Foto dok Instagram/Manfaat Daun Cincau, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Jika menyebut cincau merupakan salah satu menu buka puasa yang banyak disukai banyak orang selama Ramadhan. Apa kamu termasuk diantara mereka yang suka cincau?. Ya panganan satu ini dikenal dengan nama grass jelly dan ternyata tak hanya dikonsumsi di Indonesia saja, tapi juga disantap di negara-negara lain, misalnya Vietnam. 

Ada beberapa macam jenis daun cincau, diantaranya cincau hijau yang memiliki nama ilmiah Cocculus orbiculatus. Pohonnya merambat seperti Cylea berbata, namun daunnya berbentuk hati dengan permukaan licin. Permukaan daunnya berbulu halus.

Foto dok Instagram/Bunganya berwarna kekuningan dan tumbuh berkelompok berukuran kecil-kecil

Bunganya berwarna kekuningan dan tumbuh berkelompok berukuran kecil-kecil. Sementara buahnya tumbuh bergerombol seperti anggur.

Lalu ada cincau Perdu. Dimana jenis inilah yang biasa  diolah menjadi cincau hijau. Tanaman bernama ilmiah Premna oblongifolia ini mudah ditemukan di Indonesia dan Kepulauan Solomon. Jenis perdu ini berbatang agak tebal, sementara daunnya yang berwarna hijau tua berbentuk lonjong, lebar, agak keras, dan memiliki permukaan halus.

Lalu ada jenis sumpet kendi dan cuing/cuwing. Tanaman jenis ini  banyak ditemui di Thailand dan Laos dikenal dengan nama Bai Yanang. Daunnya berwarna hijau tua, sementara bunganya berwarna kuning. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan hanya dapat bertahan di iklim sedang. Biasa dimanfaatkan untuk membuat cincau di negara-negara Asia Tenggara.

Sementara itu, untuk daun cincau hijau sendiri memiliki beragam khasiat. Cylea berbata yang dimilikinya bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu,  Konsumsi serat dari cincau hijau juga bermanfaat mendinginkan tubuh serta menurunkan risiko terkena penyakit degeneratif.

Sedangkan Ekstrak dan getah dari daun cincau perdu dapat digunakan sebagai obat untuk diare, luka bakar, bisul, luka dan sariawan.  

Namun khasiat semua daun cincau hijau yang utama adalah memenuhi kebutuhan serat. Serat ini berfungsi memperlancar pencernaan. 

Cincau membantu fungsi sistem pencernaan karena senyawa gula dalam tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghambat bakteri penyebab sakit perut.

Daun cincau memiliki beberapa senyawa alkaloid yang mengandung vitamin B dan C dalam jumlah cukup banyak. Bila dikonsumsi, kombinasi kedua vitamin tersebut sangat efektif untuk mencegah diare.

Selain itu, kandungan serat dalam cincau membantu membersihkan saluran pencernaan sehingga meredakan sakit perut akibat mulas dan sembelit.

Lalu bagaimana cara mengolahnya? cara mengolah daun cincau jenis apa pun pada dasarnya tidak jauh berbeda. Daun hanya tinggal diremas bersama air hangat hingga mengeluarkan lendir yang akan membentuk cincau. Bisa juga dengan daun cincau dibersihkan, kemudian direbus dengan sejumlah air dalam waktu tertentu. Setelah itu airnya disaring dan dikonsumsi.

Cincau terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan lezat untuk disantap sehingga disukai oleh begitu banyak orang. Dan ternyata daun cincau juga bisa membantu menurunkan berat badan. 

Kandungan cincau yang bermanfaat untuk program diet yaitu karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, tinggi air, rendah kalori, dan tinggi serat sangat cocok untuk penurunan berat badan. Jadi  bagi kamu yang ingin diet, bisa dicoba loh dengan menjadikan cincau sebagai menu diet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here