Foto dok Instagram/Street Style Fashion

Street Style Fashion merupakan gaya berpakaian yang lekat dengan anak muda. Gaya yang sering terlihat di jalan,  sehari-hari yang kasual, nyaman, chic, dan unik.

Pada awalnya, street style berasal dari photography jalanan. Pada tahun 1978, Bill Cunningham, seorang fotografer, memotret orang-orang yang sedang berlalu lalang. Dan suatu saat, ia tidak sengaja memotret seorang aktris Swedia, Greta Garbo yang berpakaian sangat elegan.

Foto tersebut merupakan foto pertama, dimana seorang fotografer memotret seorang selebriti tanpa sepengetahuan dan izin. Hal inilah yang menjadi pencetus awal kemunculan street style.

Salah satu gaya yang sangat berpengaruh terhadap street style adalah hip hop, yang kini telah berkembang menjadi industri bernilai miliaran dolar. Kemudian, berlanjut ke industri musik, dan kini menjadi gaya fashion orang terkenal.

Foto dok Instagram/street style juga berkembang pesat di berbagai negara yang menjadi pusat mode

Selain di Amerika, street style juga berkembang pesat di berbagai negara yang menjadi pusat mode. Termasuk beberapa negara di Asia. Di antaranya Korea Selatan, Jepang, hingga Hong Kong.

Pada masa kini, para desainer ternama bahkan telah mengakui street style dan mulai memasukkan unsur street style ke dalam koleksi mereka. Hal ini menunjukkan bahwa trend street style mampu memberi sentuhan baru pada dunia high fashion.

Setelah menjadi trend, street style saat ini menjadi bagian dari acara fashion week di beberapa negara. Sebut saja Paris Fashion Week, Milan Fashion Week, dan tidak ketinggalan tentunya di Indonesia, yaitu Jakarta Fashion Week.

Seperti beberapa waktu lalu, Citayam Fashion Week ramai diperbincangkan publik. Fenomena tersebut berawal dari kalangan anak-anak muda asal kota Jakarta seperti Citayam, Depok, Bojong Gede yang nongkrong di kawasan Sudirman atau SCBD (Sudirman Central Business District) dengan pakaian nyentrik dan juga unik. Mereka juga melakukan peragaan busana dijalanan dengan street style ala fashion Citayam yang terbilang eksentrik.

Foto dok Instagram/gaya fashion ala desainer disesuaikan dengan karakter penggunanya

Tidak seperti gaya fashion ala desainer yang biasa disebut high fashion, street style meliputi berbagai macam gaya berbusana unik yang disesuaikan dengan karakter penggunanya.

Dimana semua gaya street style bersifat unik dan diciptakan oleh para anak muda dengan selera berpakaian mereka. Seiring perkembangannya, street style justru mulai diperhatikan oleh para desainer busana terkenal dan mulai mempengaruhi dunia high fashion. 

Berbeda dengan Citayam Fashion Week, China Fashion Street atau Chinese Street Style menampilkan pejalan kaki dengan gaya busana bak model papan atas di Beijing dan Chengdu. Mereka menggunakan outfit, mulai dari baju, celana, hingga aksesori, dari merek terkenal dan mewah seraya berjalan kaki di kota tersebut.

Namun  yang jelas, pada setiap negara, street style memiliki karakteristik uniknya masing-masing yang dipengaruhi oleh budaya dan karakteristik generasi muda di setiap negara yang berbeda. Pengaruh tersebut juga memberikan sentuhan beda yang menjadi ciri khas street style di setiap negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here