Pasti kalian sudah sering dengar istilah bahan aktif atau active ingredients di dunia skincare-an. Seringkali, di setiap kemasan produk skincare ada bahan aktif yang ditonjolkan agar pembeli bisa mencari produk yang diinginkan sesuai kinerja bahan aktif.

Tetapi, apakah kalian sudah tahu betul mengenai semua bahan aktif ini? Contohnya, ada beberapa bahan aktif ini tidak boleh sembarang ditumpuk satu sama lain, dan ada pula bahan aktif yang kurang cocok untuk tipe kulit tertentu. Yuk, tes pengetahuan kamu dan pelajari lagi bahan-bahan aktif skincare yang populer serta manfaatnya!

  • Retinol 

Manfaat

Retinol adalah turunan vitamin A yang bisa mengeksfoliasi kulit dan membersihkan pori-pori dari sumbatan komedo dan jerawat. Selain itu, Retinol juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Semua fungsi ini menghasilkan kulit yang lebih bersih dari jerawat dan komedo, lebih halus dan cerah serta glowing dan elastis. Dengan kata lain, Retinol adalah bahan aktif yang bersifat multifungsi.

Cara pakai

Retinol hanya bisa dipakai di malam hari dan tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari, kecuali dengan rekomendasi dokter. Hal ini dikarenakan sifat retinol yang dapat membuat kulit menjadi kering dan sensitif saat terpapar sinar matahari, apalagi saat kulit mengelupas ringan. Oleh karena itu, retinol cocok dikombinasikan dengan produk yang mengandung alpha arbutin, hyaluronic acid, ataupun ceramide. Dan pastinya, kamu wajib menggunakan sunscreen setiap hari, terutama kalau menggunakan Retinol dalam ritual skincare-mu. Dan jangan lupa, retinol tidak boleh dikombinasikan dengan vitamin c, AHA, dan BHA yaa~

 Rekomendasi produk

White Essence Night Cream dari Estetiderma. Dengan kandungan 1% retinol dalam bentuk krim yang melembapkan, produk ini cocok sekali untuk kalian yang baru pertama kali mencoba retinol!

2. AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA
AHA. (Foto: Estetiderma)

Manfaat

Dengan sifatnya yang bisa mengangkat sel kulit mati, AHA dapat memudarkan flek hitam, mencerahkan kulit, membantu meremajakan kulit menua, membersihkan pori-pori tersumbat, serta mengurangi jerawat. Sebagai contoh, glycolic acid dan lactic acid adalah beberapa tipe AHA yang paling umum.

Cara pakai

Seperti retinol, AHA hanya boleh dipakai di malam hari dan wajib pakai sunscreen keesokan harinya. Produk yang mengandung AHA juga cocok untuk dipakai dengan alpha arbutin, ceramide, dan hyaluronic acid. Selain itu, AHA tidak boleh digunakan dengan retinol dan vitamin C.

Rekomendasi produk
Purifying Facial Cleanser (Lactic Acid)

Clarifying Daily Toner (Lactic Acid)

Skin Renewal Cream (4% Glycolic Acid
Natural Glow Face Cream (5% Glycolic Acid)

Skin Refining Serum (10.5% Glycolic Acid)

  1. BHA (Beta Hydroxy Acid) 

Manfaat

BHA, atau salah satu tipe BHA yang mungkin akan lebih kamu kenal yaitu Salicylic Acid, mempunyai fungsi pembersih dan antiinflamasi. Produk yang mengandung BHA dapat membersihkan hingga pori-pori dalam, dan membantu meredakan iritasi atau jerawat yang sedang meradang. Karena itu, BHA sangat cocok untuk kulit sensitif yang suka meradang, kulit berminyak, dan kulit berjerawat.

Cara pakai

Pakai skincare dengan BHA di malam hari. BHA cocok untuk di-layer dengan niacinamide, hyaluronic acid, dan ceramide, namun tidak boleh ditumpuk dengan vitamin c dan retinol.

  1. Niacinamide
Niacinamide
Niacinamide. (Foto: Estetiderma)

Manfaat

Untuk kalian yang kulitnya berminyak, berkomedo, atau berjerawat pasti sudah kenal dengan bahan aktif ini. Niacinamide berfungsi sebagai pelindung skin barrier dan juga dapat mengontrol produksi minyak di wajah. Karena itu, bahan aktif ini biasanya ditemukan di produk-produk khusus jerawat atau kulit berminyak. Niacinamide juga merupakan salah satu bahan aktif yang bisa dibilang lumayan aman untuk digunakan dengan bahan aktif lain sebab sifatnya yang hanya melindungi kulit.

Cara pakai

Skincare yang mengandung niacinamide dapat di-layer dengan bahan aktif lain, dan bisa dipakai di siang hari maupun malam hari.

Rekomendasi produk

UV Whitening Spray

White Essence Face Cream

Acne Care Cream

  1. Vitamin C
Vitamin C
Vitamin C. (Foto: Estetiderma)

Manfaat

Vitamin C adalah bahan aktif yang cocok untuk kalian yang ingin mencerahkan kulit kusam atau mencegah penuaan dini. Bahan aktif ini bekerja sebagai antioksidan di kulit maka dapat mencegah kerusakan sel kulit. Produk yang mengandung vitamin c biasanya dipakai untuk mencerahkan kulit, memudarkan flek dan bekas jerawat, memudarkan kerutan, dan anti-aging. Tetapi dengan menggunakan bahan aktif ini, kalian harus hati-hati.

Cara pakai

Idealnya, pakai Vitamin C di pagi hari sebelum pemakaian sunscreen. Untuk mencegah iritasi, Vitamin C tidak dianjurkan untuk dipakai dengan retinol, AHA, dan BHA. Untuk kalian yang kulitnya sensitif, jangan langsung pakai produk vitamin c setiap hari, tetapi coba perlahan dan baru dipakai secara rutin jika kulitmu sudah terbiasa.

Rekomendasi produk

Kamu bisa coba Skin Brightening Vitamin C Serum dari Estetiderma sebagai introduksi kepada produk vitamin c! 

  1. Hyaluronic Acid 

Manfaat

Bahan aktif ini dapat memaksimalkan kandungan air dan mengunci kelembapan pada kulit. Dengan pemakaian hyaluronic acid, kulit akan terlihat lebih kenyal dan glowing. Yang mempunyai kulit kering, ini bahan aktif yang kalian harus cari di produk skincare-mu!

Cara pakai

Hyaluronic acid bisa dipakai di pagi maupun di malam hari. 

  1. Ceramide 

Manfaat

Ini dia bahan aktif yang belakangan ini sedang hits banget untuk melindungi dan memperbaiki skin barrier. Ceramide dapat memulihkan sel kulit pada skin barrier dan membantu melembapkan kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih kuat dan mengurangi sensitivitas pada kulit – cocok untuk kamu yang kulitnya sensitif.

Cara pakai

Ceramide bisa dipakai di pagi ataupun malam hari. Bahan aktif ini juga cocok untuk dipakai dengan bahan-bahan aktif yang mengeksfoliasi seperti retinol, AHA, dan BHA agar bisa melindungi kulit yang muda dan baru tereksfoliasi.

Rekomendasi produk

Radiant Moisturising Cream dari Estetiderma adalah salah satu contoh pelembap yang mengandung ceramide untuk membantu skin barrier-mu! 

  1. Alpha Arbutin 
Alpha Arbutin
Alpha Arbutin. (Foto: Estetiderma)

Manfaat

Bahan aktif ini berfungsi untuk mencegah pigmen pada kulit dan mempercepat produksi kolagen sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan cerah. Dengan ini, alpha arbutin sangat cocok untuk anti-aging, mencegah flek hitam, mencegah penuaan dini, serta mencerahkan kulit kusam atau flek hitam pada wajah. Kulit akan terlihat lebih cerah, halus, lembap, dan kenyal saat memakai produk alpha arbutin.

Cara pakai:

Karena sifatnya yang mencerahkan, alpha arbutin dapat dipakai dengan bahan aktif lainnya seperti AHA, retinol, dan vitamin C untuk membuat hasil cerah lebih maksimal. 

Rekomendasi produk

Untuk mencoba alpha arbutin, kamu bisa coba White Essence Night Cream dari Estetiderma yang juga mengandung retinol untuk membantu kulit menjadi cerah, lembut, kenyal, dan lembap! 

Sudah lebih kenal kan dengan bahan-bahan aktif yang baru sajah dibahas? Sekarang, kamu bisa memilih produk skincare yang mengandung bahan aktif sesuai dengan keluhan kulitmu yaa~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here