Baim Wong akhirnya lega karena oknum penipu yang mencatut namanya berhasil ditangkap polisi. Pada 7 September 2021 lalu, pihak Polda Metro Jaya berhasil menangkap komplotan penipu yang menggunakan nama Youtuber Baim Wong. 

Mereka ditangkap di sebuah daerah di Sulawesi Selatan. Dari sepuluh yang tertangkap terdapat dua orang perempuan. Komplotan penipu ini ditangkap karena sebelumnya ada laporan dari Baim Wong. 

Foto Baim Wong. (Foto: Dokumentasi)

“Alhamdulillah dah ketangkep karena dah dari  beberapa bulan lalu, Juli atau Juni sudah dilaporin dan prosesnya dah jalan dan ditangkap ada 10. Iya dah setahun, memang saya pribadi minta tolong ke Polda langsung. Alhamdulillah dah ketangkap dan dah rilis,”ujar Baim Wong.

Mengucap syukur Alhamdulillah karena pelaku yang mencatut namanya akhirnya tertangkap, Baim pun ingin hukum yang setimpal terhadap sang pelaku. Mengingat banyaknya masyarakat yang mengikuti undian berhadiah darinya yang melapor telah menjadi korban penipuan yang mengatas namakan Baim Wong. 

Foto Baim Wong dan Instagramnya. (Foto: Instagram.com/@paula_verhoeven)

“Aaah saya sendiri sebenarnya marah juga di Instagram, dah ngepost dan mereka masih ngirim semua orang. Setelah ditangkap ini seneng bangat dan hukuman lumayan dan barbuk juga ada soalnya kasihan yang ketipu. Nggak  jujur tapi pertanggung jawabkan yang  ditipu, jadi bukti dan saksi,”tandas Baim Wong.

Sejak ada kasus penipuan ini, Baim juga  mengaku namanya menjadi jelek karena banyak korban yang langsung menemuinya untuk meminta pertanggungjawaban.

“Dengan memakai kedok nama saya. Mereka sudah sangat meresahkan. Banyak dari mereka yang berhasil menipu, sedangkan saya belum bisa melakukan apa-apa.Nama saya pun terkadang jadi jelek  karena kebanyakan dari mereka yang kena tipu, minta secara langsung pertanggung jawaban saya,”ungkap Baim Wong. 

Sangat kesal Baim pun akan terus melanjutkan proses hukum hingga majelis hakim menjatuhkan vonis pada para tersangka yang sudah memanfaatkan namanya tersebut. Baim ungkapkan  bahwa para tersangka akan mendapat hukuman minimal empat tahun penjara.

“Kalo kamu jadi saya gimana (soal damai) ketika ada seperti itu mau damai atau tidak? Saya nggak tau 

semua tergantung hati kita aja, proses aja susah dijawab, nggak tau totalnya. Banyaklah karena udah setahun, meresahkan yang akhirnya saya melakukan ini capek juga. Dan akhirnya terimakasih pada Polda Metro Jaya, saya nggak bisa ngomong apa lagi,”beber Baim Wong. 

Kasus ini memang bukan pertama kalinya nama Baim Wong dipergunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menipu orang lain. Sebelumnya, pada Desember 2020 silam, Baik juga dikejutkan dengan penipuan yang melibatkan namanya dengan sang isteri, Paula Verhoeven.

Ketika itu dua orang anak muda asal Jakarta melakukan penipuan dengan cara menggunakan nama Indonesia Give Away Program yang memang dibuat oleh Baim Wong. Namun tanpa sengaja sang pelaku tertangkap oleh Polres Metro Jakarta Utara. 

Diketahui Baim memang adalah salah satu Youteber sukses Tanah Air yang kerap melakukan aksi sosial yang membuat dirinya dikenal sebagai artis yang murah hati dengan kepedulian sosial yang sangat tinggi. Namun sayang sikap Baim yang tauladan ini jadi banyak dimanfaatkan oleh orang yang ingin meraih keuntungan dengan memakai nama Baim Wong. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here