Oki Setiana Dewi, Prof.dr.Deby Vinski, dan sang bunda, Yunifah Lismawati. (Foto: istimewa)

Oki Setiana Dewi mendapat ujian dari Allah, yaitu anaknya dan sang bunda menderita penyakit yang tidak biasanya.

Sang bunda, Yunifah Lismawati sudah hampir 20 tahun diketahui mengidap penyakit autoimun pemfigus vulgaris. Penyakit ini merupakan  salah satu gangguan kulit serius dan termasuk salah satu jenis autoimun yang menyerang kulit.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya lepuhan di kulit, dan bisa menimbulkan rasa sakit dibagian yang melepuh tersebut.

Oki Setiana Dewi mengantarkan ibunda  tercinta dan sang anak, Sulaiman Ali Abdullah menjalani terapi stem cell. (Foto: istimewa)

Sedangkan sang anak, Sulaiman Ali Abdullah yang kini usianya 2 tahun mengidap sindrom Prader Willi yaitu kelainan genetik yang menyebabkan sejumlah masalah fisik, mental, dan juga perilaku.

Ibunda dan anak bungsu Oki Setiana Dewi itu saat ini sedang menjalani pengobatan stem cell dengan  cara memasukkan sel pada bagian tali pusar kedalam tubuh.

Karena itu Oki Setiana Dewi kembali mendatangi Vinski Tower Jakarta. Oki Setiana Dewi mengantarkan ibunda  tercinta menjalani terapi stem cell.

“Allah menguji keluarga kami dengan berbagai macam penyakit. Segala puji bagi Allah untuk semua keadaan. Allah berikan autoimun pada ibu saya, dimana penyakit ini sudah berlangsung sejak belasan tahun yang lalu,” ungkap Oki Setiana Dewi.

“Dia (ibu) ada gelembung-gelembung yang kemudian pecah, melepuh. Seperti itulah kira-kira di seluruh tubuhnya. Kami ini anak-anaknya, mewakili adik saya, tentu melakukan berbagai macam pengobatan sebegai ikhtiar untuk ibu kami. Salah satunya stem cell,”sambung Oki Setiana Dewi.

Di Celltech Stem Cell Centre dibawah pimpinan Prof. dr. Deby Vinski, ibunda Oki Setiana Dewi kembali menjalani terapi stem cell. Sebelumnya sang bunda sudah dua kali menjalani terapi stemcell.

“Saya bersyukur pada Allah dikenalkan dengan Prof Deby khususnya untuk autoimun juga, sindrome juga ini sangat membantu untuk proses kesehatan dari kelainan genetik,”tandas  Oki Setiana Dewi.

Diakui kakak Ria Ricis ini, ia merasa senang melihat perkembangan kesehatan sang bunda usai menjalani terapi stem cell. Banyak yang bilang kalau sang bunda saat ini memang  terlihat lebih sehat dan kuat.

“Alhamdulillah dengan stem cell ini, ibu saya jadi lebih sehat dan kuat. Hal ini juga banyak yang bilang kalau ibu sekarang lebih seger dan kuat. Kalau biasanya ia tak kuat jalan, kalau misalnya di bandara saja, ibu selalu pakai kursi roda. Tapi usai lakukan stem cell, ibu bisa jalan. Padahal jalan untuk penerbangan luar negeri dan dalam negeri itu kan cukup jauh. Ibu juga sekarang suka mengajak ke GBK buat jalan,jadi Alhamdulillah,”jelas Oki Setiana Dewi.

Perkembangan kesehatan bunda Oki Setiana Dewi juga diakui oleh Prof.dr.Deby Vinsky.  Ia juga menjelaskan  tujuan dari terapi stem cell yang dilakukan kepada ibunda Oki Setiana Dewi.

“Kami melakukan terapi untuk autoimunnya. Kita ketahui itu terjadi karena tubuhnya tidak mengenali. Jadi sel-selnya tubuhnya ini menganggap musuh, padahal sel tubuhnya sendiri,” terang Prof.dr.Deby Vinsky.

“Harusnya imunitas yang baik adalah, kalau ada benda asing baru dia melawannya. Nah apa gunanya stem cell, gunanya untuk penyeimbang imunitas. Sehingga imunnya jadi tidak bingung lagi, itu diusahakan,”lanjut Prof.dr.Deby Vinsky.

Namun untuk pengobatan stem cell kali ini, Prof.dr.Deby Vinsky ungkap kalau masalah sang bunda bukan hanya pada terapi autoimun saja, tapi saat diperiksa sebelumnya sang bunda juga memiliki gula darah dan  penyakit lainnya.

Oki Setiana Dewi, Prof.dr.Deby Vinski, dan sang bunda, Yunifah Lismawati. (Foto: istimewa)

Syukurnya, saat diperiksa kemarin, semuanya sudah normal. Hal ini membuat Prof.dr.Deby Vinsky ikut senang akan kesehatan  ibunda Oki Setiana Dewi yang makin membaik.

“Ya saya senang kemaren diperiksa gula darah, asam urat dan lainnya semuanya normal. Tidak seperti periksa sebelumnya. Mudah-mudahan ibunda Yunifah makin sehat, termasuk autoimunnya,”tandas Prof.dr.Deby Vinsky.

Sementara itu, saat disinggung mengenai perjuangan Oki Setiana Dewi dalam menyembuhkan sakit sang bunda, ternyata ibu empat orang anak ini punya alasan tersendiri. Tak ada yang menduga kalau alasannya karena trauma akan kepergian sang ayah yang meninggal dunia saat tertidur.

Pasalnya, sebagai anak Oki Setiana Dewi merasa belum memberikan upaya terbaiknya saat mendapati ayahanda tercinta yang tertidur untuk selamanya.

“Tentu sebagai seorang anak ada rasa penyesalan dari diri saya. Kenapa saya tidak cepat kalau terjadi apa apa, kenapa tidak peka untuk segera membawa ayah ke dokter saat itu,” kenang Oki Setiana Dewi.

“Berdasarkan hal tersebut membuat saya merasa kurang baik menjadi seorang anak karena tidak cepat bertindak untuk ayah. Alhamdulillah semenjak kejadian bapak itu membuat saya cepat (bertindak) untuk ibu saya,”lanjut Oki Setiana Dewi.

Sekalipun Oki Setiana Dewi menyebut kemungkinan penyakit autoimun sang bunda susah sembuh seratus persen, namun ikhtiar terbaik tetap dilakukan. Dengan terapi stem cell ini, Oki Setiana Dewi menaruh harapan besar agar sang bunda bisa makin sehat dan kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here