhasil menjadi juara 1 mengalahkan duta dari 33 provinsi lainnya usai melalui perjuangan panjang selama lebih dari 6 bulan dalam ajang kompetisi LIDA. 

Diakui Iqbal, keberhasilannya ini diluar dugaannya, disebabkan ia merasa masih belum banyak menguasai genre musik. Dan hal ini membuat sang dokter ingin meningkatkan kemampuannya di dunia musik, khususnya musik dangdut. Itu semua demi meningkatkan kualitasnya di dunia hiburan yang kini mulai digelutinya sejak menjuarai LIDA 2021.

Foto Iqbal LIDA. (Foto: YouTube/Jakarta Showbiz)

“Saat itu jujur merasa gemeter dan deg-degan, Iqbal langsung istighfar dan alhamdulillah pujian dan bersyukur dapat rejeki. Saya bukan berjuang sendiri, tapi dengan para pendukung,”ujar Iqbal LIDA.  

“Iya sebenarnya Iqbal bukan siapa-siapa tanpa mereka, tetap menjaga pribadi Iqbal tidak boleh angkuh dan sombong. Iqbal berprinsip bahwa aksi yang diberikan oleh orang lain kepada kita tidak bisa kita control, tapi yang bisa kita control adalah reaksi kita, jadi Iqbal akan menerima masukan kritik dan harus jadi pacuan semangat berkarya dan menunjukkan kita pantas di dunia entertain ini. Haters lovers itu semua resiko menjadi seorang entertaint,”sambung Iqbal. 

Sebuah kesuksesan biasanya memang disertai dengan pengorbanan. Ini juga yang terjadi pada Iqbal. Pasalnya untuk bisa mengikuti ajang kompetisi dangdut terbesar di Indonesia ini, Iqbal harus mengorbankan program kedokteran yang dijalaninya. Sedangkan keinginan Iqbal untuk mengikuti LIDA rupanya telah ada sejak Iqbal terinsipirasi dari sosok Lesti yang kala itu menjuarai Dangdut Academy musim pertama tahun 2014. Namun kinginannya untuk ikut LIDA baru bisa terlaksana pada tahun 2021 ini.

“Alhamdulillah Iqbal bersyukur apa yang Iqbal korbankan setimpal menurut Iqbal dengan apa yang Iqbal raih sekarang. Sebelumnya, Iqbal S1 kedokteran dan sudah mendapatkan gelar sebagai dokter umum dari universitas Diponogoro tahun 2014. Tapi harus program intership dulu baru bisa praktek mandiri sebagai dokter praktek sebelum masuk LIDA  sedang program itu. Tapi akhirnya ijin dulu ikut Lida. Sekarang  udah ada titel dokter, tapi belum ada ijin praktek mandiri,”jelas Iqbal.  

“Jadi sebenarnya untuk ikut LIDA  2021 sejak DA 1 terinspirasi dari lesti jadi pengen ikut DA 2 tapi  saat itu semester 1. Diskusi  sama orang tua dan  kata orang tua selesaikan dulu pendidikan, nanti untuk hobi,”sambung  Iqbal. 

Kini, impian Iqbal untuk menjadi pedangdut tercapai sudah. Pedangdut kelahiran 24 Januari 1997 ini mengaku tetap ingin menyeimbangkan profesinya sebagai seorang dokter dan sebagai seorang penyanyi dangdut. Sebabnya, meski kini telah menjadi seorang penyanyi dangdut professional, namun banyak orang lebih suka memanggilnya dokter. Apalagi dalam waktu dekat Iqbal akan kembali melanjutkan program kedokterannya agar bisa melakukan praktek dokter secara mandiri nantinya.

“Iqbal harus tetap sadar jiwanya dokter tapi minat menyanyi juga kuat, jadi Iqbal ingin menyelaraskan keduanya dokter tetap hobi menyalurkan dan meningkatkannya kembali di dunia dangdut. Orang bilang kok bisa dokter menyanyi dangdut, sebenarnya Iqbal sejak kecil sudah suka nyanyi dangdut, tapi dikaruniai juga menjadi dokter.” tandas Iqbal. 

“Ada niat melanjutkan intership udah diskusi sama pihak indosiar jadi setahun fokus disini dulu, nanti selanjutnya melanjutkan intership,”lanjut Iqbal. 

Sementara itu keinginan Iqbal dalam jangka pendek ini diakui Iqbal ingin personal branding dulu, baik dari perform dan diberbagai platform media sosial. 

“Untuk jangka pendek ini Iqbal pengen personal branding dulu baik dari perform dan diberbagai platform media sosial, banyak belajar Untuk genre lain karena Iqbal ingin menguasai dangdut klasik dan rock. Mencari karakter Iqbal yang dipegang penggemar dan nantinya itu yang  Iqbal pake untuk eksis di dunia entertainment,”pungkas Iqbal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here