Masyakarat Dunia antusias dengan digelarnya Piala Dunia 2022 pada 20 November 2022 lalu yang berlangsung di Qatar. Bisa dimaklumi dikarenakan perhelatan sepak bola akbar ini hanya digelar setiap 4 tahun sekali.

Karena itu berbagai aktivitas pun digelar untuk mendukung Piala Dunia 2022, seperti menghias lingkungan sekitar dengan bendera 32 negara yang menjadi peserta Piala Dunia 2022 hingga menggelar pawai dengan mengenakan atribut negara yang didukung.

Gilang Dirga
Gilang Dirga. (Foto: Dokumentasi)

“Wah piala dunia kali ini bener-bener pesta seluruh dunia, bahkan yang nggak suka bola aja jadi ikut nonton bola karena memang euphorianya seluar biasa itu. Dan  kalo liat dari gua bawain acara yang mungkin skupnya lebih kecil itu aja udah luar biasa semangatnya, apalagi yang bisa nonton disana langsung, jadi ini piala dunia 2022 ini bakal jadi sesuatu yang besar sih,”ungkap Gilang Dirga, presenter.

Ben Kasyafani. (Foto: Dokumentasi)

“Wah seru terus juga kan sekarang lebih terasa sedikit kalo dulu lebih berasanya pada saat kita dikomplek atau mungkin banyak nobar ke mall. Kalo sekarang kerasanya kan di hp kita rame semua orang ngomongin sepak bola, ya kita senanglah terutama buat cewek-cewek  juga yang mungkin nggak terlalu suka sepak bola kan jadinya ikut nobar ikut ngerasain juga,”ujar Ben Kasyafani, pesinetron.

Namun ditengah euphoria para supporter dari berbagai negara tersebut, aksi supporter asal Jepang juga membuat kagum. Para supporter asal Jepang tampak tengah membersihkan tribun stadion usai pertandingan pembuka digelar.

Meski saat itu bukan Jepang yang sedang bertanding melainkan Qatar melawan Ekuador, namun tak menyurutkan semangat para supporter Jepang untuk tetap melakukan aksi sosial tersebut.

Aksi Suporter Jepang yang menuai Kagum Hingga Wasit Wanita di Piala Dunia 2022. (Foto: TikTok/@tootsespinosa)

Aksi sosial yang dilakukan para supporter Jepang tersebut sontak saja menarik perhatian orang sekitarnya yang berada di stadion, termasuk warga Qatar sendiri. Tampak salah satu warga Qatar menunjukkan rasa salut dan hormatnya terhadap supporter asal Jepang dengan menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada para supporter tersebut.

Tampak pula salah satu warga Indonesia yang turut menunjukkan rasa salutnya terhadap aksi suporter asal Jepang tersebut.

Tak hanya euforianya yang semakin terasa dan juga aksi para supporter yang luar biasa, hal berbeda juga disuguhkan dalam Piala Dunia 2022 yang kali ini dengan melibatkan wasit wanita untuk memimpin pertandingan.

Dari 36 wasit utama dan 69 asisten wasit terdapat 3 wasit wanita, yakni Stephanie Frappart asal Perancis, Salima Mukansanga asal Rwanda dan Yoshimi Yamashita asal Jepang, serta 3 asisten wasit wanita, yakni Neuza Back asal Brazil, Karen Diaz Medina asal Meksiko dan Kathryn Nesbitt asal Amerika Serikat.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu daya tarik di Piala Dunia 2022 kali ini karena  untuk pertama kalinya dalam sejarah wasit wanita dilibatkan perhelatan Piala Dunia.

“Mungkin ini keputusan yang baik karena sepak bola sekarang kan ramenya nggak  cuma di laki-laki,  tapi perempuan juga. Bahkan  juga banyak cewek-cewek  yang udah main kan,  jadi kesetaraan gender juga, mungkin lagi diusung di piala dunia 2022 kali ini ya ini kayaknya pertanda baiklah untuk perjalanan sepak bola kedepannya,”tandas Gilang Dirga.

Sementara itu, Qatar disebut sebagai negara Islam pertama yang menjadi tuan rumah pesta sepakbola dunia atau Piala Dunia. Sebab itu pula, Qatar memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang mempromosikan Islam di mata dunia.

Sejumlah cara yang dilakukan Qatar untuk menyelipkan nilai-nilai Islam melalui perhelatan akbar olahraga tersebut. Mulai dari upacara pembukaan yang melibatkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an hingga memperdengarkan kumandang azan di stadion.

Pembukaan Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium pada Minggu (20/11/2022) turut disemarakkan dengan lantunan potongan ayat suci Al-Qur’an, khususnya surat Al Hujurat ayat 13. Lantunan tersebut dibawakan oleh seorang YouTuber asal Qatar bernama Ghanim Al Muftah yang didampingi oleh aktor asal Amerika Serikat Morgan Freeman.

Ghanim dan Freeman menampilkan teatrikal tentang potongan firman Allah SWT tersebut yang menyoroti tentang kesetaraan derajat manusia di mataNya.

Qatar juga menyuguhi mural-mural hadits yang dipasang di sejumlah titik strategis Doha. Seakan menyambut para tamu undangan negara lain, Qatar mempromosikan Islam lewat hadits-hadits Rasulullah SAW yang berisikan pengingat amal kebaikan.

Sejumlah hotel di Doha juga didesain khusus untuk memasang barcode di kamar pengunjung. Menurut Aljazeera, barcode tersebut ditujukan sebagai media untuk memperkenalkan Islam yang ditampilkan dalam banyak bahasa.

Qatar juga melarang aksi menenggak alkohol tersebut di semua stadion Piala Dunia Qatar. Meski demikian, FIFA melakukan lobi khusus kepada Panitia Piala Dunia 2022 untuk mengakomodasi para suporter yang datang dari negara-negara seperti Eropa dan Amerika Latin.

Karena itu alkohol hanya akan dijual di zona suporter, seperti FIFA Fan Festival berkapasitas 40.000 yang ada sebuah pusat Doha, Taman Al Bidda. Tak seperti  Piala Dunia yang sudah-sudah, bir tak akan disediakan sepanjang hari, namun hanya dijual di waktu-waktu yang sudah ditetapkan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here