Hotel Posto Dormire salah hotel unik yang ada di Ibu Kota Jakarta. Hotel ini berada persis di Jalan Dr. Susilo Raya, No.3, RT.1/RW.3, Grogol petamburan, Jakarta Barat.

Selain berada ditengah kota dan strategis, hotel Posto Dormire juga memiliki ciri khas yang membuatnya mudah dikenal dan tentunya banyak yang penasaran akan hotel unik satu ini. 

Foto dok/konsep hotel, yaitu industrial modern dekornya didominasi dengan unsur kayu dan juga tanaman hias hijau

Keunikannya tersebut disesuaikan dengan konsep hotel, yaitu industrial modern. Dimana untuk dekornya didominasi dengan unsur kayu dan juga tanaman hias hijau yang membuat hotel ini menyatu dengan alam dan terasa sangat nyaman dan asri. 

Foto dok/Bapak Willy Oktavia,Front Office Manager

“Untuk hotel Posto Dormire sendiri kita berdiri pada tahun 2018, diawal bulan Juni kita sudah mulai running sampai sekarang kurang lebih sudah berjalan 5 tahun dan kita memiliki konsep industrial modern,”ungkap Willy Oktavia,Front Office Manager. 

“Untuk industrial modern itu seperti konsep intagramable serta kita adakan berbagai macam barang museum yang dari tahun ke tahun akan kita kelola, dan akan menjadi bagian dari hotel itu sendiri,”sambung Willy Oktavia. 

Jadi tak heran jika  ornamen-ornamen yang ada dihotel ini dilengkapi dengan benda-benda antik yang memiliki sejarah. Seperti di lobi, banyak dipajang  barang-barang lama yang unik. 

Tak hanya sekedar memajangnya saja, benda-benda antik tersebut juga disertai dengan keterangan sejarahnya. Jadi, tak heran jika banyak orang yang juga menyebut hotel ini sebagai museum hotel. 

“Untuk menarik minat pelanggan aja dan supaya kita memberitahu agar pelanggan yang ada dihotel bisa mengenal sejarah dari museum yang sudah ada serta barang-barang  lama kita.  Untuk mengenalkan sejarah yang ada di Indonesia serta menambah wawasan secara milenial,”jelas Willy Oktavia.

“Kurang lebih sebelum opening kurang lebih satu hingga dua tahun kedepan untuk mengumpulkan projek seperti ini. Lumayan sulit ya pasti. Tapi kita ada salah satu tempat didaerah Jakarta juga disebut pasar modern yang mengumpulkan dan menjual khusus barang-barang antik tersebut dan kita mengelolanya,”sambung Willy Oktavia.

Foto dok /tampak bagian resepsionis terdapat  meja kayu dengan background koper-koper tua yang antik tersusun rapi
Foto dok/beberapa sofa yang juga unik disertai dengan ornament unik, seperti timbangan naga

Memasuki hotel, tampak bagian resepsionis terdapat  meja kayu dengan background koper-koper tua yang antik tersusun rapi. Sedangkan pada lobinya terdapat beberapa sofa yang juga unik disertai dengan ornament unik, seperti timbangan naga,  kotak peti dan  telepon jadul yang  antik.

Lalu ada  juga Kamera Studio Antik ‘Astoria’ Jepang dengan keterangannya bahwa kamera ini diperkirakan diproduksi pada akhir tahun 1800 s/d awal 1900-an. Kamera ini biasa digunakan didalam studio. Kamera terbuat dari bahan kayu dengan komponen pendukung berbahan kuningan dan besi. 

Foto dok/resepsionis terpampang juga beberapa penghargaan

Tak jauh dari resepsionis terpampang juga beberapa penghargaan, diantaranya dari Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai The First Hotel With Vertical Transparent Swimming Pool yang diberikan pada 30 Agustus 2019.

Foto dok/Hotel Posto Dormire terdapat pada kolam renang gantung yang berada dilantai 3 hotel

Hal ini membuktikan kalau Hotel Posto Dormire memang berhasil dengan kesan unik yang ditampilkannya. Dimana poin unik lainnya terdapat pada kolam renang gantung yang berada dilantai 3 hotel, tapi bisa dilihat dari lobi hotel. Jadi, memang unik karena ada kolam renang transparan di langit-langit lobi.

Foto dok/hotel Posto Dormire memiliki tema cukup unik serta memiliki rooftop skyber yang sangat instagramable banget untuk kita promosiin ke mileneal atau para tamu

“Keunggulan dari kita memiliki salah satu kolam renang transparan satu-satunya di Indonesia dan tercatat dalam rekor MURI, itu jadi nilai plus di hotel kita dan memiliki tema cukup unik serta memiliki rooftop skyber yang sangat instagramable banget untuk kita promosiin ke mileneal atau para tamu,”tandas Willy Oktavia.

Menuju kamar hotel juga ada yang menarik, yaitu dilorong-lorongnya terdapat poster mengenai benda antik berikut keterangan sejarahnya. Sedangkan untuk tipe kamarnya sendiri ada beberapa, yaitu tipe deluxe room, superior, weet room, executive sweet room dan president sweet room. 

Foto dok/kamar superior memiliki total 80 kamar

“Kita memiliki total 80 kamar, untuk tipe terendah ada kamar superior, diatasanya deluxe lalu ada sweet room, lalu diatasnya ada executive sweet room dan president sweet room. Untuk harganya derange harga 500.000 sudah termasuk breakfast dan untuk Ramadhan, breakfast diganti dengan sahur,”beber Willy Oktavia. 

“President dan executive sweet harga kisaran 850.000 hingga 1.200.000,- dan kita punya satu kamar yang sangat comfortable untuk keluarga kita. Jadi satu kamar bisa ditempati untuk 4 orang, itu untuk kamar president sweet, sudah all in sudah nett mendapatkan breakfast serta kamarnya menggunakan ranjang 200×200, untuk panjang bed 400×400 dan untuk kamar sudah ada bathtup juga,”lanjut Willy Octavia. 

Lebih lanjut, Willy Oktavia juga memberikan dampak bulan Ramadan dan juga perkembangan pengunjung disetiap weekendnya. 

Foto dok/kamar sweet room dan executive room kita sering laku di weekend

“Untuk Ramadan kali ini untuk okupansi hotel sendiri mengalami penurunan, tapi tidak terlalu riskan, namun kita mempunyai revenue yang lebih di event. Untuk pengunjung weekend di hari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu kita pastikan kamar kita selalu penuh. Dan kamar sering terpakai di kamar deluxe karena mempunyai 1 bed besar, dan kamarnya ada smooking dan no smooking. Serta untuk sweet room dan executive room kita sering laku di weekend,”terang Willy Octavia. 

“Untuk fasilitas selain ada kamar, ada kolam renang, gym, restaurant dan kita ada meeting room, ada rooftop skyber yang beroperasional dari jam 4 sore sampai 12 malam, kita punya rooftop indoor juga. Jadi saya pribadi berharap semoga Posto Dormire hotel makin berkembang, dan terus memberikan pelayanan terbaik untuk customer kita. Untuk itu, kami akan berusaha untuk memberikan service yang memuaskan,”harap Willy Octavia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here