Sempat ungkap akan mengadukan orangtua Ayu Ting Ting ke polisi, orang tua Kartika Damayanti alias KD benar-benar membuktikannya. Orangtua KD  mengadukan  orangtua Ayu ke Polres Bojonegoro, Jawa Timur pada Kamis (9/9/2021).

Hal ini merupakan upaya hukum yang ditempuh orangtua dari hater Ayu atas perilaku tidak menyenangkan dari kedua orangtuanya, Abdul Rozak dan Umi Kalsum. Mengingat baru tahapan awal, maka ini baru pada tahap pengaduan, belum sampai pada pelaporan. 

Foto pengacara orangtua KD, Edi Prastio. (Foto: YouTube/Cumicumi)

“Kami (pengacara) mendampingi orangtua KD dalam kapasitas pengaduan masyarakat,”ujar pengacara orangtua KD, Edi Prastio.

“Ini adalah tahapan, awalnya pengaduan. nanti setelah digelar, dihadirkan beberapa saksi dan saksi ahli, setelah itu kepolisian berupaya melakukan mediasi, baru naik ke laporan,” sambung Edi Prastio. 

Dalam aduan tersebut, Edi Prastio menjerat orangtua Ayu Ting Ting dengan pasal berlapis. Dimulai pasal 27 ayat 3 UU UTE, pasal 310, 311 dan 335.

“335 terkait perbuatan tidak menyenangkan, 310 mengenai fitnah dan pencemaran nama baik, itu mirip 311. Pasal 27 terhadap penyebaran akses elektronik yang dilakukan orang lain,”jelas Edi Prastio.

Sejauh ini kepolisian pun telah menerima aduan orangtua KD terhadap Umi Kalsum dan Abdul Rozak. Nantinya, pihak berwajib yang akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait masalah tersebut.

“Pada  hakikatnya, Bripka Andi yang menerima klien kami menyatakan pengaduan diterima. Tindak lanjutnya akan dikonfirmasi tiga hari sampai seminggu,”tegas Edi Prastio.

Awalnya, orangtua KD akan melaporkan orangtua Ayu Ting Ting ke Polda Jawa Timur pada Senin (6/9/2021). Namun karena  orang tua KD yang tidak fit, mereka pun menundanya. Sampai akhirnya, diputuskan pengaduan itu dilakukan di Polres Bojonegoro.

“Karena klien kami tidak kuat perjalanan jauh. Setelah koordinasi dengan pihak Polda (Jawa Timur) bisa dibuat laporan ke Polres Bojonegoro, mengingat kesehatan dari pelapor,”ungkap  Edi Prastio.

Mengenai ancaman hukuman penjara, Edi tidak bisa memastikannya. Hanya merujuk pada masalah yang dilaporkan, orangtua Ayu Ting Ting bisa dipidana hingga lima tahun penjara. 

“Kalau kami, empat sampai lima tahun ancaman yang akan digunakan. Pasal 27 ayat 3 atau pasal 28 ayat 2 itu akan kami gunakan. Nanti biar didalami sama penyidik. Terkait perumusan pasal, biar nanti penyidik. Jadi setelah diterima, mereka yang akan menyampaikan,”tanda  Edi Prastio. 

Guna melengkapi pengaduannya yang sudah mulai masuk ranah hukum itu, Edi pun sudah menyiapkan saksi dan serta dokumentasi kedatangan orangtua Ayu Ting Ting saat ke rumah KD.

“Kami dari saksi-saksi, untuk ITEnya, dari YouTube, video terkait dengan media sosial,”pungkas Edi Prastio.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here