5 Bakso 'Sultan' Termahal di Jakarta
Inilah 5 Bakso ‘Sultan’ Termahal di Jakarta. (Foto: iStock)

Saat cuaca mendung dan udara dingin, paling enakmemang menyantap bakso yang gurih dan hangat. Penjual bakso pun mudah ditemukan di berbagai tempat. Umumnya mereka menawarkan harga murah meriah, mulai dari Rp15 ribu saja.

Namun beberapa tempat makan bakso terkenal premium karena harga yang dipatok lebih mahal. Bakso ini juga ditawarkan di rumah makan atau restoran yang lebih nyaman.

Mahalnya bakso ini diiringi dengan kualitas dan rasanya yang juga maksimal. Tak heran kalau banyak orang tidak mempermasalahkan mahalnya harga bakso ini.

Jika biasanya bakso harganya berkisar di angka Rp 20.000, nerbeda dengan bakso kelas ‘sultan’ ini. Harganya bahkan mencapai Rp 240 ribu per porsi.

Bakso termasuk ke dalam jajanan kaki lima yang paling mudah ditemui di Indonesia. Tak hanya di kota besar, bahkan di desa pun banyak penjual bakso keliling atau bakso yang masih dipikul.

Meski terkenal sebagai jajanan kaki lima, tapi bakso sudah menjadi makanan universal yang digemari semua kalangan. Karenanya bakso juga sering muncul di menu restoran hingga hotel mewah.

Di Jakarta sendiri, ada lima tempat yang menjual bakso dengan harga paling mahal. Kisarannya mencapai Rp 240 ribu per porsi.

Berikut lima rekomendasi bakso kelas ‘sultan’ yang memiliki harga mahal di Jakarta.

1. Asia

Di Asia Restaurant, Hotel The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, kamu bisa menemukan menu bakso yang bisa dibilang paling mahal di Jakarta. Harga seporsinya bukan lagi Rp 100 ribu,melainkan Rp 240 ribu!

Menu bakso ‘sultan’ ini terdiri dari butiran bakso sapi homemade. Disajikan dengan kuah kaldu sapi yang ditambah rempah.

Kemudian seporsi bakso ini dilengkapi dengan bihun, kerupuk pangsit, sayur caisim dan sambal ala bakso kampung yang masih tradisional.

2. Signatures Restaurant

Terletak di Hotel Indonesia Kempinski, Sigantures Restaurant menawarkan pengalaman bersantap makanan Indonesia yang mewah. Selain bubur ayamnya yang legendaris dari tahun 1962,ada juga menu Kempinski Bakso.

Harga menu bakso di sini menempati posisi kedua sebagai bakso termahal di Jakarta. Harganya sebelum pajak dan biaya pelayanan sekitar Rp 140.000. Setelah dengan biaya lainnya seporsi bakso di sini harganya bisa lebih dari Rp 150.000.

Isiannya ada bakso homemade Kempinski, disajikan dengan bihun dan sambal pedas. Kuah kaldunya enak gurih dan rasa daging pada baksonya begitu kuat.

3. Huize van Welly

Sebelum buka di The Papilion Duo yang ada di Pacific Mall, Huize van Welly sudah lebih dulu eksis di Kemang sebagai tempat ngemil dan brunch para sosialita Jakarta. Tempat ini terkenal dengan harga makanan dan pastrynya yang mahal.

Setelah beberapa waktu lalu viral kroket Rp 180 ribu serta bitterballenya yang harganya Rp 198 ribu, kini muncul menu bakso sultan di Huize van Welly yang harganya Rp 115.000 per porsi. Harga ini belum termasuk PPN dan biaya lainnya.

Ukuran bakso di Huize van Welly mirip seperti bakso lainnya. Disajikan di mangkuk putih, berisi bihun dengan kuah kaldu bening serta pelengkap sambal dan kecap.

4. Bakso Jawir

Kalau tempat makan bakso ini, mungkin dari segi lokasi dan interior tidak semewah tiga tempat sebelumnya. Namun menu bakso di sini tak kalah mahal dan digemari karena rasanya yang enak.

Namanya Bakso Jawir atau JWR. Bakso tradisional ini ukurannya besar-besar. Tekstur baksonya meaty, jadi rasa daging sapinya masih terasa kuat. Kuah kaldunya juga gurih dan porsinya cukup melimpah.

Menu bakso yang paling mahalnya ada Bakso Jumbo Bihun Rusuk seharga Rp 114.500. Seporsi bakso ini lengkap, sudah dapat bakso telur, bakso urat, rusuk hingga bakso polos.

5. Afung Baso Sapi

Terakhir ada Afung Baso Sapi yang masuk ke dalam jajaran bakso mahal di Jakarta. Afung memiliki cabang di mana-mana, termasuk di luar kota. Afung merupakan gerai bakso yang menawarkan menu bakso ala Pontianak.

Ciri khasnya terletak pada bakso gepeng hingga bakso tahunya yang berukuran besar. Harganya cukup mahal dimana semangkok bakso Afung sekitar Rp 77.000.

Kalau mau tambah bakso tahu atau babat urat per porsi, harganya Rp 77.000. Begitu juga dengan harga lima butir baksonya di angka Rp 55.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here