Foto dok Instagram/Kartika Putri Sudah Ajarkan Puasa dan Salat Sang Anak Sejak Usia 4 Tahun 

Tak berbeda dengan pasangan Fairuz A.Rafiq  dan Sonny Septian, pasangan Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya pun  mulai mengajarkan pendidikan agama di usia dini kepada putri bungsunya, Khalisa Aghnia Bahira yang kini berusia 4 tahun.

Gadis mungil tersebut kini sudah mulai diajarkan untuk berpuasa di bulan Ramadan. Tak hanya itu,  Khalisa pun kini sudah belajar menghapal bacaan salat, serta tata cara berwudhu yang benar.

Foto dok Instagram/Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya

“Alhamdulillah dia mau belajar puasa dan  Alhamdulillahnya kalo seluruh bacaannya Khalisa udah bisa. Cara wudhu dan bacaan sholat dia juga udah bisa,”ungkap Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya. 

“Cuma itu tadi sih dia masih belum sabaran kalo solat Subuh dia masih oke ngikutin, tapi kalo solatnya udah 4 rakaat Dzuhur, Ashar, Isya lewat-lewat dan Magrib masih mau ikutan,”sambung Kartika Putri dan Habib Usman Bin Yahya.

Sementara itu, berasal dari keluarga pendakwah, Kartika dan Habib Usman Bin Yahya pun mengaku mendidik anak-anaknya dengan keras perihal agama agar anak-anaknya tersebut terbiasa dengan menerapkan aturan-aturan. 

Kartika mengaku dirinya telah mengajarkan anak sambungnya untuk melaksanakan ibadah, salat sejak usia 4 tahun. Bahkan demi menjaga anak-anaknya dari perkembangan teknologi yang tidak terkendali, pasangan yang menikah pada 26 Agustus 2018 lalu tersebut pun membatasi penggunaan gadget untuk anak-anaknya.

“Kalo kita tuh bisa dibilang Habib bagian manjain, kalo aku bagian kerasnya kayak sajid satir itu waktu itu aku ingat banget mulai bangunin mereka, dan biasain sholat subuh itu di usia 4 tahun kenapa Khalisa juga dibilangin 4 tahun karena dia tau kakaknya dimulai usia 4 tahun.  Waktu itu masih ada almarhumah mamaku bahkan kayak subuh bener-bener  aku bangunin,  aku wudhuin terus aku suruh sholat,  mama sempat complain kayak kasian masih kecil, nanti aja nunggu 7 tahun,”beber Kartika Putri. 

“Aku mikirnya kalo dibentuk dari kecil itu lebih mudah dari pada udah besar karena banyak banget dapat pro dan kontra dari orang-orang  sekeliling. Tapi kita tetap kekeh Alhamdulillah hari ini anaknya udah 7 tahun dia udah sholat subuh sendiri,  dia udah tau mandirilah untuk sholat 5 waktu itu.  Aku udah nggak ada beban karena bagaimana pun juga anak itu pertanggung jawabannya orang tua. Aku juga nggak mau dikemudian hari nanti dipertanyakan pertanggung jawaban dalam mendidik anak-anak. Kalo  Habib lebih ke yang ngemongnya karena Habib juga nggak bisa marah yah,”lanjut Kartika Putri.

Selain merasa kewajiban mendidik anak-anaknya agama, Kartika Putri juga menyadari kalau pergaulan dan pengaruh media sosial akan jauh lebih parah kedepannya. 

“Iya jadi lebih ke mengajarkan syariat-syariat  yang bener aja karena jaman sekarang kan makin ngeri lagi meskipun anak-anak aku nggak  menggunakan media sosial, nggak main hp,  paling colong-colongan main hp nya atau mungkin  lingkungan sekolah yang tidak bisa kita atur dan handle,”terang Kartika Putri.

“Jadi   kita mempersiapkan anak kita sedini mungkin untuk  mengikuti perkembangan jaman yang menurut aku udah semakin kacau balau,  jadi itu tadi aku sadar anak itu bukan di sekolah belajarnya,  tapi belajar adab akhlak itu adalah kewajiban orang tua,”terang Kartika Putri. Maka dari itu menurut aku kayak sekolah hanya menimba ilmu yang mungkin lebih dalam yang orang tuanya,”tegas Kartika Putri. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here