Foto dok Instagram/Tissa Biani masih merasakan duka mendalam sang Ayah, Bobby Begjo Warasno baru saja meninggal dunia

Tissa Biani masih merasakan duka mendalam. Sang Ayah, Bobby Begjo Warasno baru saja meninggal dunia diusianya yang ke-55 tahun pada Minggu, 2 April 2023 lalu. 

Sang ayah menghembuskan napas terakhirnya saat tengah menjalani perawatan di rumah selama dua minggu  akibat kesehatan jantungnya yang menurun. Namun setelah dua minggu menjalani perawatan, sang ayah berpulang saat ibunda Tissa membangunkan suaminya tersebut untuk salat Subuh. Bahkan Tissa sempat mengira jika sang ayah hanya sekadar pingsan. 

Foto dok Instagram/Tissa Biani

“Serangan jantung jadi meninggalnya sepertinya pada saat sedang tidur. Jadi mendadak dan emang 2 minggu ini lagi sakit jantungnya lagi bermasalah. Dirawat ke rumah sakit sih nggak karena memang penyakitnya tidak terlalu parah, jadi nggak ada kepikiran untuk  dirawat, paling pengobatan ya ada suster rutin yang datang ke rumah bukan yang harus diwajibkan nginap di rumah sakit,”ungkap Tissa Biani. 

“Ada mama karena mama kan tidurnya bareng papa kalo aku kan sama kakak berdua. Jadi yang pertama kali tau papa meninggal tuh berarti mama. Dibangunin tiba-tiba kok nggak gerak-gerak  karena mau bangunin sholat Subuh apa yah kalo nggak  salah cuma nggak gerak-gerak terus kayak kok nggak  napas yah. Jadi lagi telungkup gitu, pas dibalik udah pucat matanya, udah selayaknya orang meninggal lah gitu,”sambung Tissa Biani. 

Setelah sholat subuh jam 5 setengah 6 lah, dimakamkannya jam 10 setelah dimandikan langsung dimakamkan, bukan dipercepat tapi katanya umat muslim setelah dimandikan lebih baik langsung dimakamkan. Dan nggak ada yang ditunggu, kebetulan keluarga papa juga jauh-jauh  rumahnya jadi mereka mempersilakan untuk kalo mau dimakamkan langsung aja dimakamkan. Dimakamkan didekat rumah di Depok di makam keluarga,”tambah Tissa Biani. 

Foto dok Instagram/Kesedihan semakin dirasakan Tissa Biani karena  sang ayah berpulang di saat bulan Ramadan

Kesedihan semakin dirasakan Tissa Biani karena  sang ayah berpulang di saat bulan Ramadan. Dimana untuk pertama kalinya Tissa Biani harus menjalani Ramadan dan lebaran tanpa kehadiran sang ayah. Tissa Biani  pun mengaku tak menyangka jika obrolan Subuhnya dengan ayahnya di waktu Sahur menjadi obrolan terakhir bagi keduanya.

“Alhamdulilah ada kesempatan pulang kerja dari Palangkaraya, aku sempat ngobrol juga sama papa di meja makan eh tiba-tiba Subuhnya setelah Sahur ngeluh sakit dada meninggal dan tiba-tiba. Sahur bareng sih nggak karena memang kan dia tidak diwajibkan sama dokter untuk berpuasa, jadi memang dia tidak sahur, tapi mengikuti sahur kayak ikut bangun juga ngobrol-ngobrol  juga gitu. Tapi kalo puasa lagi nggak gitu cuma Subuh sempat bangun juga, nah meninggalnya setelah subuh,”beber Tissa Biani. 

“Obrolan terakhir pada saat di meja makan memang karena kita orangnya udah kayak teman jadi bukan hubungan kayak ayah dan anak kita jarang ngobrol deep talk gitu, apa kayak petuah-petuah  antara bapak dan anak kita lebih ke sehari-hari,  gimana syutingnya gitu terus kayak ngobrolan di meja makan aja sih,”sambung Tissa Biani.

Meski sedih, namun Tissa Biani berusaha iklas menerima apa yang sudah ditakdirkan Tuhan, termasuk harus kehilangan sang ayah. 

“Lebaran tanpa papa memang ini harus dijalankan karena aku percaya apa yang udah ditakdirkan sama Tuhan. Ini yang terbaik gitu, jadi pasti ada hikmahnya lah papa meninggal pasti ada hikmahnya diganti dengan apa,”tegas Tissa Biani. 

“Jadi aku lebih ke berserah aja gitu apa yang Allah kasih. Moment lebaran ya pastinya kumpul keluarga cuma kan yang sudah terjadi biarlah terjadi, jadi kayak ya paling itu cuma bisa jadi memori-memori yang akan aku selalu diingat terus, tapi kan tidak mungkin terjadi kedua kalinya dan aku juga harus tegar karena cuma berdua aja aku sama kakak di dalam kelurga inti ini, jadi ya harus dikuatkan mamanya dan saling menguatkan,”lanjut Tissa Biani. 

Tampak tegar dengan kepergian sang ayah, Tissa Biani pun mengaku harus tetap kembali menjalani syuting.

“Alhamdulillah tegar karena kan tinggal bertiga nih aku, kakak, mama dan cewek semua kan papa tuh cowok satu-satunya. Ya selain om dan teman-teman aku mungkin yah, tapi mereka menjadi penguatku juga sih karena aku nggak  bisa ngandalin orang. Jadi lebih baik kita menguatkan diri sendiri dan juga yang paling terdekat mama harus disupport. Dan besok udah ngambil syuting emang udah schedulenya, mama juga bilang kelarin kewajiban dulu,”beber Tissa Biani. 

“Yang menguatkan banyak Alhamdulillah teman-teman  tadi pagi datang semuanya aku juga nggak nyangka. Pagi-pagi  terus keluarga om dan tante terus temannya papa mama kalo pacar memang lagi syuting di luar kota. Cuma insya Allah malam balik, jadi semuanya  pada mau datang sih,”pungkas Tissa Biani. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here