Foto dok Instagram/Aktor Yoo Ah In akhir muncul untuk pertama kalinya pada 27 Maret 2023 usai tersangkut kasus skandal narkoba

Aktor Yoo Ah In akhir muncul untuk pertama kalinya pada 27 Maret 2023 usai tersangkut kasus skandal narkoba pada beberapa waktu lalu. Kemunculannya tersebut untuk memenuhi panggilan pihak kepolisian sebagai bagian dari proses penyelidikan.

Melansir dari Koreaboo, Dispatch melaporkan bahwa dia menghadiri penyelidikan penggunaan narkoba di Kantor Polisi Seoul. Dia mengenakan setelan hitam dan berjalan dengan kepala tertunduk.

Sebelumnya, jadwal pemanggilan Yoo Ah in jatuh pada tanggal 24 Maret lalu, namun diundur menjadi tanggal 27 Maret setelah media mengetahui proses pemanggilan tersebut.

Selama 50 hari yang panjang, dilaporkan bahwa polisi telah mencurahkan segalanya untuk menemukan bukti dan bahan untuk kasus tersebut. Mereka telah menyita dua ponsel Yoo Ah In dan menganalisis percakapan selama delapan tahun.

Laporan forensik membentang hingga 10.000 halaman catatan, polisi juga menyita dan menggeledah klinik dan rumahnya. Staf klinik, staf agensi, serta kenalannya semuanya telah dipanggil untuk penyelidikan.

Mereka berencana untuk menyelesaikan penyelidikannya dengan panggilan pada 27 Maret 2023. Meski bukti penyalahgunaan propofol dapat dengan mudah dibuktikan, pengadilan membutuhkan bukti khusus untuk mendakwanya dengan penggunaan narkoba lain secara pidana.

Seorang koresponden hukum memberi tahu Dispatch bahwa polisi akan melakukan yang terbaik untuk menerima konfirmasi atas penyalahgunaan narkoba selama panggilan, tetapi akan tetap objektif dalam pencarian bukti.

“Dia tahu kesalahan yang dia buat dan merenungkannya, meminta maaf meskipun tidak ada kata-kata yang cukup untuk menyampaikan penebusannya. Yoo Ah In berjanji untuk mengatakan yang sebenarnya dan berpartisipasi dengan rajin dalam penyelidikan,” ujar perwakilan dari pihak Yoo Ah In.

Sebelumnya, nama aktor Yoo Ah In diumumkan terbukti menggunakan propofol dan ganja pada 23 Februari 2023 lalu. Tak berhenti sampai disitu, aktor pemeran drama fenomenal Hellbound ini juga dinyatakan positif kokain dan ketamine.

Yoo Ah In diduga telah menggunakan propofol lebih dari 100 kali sejak tahun 2021 lalu. Total jumlah propofol yang dia gunakan diperkirakan melebihi 4.400 miligram dalam 73 kesempatan di 2021 dan sekitar 30 kali pada 2022.

Pada 5 Februari lalu, kepolisian pun memeriksa Yoo Ah In dan mengambil sampel rambut dan urine setelah mengamankan aktor tersebut di Bandara Internasional Incheon. Dan dari kedua jenis sampel tersebut, Yoo Ah In terbukti menggunakan ganja, propofol, kokain, dan ketamine.

Buntut dari skandal narkotika yang menjeratnya juga membuat namanya dihapuskan dari sejumlah iklan dan deretan nama pemain drama Hellbound terbaru. Tak hanya itu, aktor 36 tahun ini harus membayar denda iklan dari 10 miliar won atau mencapai sekitar Rp. 117 miliar kepada pihak pengiklan.

Diketahui sebelumnya Yoo Ah In sempat bekerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti perusahaan makanan Chong Kun Dang Health, perusahaan fashion Muninsa, Nepa, Bottega Vaneta, perusahaan kosmetik Santekai, dan perusahaan makanan Ottogi.

Dan dari semua bentuk kerja sama Yoo Ah In dan beberapa perusahaan tersebut, penghasilan per tahunnya ditaksir mencapai Rp. 9,4 miliar hingga Rp. 10,5 miliar.

Pada industri, harus membayar denda dua hingga tiga kalli lipat dari biaya iklan udah menjadi hal yang umun dimasukkan dalam kalusul kontrak. Hal ini harus dia bayarkan jika model iklan telah merusak citra karena melanggar hukum.

Selain itu, Netflix juga menunda penayangan proyek terbaru yang menampilkan Yoo Ah In lantaran kasus narkoba yang menjeratnya. Dua proyek yang terdampak tersebut adalah Goodbye Earth dan film The Match. Melansir dari berbagai sumber, hal tersebut telah dikonfirmasi Netflix selaku rumah produksi dan layanan yang menayangkan proyek tersebut.

Pada kasus proyek film atau drama, akan kesulitan untuk mencari pengganti model atau mencabut promosi yang sudah terlanjut disebar seperti halnya iklan. Sehingga, muncul kerugian yang jauh lebih fantastis karena ulah Yoo Ah In yang terjerat kasus narkoba.

Dikabarkan bahwa biaya tiga film dari proyek Yoo Ah In yang berjalan ditaksir mencapai 65 miliar Won atau sekitar Rp. 760,7 miliar. Ketiga proyek tersebut adalah film ‘Competition’, ‘High Five’, dan ‘The Last Fool’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here