Pesinetron Yuyun Sukawati ungkap rasa kecewanya saat mengetahui sang suami, Fajar Umbara peroleh vonis 2 tahun penjara. Aktor laga itu juga mendapat denda Rp100 juta atas kasus penganiayaan terhadap putra sambungnya yang masih berusia 14 tahun. 

Vonis dibacakan oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Tangerang, Senin 13 September 2021 lalu. Saat itu Yuyun pun langsung lemas dan sangat kecewa karena vonis itu jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa. 

Fajar Umbara dituntut Jaksa selama 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp100 juta subsider 5 bulan terkait kasus dugaan penganiayaan anak di bawah umur karena laporan Yuyun. Pesinetron senior ini tak terima anaknya dipukul dan dianiaya oleh Fajar. 

Foto Yuyun Sukmawati. (Foto: Dokumentasi)

“Tadi saya dengar di persidangan. Kenapa  hasil psikolog anak saya tidak  dibacakan. Apakah berkasnya sudah diberikan semua kepada yang mulia hakim. Itu yang ingin saya pertanyakan karena anak saya ini kena psikisnya,”ujar Yuyun Sukmawati usai sidang. 

“Anak saya itu pada malam di dalam apartemen, itu kalo tidur dia sampe takut sampai pisau-pisau diamankan. Pisau sampai ditaro di kolong tempat tidur karena takut,”sambung Yuyun Sukmawati. 

Bintang sinetron Jin dan Jun itu menilai Fajar Umbara seharusnya dihukum lebih berat, mengingat dampak psikis yang dialami putranya. Pasalnya, sejak menikah 2019 silam, Yuyun mengaku kerap mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), seperti dicekek, diludahi, dilempar, hingga diseret ke luar rumah. Hal tersebut membuat Yuyun mantap melaporkan sang suami ke polisi atas kasus dugaan KDRT di polres Cirebon, Jawa Barat.

Bukan hanya dirinya, anak dari laki-laki dari pernikahan sebelumnya juga ikut jadi korban kekerasan. Untuk ini Yuyun melaporkan kasus itu ke Polsek Pondok Aren, Tangerang. Namun dilimpahkan penyidikannya ke Polres Tangerang Selatan. 

“Saya seorang ibu. Saya melahirkan anak saya dengan  perjuangan hidup dan mati. Dan kami hanya berdua, saya dengan  anak saya. Dan kami mohon bantuan sama Yang Maha Kuasa, bagaimana keadilannya. Kalo dia  anak yang  di bawah umur aja seperti ini. Bagaimana rasanya, kita aja nggak pernah mukul, eh dipukul orang lain. Sampai titik darah penghabisan saya akan bela anak saya, saya cuma minta keadilan,”tandas Yuyun Sukawati.

“Ini  buat saya belum adil karena melihat apa yang  dilakukan Fajar selama 2 tahun  terhadap saya. Berharap anak saya bukan hanya sekali ini, sudah berulang kali. Penekanan psikis, penekanan fisik, ancaman juga. Udah saya  ajukan ancaman-ancaman. Kata-kata dari Fajar  yang tidak baik ke anak saya sudah saya lampirkan semua ke jaksa penuntut umum. Apakah itu diberikan semua? kepada yang mulia hakim? kenapa tidak dibacakan? itu saya kecewa,”tandas Yuyun Sukawati lebih lanjut. 

Disisi lain, pihak Fajar Umbara belum bisa menentukan sikap. Kuasa hukumnya, Boy Sulimas menyebut kliennya masih memiliki waktu 7 hari untuk mengajukan banding atau tidak banding. Namun bagi mereka 2 tahun itu terlalu berat buat Fajar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here