Memasuki hari ke-20 bulan Ramadan umat muslim yang tengah melaksakan ibadah puasa kini mulai mempersiapkan diri untuk menyambut malam Lailatul Qadar yang diperingati pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Meski terjadi banyak perbedaan pendapat dari sejumlah ulama perihal kapan waktu yang tepat datangnya malam Lailatul Qadar, namun para ulama meyakini malam Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil di bulan Ramadan yang dimulai pada 21 Ramadan, seperti yang dirangkum oleh Imam Ibnu Hajar Al-Atsqalani dari 45 pendapat terkait malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar sendiri disebut sebagai malam yang indah penuh kemuliaan karena merupakan malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, dimana di dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bahkan umat muslim yang melakukan kebaikan pada malam Lailatul Qadar dianggap telah mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83 hingga 84 tahun.

Perihal keistimewaan lainnya malam Lailatul Qadar itu  dapat dijumpai pada Surah Al-Qadar,  yang merupakan surah ke-97 dalam Al-Qur’an.

“Pengertian malam Lailatul Qadar yaitu malam yang mulia dari 1000 bulan atau kurang lebih 83 tahun dosa akan diampuni. Malam Lailatul Qadar itu biasanya datang 10 hari terakhir di bulan puasa di malam malam ganjil yaitu 21, 23, 25, 27 dan 29 akan tetapi bisa juga malam Lailatul Qadar akan datang di malam genap 10 hari menjelang akhir Ramadhan,”ungkap Ustad Rahmat Supriatna, pendakwah. 

Diungkap oleh aktor, Alifie Alfandi sungguh beruntung mereka yang memperoleh malam Lailatul Qadar karena kenikmatan yang luar biasa dan berarti juga telah mendapat kemuliaan dari Allah. 

Foto dok Instagram/Alfie Alfandi

“Ya itu terjadi setiap malam ganjil, Allahualam. Misalnya, malam ini, itu nggak tau. Ulama lama berpendapat (10 hari terakhir ramadhan). Bagi yang  memburu malam itu akan menerima tawakal. Nanti kalo dikasi tahu nanti hari ini biasa aja, di hari lain nggak munajat. Kalau untuk mendapatkan malam ini akan diturunkan malaikat Jibril. Wah kenikmatan luar biasa. Kemuliaan akan diterima orang tersebut sampai fajar,”beber Alfie Alfandi. 

Merupakan malam yang istimewa tentu saja umat muslim di seluruh dunia berharap bisa mendapatkan ataupun berjumpa dengan malam Lailatul Qadar tersebut. Malam yang memiliki tanda-tanda tersendiri, termasuk Alfie Alfandi sendiri. 

“Adapun tanda tanda datang nya Lailatul Qadar dan dijelaskan dalam Alquran yaitu kondisi alam itu tenang dan sunyi.  Aplikasi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam meraih Lailatul Qadar yaitu memperbanyak ibadah dan amalan di bulan yang mulia ini,”terang Ustad Rahmat Supriatna. 

Foto dok Instagram/Alfie Alfandi

“Wah pastinya banyak yang mengidamkan bisa memperoleh malam mulia tersebut, saya rasa semua umat muslim, ya termasuk saya. Karena mereka yang memperoleh mala Lailatul Qadar adalah mereka orang-orang pilihan dari Allah,”tandas Alfie Alfandi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here