Pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut jangan dijadikan alasan bagi kita untuk tidak lagi melakukan aktifitas olahraga. Padahal satu sisi olahraga tetap dibutuhkan dalam menjaga kebugaran dan stamina kita supaya tetap fit. 

Sejak pandemi memang diakui membuat mobilitas masyarakat makin terbatas. Perubahan pola hidup di rumah saja memicu minimnya aktifitas fisik. Namun hal ini dibiarkan saja karena 

berkurannya aktifitas tidak hanya bisa menyebabkan risiko fisik, seperti terkena penyakit tidak menular, diantaranya hipertensi, stroke, diabetes. Tapi juga dapat berujung ke risiko kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, gangguan tidur, stres, depresi, bahkan trauma.

Untuk itu perilaku hidup sehat aktif dengan olahraga harus tetap dilakukan. Namun sebelum berolahraga perlu diperhatikan beberapa hal agar tetap bisa aman dan terhindar dari beberapa risiko kesehatan, seperti cedera. Menghindari hal tersebut, berikut 4 tips (dari berbagai sumber) yang bisa kamu lakukan: 

1.Dimulai dari aktivitas ringan

Bagi mereka yang belum terbiasa berolahraga pun disarankan untuk mulai dari aktifitas ringan. Selain itu lakukan fisik sesuai rekomendasi berdasarkan usia. Sebab tiap usia berbeda jenis olahraganya. Dan bagi  yang berusia di atas 45 tahun dan belum terbiasa melakukan latihan fisik, disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

2.Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Meski dilakukan dirumah, pemanasan tetap penting dilakukan guna mengurangi risiko cedera yang parah. Cedera olahraga seperti kram otot diakibatkan karena tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga kemungkinan besar bisa terjadi. 

3.Latihan secara bertahap

Olahraga yang baik dilakukan dengan intensitas terukur. Ini bisa dilihat dari apabila kamu masih bicara dan bernyanyi saat olahraga berarti itu masuk  intensitas olahraga ringan. Apabila bisa bicara, tapi tak dapat bernyanyi berarti intesitas olahraga sedang. Dan apabila sulit bicara berarti intensitas olahraga berat. 

  1. Lakukan secara teratur

Olahraga yang baik adalah dilakukan secara teratur. Adapun durasi olahraga dengan intensitas bisa dilakukan 3-5 kali seminggu selama 150-300 menit. Dan jika sudah terbiasa dapat dinaikan menjadi 75-150 menit per minggu dengan intensitas berat.

Itulah 4 tips yang bisa kamu lakukan supaya tetap aman melakukan aktifitas di rumah saja. Sementara itu jenis olahraga ringan tanpa peralatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah,diantaranya seperti berjalan, berlari, naik turun tangga, melompat atau bersepeda bagi kamu yang memilki perkarangan rumah yang cukup luas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here