Foto dok Instagram/Daun Mint yang Menyegarkan dengan Beragam Khasiatnya

Daun mint sudah familiar ditelinga banyak orang karena daun satu ini dapat ditemukan dalam beragam penyajian. Mulai dari minuman, campuran masakan hingga dalam bentuk minyak esensial. 

Hal itu disebabkan daun mint punya kandungan nutrisi yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh. 

Daun mint atau peppermint memiliki nama latin Mentha piperita ini merupakan tanaman yang banyak orang manfaatkan menjadi obat tradisional. Itulah sebabnya, banyak produk sehari-hari yang memanfaatkan daun satu ini. Sebut saja, permen karet, penyegar nafas, pasta gigi, obat kumur, hingga minyak angin menggunakan daun mint sebagai bahan utamanya. Alasannya, daun mint punya khasiat dalam menghilangkan bau mulut (halistosis). 

Selain itu, penelitian juga menunjukkan beberapa potensi daun mint bagi kesehatan, antara lain bisa meredakan sakit kepala. Dimana minyak esensial dengan ekstrak daun mint bisa jadi pilihan dalam meredakan sakit kepala kamu.

Studi tahun 2016 oleh Heinze dan peneliti dari Berlin  menunjukkan bahwa penggunaan minyak esensial daun mint sama khasiatnya dengan parasetamol dalam meredakan sakit kepala.

Lalu bisa meredakan gejala PMS. Saat menstruasi, banyak wanita yang mengalami gejala sindrom prahaid. PMS, salah satunya kram perut. Kondisi ini terjadi karena ada otot-otot di sekitar rahim yang berkontraksi. 

Dan menurut penelitian pada jurnal Iranian journal of nursing and midwifery research, peppermint dapat membantu meredakan kejang otot di usus besar yang bisa membantu meredakan kram saat menstruasi. Caranya, bisa dengan minum teh atau ekstrak daun mint selama 3 hari sejak awal menstruasi.

Selanjutnya, bisa meningkatkan fungi dan kesehatan otak. Minyak esensial daun mint  dapat meningkatkan konsentrasi, mempertajam daya ingat, dan meningkatkan kecepatan proses tugas otak pada orang yang menghirupnya. 

 Disamping itu, khasiat minyak esensial dari daun mint juga bisa  membantu meredakan stres dan kecemasan. Menghirup minyak daun mint menciptakan ketenangan pikiran sehingga dapat membantu suasana hati menjadi lebih baik.

 Tak hanya itu, bisa juga membantu tidur lebih nyenyak. Dengan manfaat dari daun mint, kemungkinan mereka yang susah tidur dapat tidur dengan nyenyak. Kamu bisa mandapatkan manfaatnya dengan minum teh daun mint ini sebelum tidur.

 Jadi manfaat daun mint bisa kamu  dapatkan lewat mengonsumsi daunnya secara langsung atau menggunakan ekstrak minyaknya saja. 

Jika ingin menkonsumsi daun mint, pilihlah daun mint mana yang bagus dan layak konsumsi, yaitu  daun yang permukaannya berwarna hijau cerah dan tidak bernoda. Agar awet, simpan daun mint ke dalam kantong plastik atau wadah plastik dalam lemari es.

Jadi, dengan mengkonsumsi daun mint yang segar, kamu sudah bisa mendapatkan beragam manfaat daun  mint untuk kesehatan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here